Cara Kreatif Mencari Beasiswa

Cara Kreatif Mencari Beasiswa

Tak ada kata terlambat untuk sebuah impian. Semakin cepat merencanakan, semakin baik. Ada banyak kesempatan dalam tiap waktu. Ada banyak beasiswa untuk berbagai macam orang, baik yang punya nilai bagus maupun tidak.

Hanya satu syaratnya: tidak putus asa. Hanya butuh usaha mencari beasiswa yang tepat. Upaya berbanding lurus dengan keberhasilan. Coba ikuti cara kreatif mencari beasiswa berikut ini.

Merencanakan Beasiswa

Punya banyak kesibukan bukan jadi alasan dalam mencari beasiswa. Semua orang memiliki waktu 24 jam sehari, tujuh hari seminggu untuk kegiatannya. Solusinya hanyalah mengatur jadwal.

Meski itu hanya bisa 10-15 menit, sisihkan saja ruang buat mencari beasiswa. Apalagi, internet memudahkan pencarian. Ubahlah jadi kegiatan rutin harian.

Bookmark

Kumpulkan informasi beasiswa sebanyak mungkin. Banyak website website yang membantu dalam mencari beasiswa. Tandai laman yang menyediakan update beasiswa, bookmark saja. Cara ini lebih cepat dan mengoptimalkan penggunaan waktu saat mencari beasiswa.

Pencarian yang Tidak Biasa

Apa jenis beasiswa yang sering terlintas di pikiran kita? Beasiswa pascasarjana dengan syarat IPK, beasiswa riset, atau beasiswa doctoral. Harus ada prestasi akademis atau pengalaman kerja.

Cobalah keluar dari batas umum tersebut. Ada beasiswa olahraga untuk pelajar internasional yang jarang diungkap situs dalam negeri. Ada pula beasiswa jurusan yang lebih spesifik seperti creative writing, animal care, bahkan agribisnis khusus kentang. Banyak juga beasiswa unik berdasarkan kontes kreatif seperti menulis essay tertentu, merancang, atau membuat hal aneh.

Beasiswa entrepreneur sering muncul di Indonesia. Dana pendidikan jenis ini khusus untuk para pengusaha atau mereka yang punya ide bisnis tertentu.

Jika Sudah Terlambat untuk Mulai

Merencanakan beasiswa bisa dimulai sedini mungkin bahkan sejak SD, dengan bantuan orang tua. Siswa SMA sebenarnya sudah bisa mencari beasiswa sendiri dan merencanakanannya. Namun, kadang ini terlambat untuk kita yang sudah terlanjur kuliah dengan dana lain. Tak apa, karena kita bisa mengajarkan pada kerabat yang masih kecil serta orang tuanya.

Baca Juga :  Beasiswa LPDP Kembali Dibuka, Ini Syarat-Syaratnya!

Sebenarnya Belum Terlambat Kok

Jika sekarang pembaca telah duduk di bangku kuliah, hampir, atau sudah lulus, sebenarnya masih ada kesempatan mencari beasiswa. Toh, masih ada jenjang master yang bisa dikejar atau beasiswa untuk skill pendukung di dunia kerja.

Bagi yang belum lulus sarjana, ada banyak beasiswa yang ditawarkan, misalnya Beasiswa Djarum. Ada juga beasiswa bagi pelajar tidak mampu dan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi dari universitas.

Pilihan ada pada diri sendiri. Kalau giat berusaha, seseorang bisa membayar uang kuliah, buku, makan, tempat tinggal, transportasi, dan lain-lain dari berbagai beasiswa.

Tags: #beasiswa #beasiswa luar negeri #beasiswa unik #tips beasiswa

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
Beasiswa Konferensi Internasional APPAM di Belgia Deadline 28 Februari 2017
Beasiswa Konferensi Internasional APPAM di Belgia Deadline 28 Februari 2017
Rebut beasiswa konferensi internasional di Belgia yang
Alur Dan Informasi Seleksi Proposal Riset Inovatif Produktif (RISPRO) LPDP 2017
Alur Dan Informasi Seleksi Proposal Riset Inovatif Produktif (RISPRO) LPDP 2017
Seleksi Administratif Seleksi Substansi Melalui Desk Evaluasi
Cara Jadi Mahasiswa yang Banyak Bertanya di Kelas
Cara Jadi Mahasiswa yang Banyak Bertanya di Kelas
Pernah kah kamu berharap jadi mahasiswa yang
6 Manfaat Jadi Mahasiswa yang Aktif Bertanya di Kelas
6 Manfaat Jadi Mahasiswa yang Aktif Bertanya di Kelas
Apakah kita termasuk mahasiswa yang aktif bertanya
[mashshare]

Leave a reply "Cara Kreatif Mencari Beasiswa"

Must read×

Top
Rankie WordPress Plugin