Beasiswa S2 Joint Degree, Bidang Tata Kota dari Erasmus Mundus

By | December 12, 2016

Beasiswa S2 joint degree ini merupakan salah satu promra Erasmus Mundus Joint Master Degree (Action 1).  4CITIES telah dipilih untuk masuk ke dalam Erasmus Mundus Master Course, yang fokus pada bidang studi perkotaan (tata kota), digabungkan dengan geografi, sosiologi, sejarah, ilmu budaya, dan ilmu pemerintahan. Perkuliahan diajarkan dalam bahasa Inggris dan lulusan 4CITIES akan memperoleh gelar Master of Science (MSc) dalam bidang tata kota.

4CITIES merupakan program dua tahunan, dimana setiap semesternya berlangsung di beberapa negara:
– Brussels
– Vienna
– Copenhagen
– Madrid

Selain itu, juga terdapat ekskursi tiap semester ke Rotterdam, Antwerp, Zagreb, Belgrade, Malmo, dan Zaragoza.

Nilai dan Cakupan Beasiswa
Beasiswa S2 joint degree ini bersifat penuh. Jika peserta dari Indonesia tidak memiliki kewarganegaraan ganda di Uni Eropa atau Ara Ekonomi Eropa maka termasuk jenis peserta partner country. Beasiswa tersebut mencakup:

  • Participation fee (biaya kuliah) sebesar 9.000 Euro
  • Biaya hidup sebesar 1.000 Euro per bulan untuk dua tahun
  • Biaya instalasi sebesar 1.000 Euro (satu kali)
  • Biaya perjalanan sebesar 3.000 Euro per tahun untuk jarak negara asal lebih dari 4.000 km ke Brusel.

Beasiswa Erasmus Mundus pada program ini juga termasuk asuransi kesehatan dan kecelakaan.

Kriteria Penerimaan

  • Untuk peserta partner country, tidak berlaku jika pernah tinggal, studi, bekerjam atau pelatihan di programme country, selama minimal 12 bulan.
  • Bagi yang memiliki kewarganegaraan ganda di programme country harus memberi keterangan saat memdaftar beasiswa ini.
    4CITIES mencari pelamar yang memiliki pemahaman, pengamalan, motivasi tinggi, dan berkeinginan untuk menempuh perjalanan ke berbagai tempat.
  • Telah lulus sarjana (setara dengan 180 ECTS) dari bidang geografi, sosiologi, sastra, ilmu budaya, arsitektur, planologi, ekonomi, ilmu politik, manajemen publik, pariwisata, kriminologi, leisure studies, ilmu media, atau bidang studi yang hampir sama.
  • Bagi yang sedang studi sarjana semester akhir dan akan menerima ijazah cek informasi selengkapnya di 4CITIES-Admissions Overview.
Baca Juga :  Fokuslah pada Mutu Universitas, Bukan Beasiswa

Kriteria Seleksi

  • Memiliki pencapaian akademik yang unggul
    Pernyataan dalam surat rekomendasi dengan perntayaan yang kuat terkait motivasi yang menggambarkan persepsi dalam ilmu perkotaan dan spesifikasi yang dipilih.
    Keragaman geografi dan akademik.
  • Biasanya, beswan memiliki latar belakang di bidang studi perkotaan dalam pendidikannya , pengalaman kerja, atau civic engagement, sebelum melamar ke 4CITIES.
  • Rata-rata usia mahasiswa yang terdaftar ialah 25 tahun.

Proses Pendaftaran
Sebagian proses pendaftaran beasiswa S2 joint degree ini dilakukan secara online, sebagian lagi harus dikirim via pos. Pertama, pelamar harus registrasi dulu di sini, kemudian memperoleh link modul via email. Kedua, pelamar diharapkan mempelajari modul tersebut lebih dulu sebelum menyiapkan dokumen.
Ketiga, mengirimkan berbagai kelengkapan aplikasi dalam bentuk PDF, sebagai berikut.
1. Ijazah sarjana
2. Transkrip nilai sarjana
3. Motivation letter
4. Dua buah surat rekomedasi
5. Sertifikat kecakapan bahasa Inggris
6. Sertifikat kegiatan terkait
7. Paspor resmi (pdf/jpg)
8. Foto format paspor (pdf/jpg)

Ketentuan lebih detail terkait tiap dokumen sebagai berikut.
Ijazah & Transkrip
Pelamar harus menyelesaikan studi minimal yang setara dengan ECTS 180. Unggah scan dalam bahsa asli dan terjemahannya dalam bahasa Inggris, Belanda, Prancis, atau Jerman.

Motvation Letter
Maksimal 2 halaman yang menjelaskan:

  • Harapan apa yang ingin Anda capai dengan studi di 4CITIES?
  • Mengapa Anda ingin bergabung dengan 4CITIES?
  • Mengapa Anda tertarik dengan studi perkotaan (urban studies)?
  • Isu atau pertanyaan spesifik apa yang memotivasi Anda dan bagaimana Anda berniat untuk menghadapinya?
  • Anda dapat menambahkan informasi relevan lainnya, dan bisa merujuk pada CV. Hindari menjelaskan program 4CITIES kecuali itu berhubungan dengan argumen Anda.

Surat Rekomendasi
Hanya rekomendasi dari akademisi yang diterima. Saat melakukan proses tahap awal (registrasi dan menerima modul), pelamar harus mengisi alamat email pemberi rekomendasi yang akan dihubungi pihak penyelenggara. Refree tersebut akan memberi rekomendasi pada modul yang dikirimkan penyelenggara. Surat rekomendasi harus dikirim sebelum pendaftaran ditutup.

Baca Juga :  Beasiswa Jerman S2 dan S3 dari Heinrich Böll Foundation

Sertifikat Tes Bahasa Inggris
Hanya jenis tes dalam daftar ini yang diterima. Secara umum, standar minimal TOEFL paper based 550, computer based 213, internet based 72;  TOEIC 785; IELTS Academic 6; dan lain-lain.
Masa berlaku hasil tes tidak lebih dari dua tahun. Harus ditandatangi dan distempel oleh institusi pendidikan terkait. Sertifikat ASLI dikirim langsung via pos (dalam amplom bersegel) atau via elektronik ke Vrije Universiteit Brussel. Alamat dan kode pengiriman lihat di How to Apply.  Kopian sertifikat diunggah melalui sistem pendaftaran online.

Sertifikat Aktivitas
Mencakup daftar dan bukti aktivitas penunjang seperti pengalaman kerja, magang, kerja suka rela, atau lainnya), selama lima tahun terakhir tidak termasuk hobi atau kegiatan waktu luang. Sertakan informasi tanggal mulai dan berakhir aktivitas tersebut. Dokumen ini diterima dalam bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Belanda, Italia, Jerman, dan Portugis.

Residence Certificate
Surat keterangan tempat tinggal yang diterbitkan 12 bulan dari batas pendaftaran, oleh otoritas pemerintahan setempat atau tempat Anda bekerja atau studi. Jika alamat peserta tertera pada paspor atau KTP dan diterbitkan kurang dari 12 bulan sebelum batas pendaftaran maka bisa digunakan sebagai bukti. Dokumen tersebut akan jadi dasar untuk menentukan besar biaya perjalanan dalam paket nilai beasiswa.

Kopian Paspor Resmi
File paspor harus mencakup informasi yang diperlukan dan akan berlaku selama masa studi di 4CITIES.

Foto Diri
Berdasarkan format paspor Uni Eropa, ukuran 3,5 x 4,5 cm.

Batas pendaftaran beasiswa S2 joint degree ini tanggal 16 Januari 2017.
Sebelum menyiapkan aplikasi, pelajari informasi selengkapnya di 4CITIES, Erasmus Mundus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *