Beasiswa S2 di Swiss, EPFL Excellence Fellowship

By | December 4, 2016

Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) menawarkan fellowship untuk calon mahasiswa program master pada institusi pendidikan tersebut. Beasiswa S2 di Swiss ini diberikan kepada peserta yang memiliki pencapaian akademik unggul. Sebagian dukungan finansial tersebut diberikan langsung oleh EPFL dan sebagian lainnya dari kerja sama dengan berbagai yayasan dan perusahaan.

Nilai Beasiswa

Beasiswa S2 di Swiss ini sebesar 16.000 CHF per tahun akademik. Nilai fellowship untuk masa studi master dua tahun (kredit 120) sebesar 32.000 CHF. Untuk masa studi 1,5 tahun (90 kredit) sebesar 24.000 CHF. Beasiswa ini juga ditambah dengan resevarsi ruang di penginapan mahasiswa.

Beasiswa ini tidak dapat diakumulasi dengan beasiswa pokok lainnya. Peserta diminta untuk memberi informasi terkait seluruh beasiswa yang akan mereka terima selama masa studi master. Seluruhnya akan dievaluasi satu per satu.

Kriteria Penerimaan

  • Telah lulus sarjana atau yang setara dari universitas yang diakui
  • Memiliki pencapaian akademik yang istimewa
  • Tidak berlaku bagi peserta yang telah memperoleh gelar master atau yang setara
  • Bagi peserta yang beralih bidang studi dan mendaftar pada program studi master yang baru, harus memiliki nilai rata-rata kelas 4,5. Namun, kriteria ini bukan jaminan karena relevansi studi sarjana dan minat pada jenjang master, serta motivasi peserta juga dieveluasi.

Syarat Pendaftaran

  • Curriculum Vitae
  • Ijazah sarjana atau sederajat. Jika belum ada, ijazah bisa dibawa ke kantor pendaftaran saat registrasi mahassiwa di EPFL.
  • Transkrip nilai yang sudah dilegalisir
  • Statement of purpose, maksimal 1.000 kata, yang menjelaskan latar belakang akademik, strategi karir, dan tujuan yang ingin dicapai peserta melalui studi di EPFL.
  • Tiga buah surat rekomendasi dari tiga orang profesor yang mengenal kinerja dan kualitas studi peserta. Peserta harus mencantumkan kontak pemberi rekomendasi yang akan divalidasi penyelenggara beasiswa ini melalui email, untuk mengisi formulir rekomendasi. Semakin cepat peserta memvaldiasi aplikasi elektroniknya, semakin banyak waktu yang tersedia agar pemberi rekomendasi dapat mengisi formulir tersebut. Peserta akan dihubungi via email proses yang terkait dengan pemberi rekomendasi telah selesai.
Baca Juga :  Beasiswa Pascasarjana UGM 2017/2018 untuk S2 Banyak Jurusan

Surat rekomendasi harus terkirim satu minggu setelah batas akhir aplikasi.

  • KTP atau paspor
  • Sertifikat TOEFL atau GRE
  • Publikasi ilmiah (tidak wajib)
  • Untuk program arsitektur, harus mengirim portofolio (maksimal ukuran A4). Jika portofolio tidak dapat diubah dalam bentuk digital, kirimkan kopi paper melalui pos. Peserta yang ingin mendaftar pada program arsitektur harus memiliki pengalaman kerja selama satu tahun sebelum mulai kuliah. Unduh formulir pekerjaan atau magang di halaman ini.

Proses Pendaftaran

Aplikasi beasiswa ini sifatnya tak terpisah, yaitu sama dengan formulir online yang peserta gunakan untuk mendaftar pada program master di EPFL. Peserta harus mencentang kotak yang menunjukkan bahwa peserta perlu dipertimbangkan untuk menerima Excellence Fellowship. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui Master Applicant Identification. Peserta harus membuat akun lebih dulu.

Batas pendaftaran beasiswa S2 di Swiss ini tanggal 15 Januari 2017 dan 15 April 2017. Sebaiknya mendaftar pada bulan Januari jika perlu visa.

Proses Seleksi

Peserta bisa saja termasuk ke dalam daftar antri. Penyelenggara akan membuat daftar penerima utama dan penerima cadangan. Panitia akan menunggu konfirmasi calon penerima beasiswa selama dua sampai empat minggu. Jika tidak ada tanggapan atau kandidat tersebut membatalkan beasiswanya maka kesempatan beralih kepada peserta cadangan sesuai urutan, dengan masa tunggu konfirmasi selama satu sampai dua minggu.

Peserta yang terpilih untuk beasiswa ini akan dihubungi via email bersamaan dengan pengumuman penerimaan pada program master.

Mohon pelajari informasi selengkapnya di Excellence Fellowship dan Online Application, EPFL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *