Beasiswa Unggulan Muhammadiyah Surakarta untuk Calon Mahasiswa Deadline 18 April dan 12 Juni 2017

By | March 24, 2017

Pada program Penerimaan Mahasiswa Baru, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menawarkan Beasiswa Unggulan Muhammadiyah 2017. Sasaran program ini ialah pelajar yang masih duduk di kelas XII (MA/SMA/SMK) tahun ajaran 2016/2017.

Jadilah bagian dari visi UMS, yaitu menjadi pusat pendidikan an pengembangan IPTEKS yang Islami dan memberi perubahan pada tahun 2029. Universitas yang berdiri tahun 1958 ini memiliki 5 kampus yang terintegrasi dengan sistem IT dan dilengkapi dengan Hutan Pendidikan (Edu Park) sebagai ruang publik.

UMS telah memperoleh akreditasi B (Baik). Sudah banyak prestasi yang diraih, di antaranya termasuk kategoti Perguruan Tinggi Utama Bidang Penelitian. Selain itu, bersumber dari DIKTI, UMS masuk dalam 50 Promising Universities di Indonesia.

Program Studi

Beasiswa Unggulan Muhammadiyah berlaku untuk berbagai program studi sarjana di UMS kecuali Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Program Double Degree. Pada fakultas lainnya terdapat Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mencakup Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Gegrafi, dan Pendidikan Teknik Informatika.

Pada bidang Ekonomi dan Bisnis terdapat jurusan Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan. Selain itu, terdapat jurusan Hukum, Farmasi, Psikologi, dan Geografi. Bidang teknik meliputi program studi Mesin, Sipil, Elektro, Arsitektur, Kimia, dan Industri.

Bidang Agama Islam mencakup Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Syariah, serta Ilmu Al Qur’an dan Tafsir. Pada bidang Ilmu Kesehatan terdapat program studi Keperawatan, Gizi, Kesehatan Masyarakat, dan Fisioterapi. Terakhir, program studi Ilmu Komunikasi dan Informatika. Fasilitas pada setiap program studi lihat di PMB UMS.

Cakupan dan Nilai Beasiswa Unggulan Muhammadiyah

Penerima Beasiswa Unggulan Muhammadiyah memperoleh fasilitas sebagai berikut.

  • Pembebasan Dana Pengembangan
  • Pembebasan biaya kuliah meliputi biaya SKS, praktikum, dan ujian skripsi.
  • Pembebasan biaya wisuda.
Baca Juga :  Beasiswa Pemerintah Cina (Penuh) untuk S1, S2, S3, dll Deadline April 2017

Setiap semester, prestasi penerima beasiswa akan dievaluasi. Jika tidak memenuhi standar maka seluruh fasilitas dibataslkan. Fasilitas tidak termasuk biaya ujian ulang skripsi dan praktik kerja lapangan atau Rumah Sakit.

Kriteria Penerimaan

Agar bisa dipertimbangkan sebagai penerima beasiswa ini, pelamar harus memenuhi syarat dasar berikut.

  • Siswa kelas XII MA/SMA/SMK tahun ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan fotokopi Rapor Semester V Gasal 2016/2017.
  • Siswa aktif dalam organisasi Muhammdiyah atau organisasi otonom di bawah Muhammadiya seperti IRM, Aisyiyah, Panti Asuhan Muhammadiyah, dan lain-lain.
  • Siswa memiliki prestasi akademik di sekolah 5% terbaik (harus ada bukti dari sekolah dan mengisi formulir Beasiswa Unggulan Muhammadiyah online).

Berkas Persyaratan dan Proses Pendaftaran

Adapun berkas-berkas yang harus dikirimkan, yaitu:

  • Fotokopi Rapor selama 5 semester yang telah dilegalisir oleh sekolah (bukti prestasi akademik 5% terbaik di sekolah).
  • Surat Rekomendasi Organisasi dari Pimpinan Muhammadiyah setempat (asli).
  • Hasil cetak Formulir Pendaftaran BU (Beasiswa Unggulan) Muhammadiyah (asli).
  • Hasil cetak portofolio BU keaktifan dan keterlibatan di Muhammadiyah (asli).
  • Fotokopi bukti prestasi lainnya yang telah dilegalisir oleh sekolah (jika ada).
  • Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua (asli).

Berikut tahap-tahap pendaftaran yang harus dipenuhi.

  1. Mengisi formulir dan portofolio Beasiswa Unggulan Muhammadiyah melalui sistem online di sini.
  2. Melampirkan Surat Rekomendasi dari Pimpinan Muhammadiyah Setempat terkait peran serta dalam kegiatan dan kepengurusan organisasi Muhammadiyah.
  3. Melampirkan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua yang disahkan oleh pejabat tempat/institusi orang tua bekerja. Bagi pekerja wirausaha/tani/buruh dapat disahkan oleh Kepala Desa. Pada surat disebutkan jumlah tanggungan keluarga.
  4. Melampirkan hasil cetak pendaftaran dan portofolio yang telah diisi, serta berkas bukti pendukung (berkas diberi kode BU pada sudut kanan atas amplop) lewat pos ke:
Baca Juga :  Beasiswa Penuh Pemerintah Guizhou Cina untuk Vokasi, S1, S2, dan S3 Deadline 30 Juni 2017

Panitia PMB UMS 2017

Jalan A. Yani Tromol pos 1

Pabelan Surakarta 57102

Atau melalui fax +62 (271) 715 448. Berkas juga bisa diantar langsung ke Panitia PMB di Gedung Siti Walidah UMS.

Batas penerimaan berkas Gelombang I tanggal 18 April 2017 dan Gelombang II tanggal 12 Juni 2017. Akan ada proses seleksi dan wawancara akademik dan Al Islam serta Kemuhammadiyahan dengan Pimpinan UMS pada setiap gelombang. Jadwal, kontak, dan informasi selengkapnya di website sumber, yaitu Penerimaan Mahasiswa Baru UMS – BU 2017.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *