Bingung Cara Lolos Beasiswa LPDP? Gini nih Caranya..

By | August 13, 2016

Salah satu jenis beasiswa luar negeri yang pendaftarnya tak pernah surut adalah beasiswa LPDP. Untuk menghasilkan lulusan yang berdedikasi dibidang kepemimpinan dan  keprofesionalan, beasiswa ini membuka beberapa jenis beasiswa yang meliputi beasiswa magister doktor, beasiswa spesialis kedokteran, beasiswa tesis disertasi, beasiswa afirmasi dan presidential scholarship. Sedangkan lingkup pendidikan yang dicakup sangat beragam, mulai dari teknik, budaya/bahasa, pendidikan, sosial, kedokteran, perikanan dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin mendaftar, beasiswa ini dibuka setiap tahun dan meliputi 4 kali seleksi. Seleksi tahap pertama akan dilaksanakan pada bulan februari, kemudian untuk yang selanjutnya adalah pada bulan Mei, Agustus dan November. Nah, buat kamu yang ingin lolos beasiswa ini, berikut akan kami sampaikan tentang tips beasiswa luar LPDP.

  1. Administrasi

Seleksi administrasi merupakan seleksi pertama yang harus kamu lalui. Dalam seleksi ini, kamu wajib melampiran surat rekomendasi, CV, Essay, rencana study, IPK minimal 3,00 untuk pendaftar beasiswa S2 dengan batasan umur maksimal 25 tahun kemudian bagi pendaftar jenjang S3, IPK minimal adalah 3,25 dengan batasan usia 40 tahun. Jangan lupa juga melampirkan ijazah terakhir, transkrip nilai kemudian nilai Toefl.

  1. Wawancara

Setelah lolos, tahap berikutnya adalah tahap wawancara. Taap ini merupakan tahap yang sangat krusial dan menentukan karena peserta dituntut untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar essay dan study plan yang kamu buat. Jangan lupa untuk latihan wawancara terlebih dahulu agar dapat tampil dengan meyakinkan..

  1. Tahap Leaderless Group Discussion

Tahap yang ketiga ini merupakan tahap yang cukup sulit dimana para peserta akan ditempatkan pada suatu ruang diskusi dengan ahli psikolog. Disini kamu akan dihadapkan pada sebuah masalah dan kamu akan diminta untuk memecahkan sebuah masalah. Disini kamu akan dinilai tentang kreatifitas ide, ketanggapan, dan penyampaian jelas dan tidak berbelit-belit.

  1. Persiapan keberangkatan
Baca Juga :  Beasiswa Penuh S2 di New Zealand dari ADB – Japan Deadline 20 Juli 2017 via Pos

Tahap ini dianggap sebagai tahap formalitas. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme tinggi dengan mendatangkan orang-orang yang banyak berperan untuk memajukan bangsa Indonesia.

Demikian ulasan singkat mengenai tips beasiswa luar negeri LPDP, semoga dapat menambah wawasan. Selamat Berjuang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *