Beasiswa S2 di Perancis dari Universite Paris-Saclay Deadline Maret dan April 2017

By | February 26, 2017

Beasiswa S2 di Perancis ini ialah program Universite Paris-Saclay International Master’s Scholarship. Tunjangan finansial tersebut dibuka untuk tahun akademik 2017/2018.

Program ini mengundang pelajar internasional berkualifikasi tinggi, khususnya bagi yang ingin mengembangkan proyek akademik lewat penelitian hingga jenjang doctor. Beasiswa tersebut diberikan untuk program master 1 atau 2 tahun, bagi pelamar yang baru terdaftar di Universite Paris-Saclay.

Program Studi

Ada berbagai program studi di institusi pendidikan tersebut. Program yang khusus berbahasa Inggris lihat di Tracks in English Language.  Program yang diajarkan dalam bahasa Inggris dan Perancis lihat di Master’s Degrees Taught in French and English. Batas pendaftaran setiap program studi lihat di Dates of Application Calendar.

Cakupan dan Nilai Beasiswa

Akan ada 160 penerima beasiswa S2 di Perancis ini. Seleksi pelamar berdasarkan kriteria akademik. Tunjangan yang diberikan mencakup:

  • Beasiswa Universite Paris-Saclay senilai 10.000 Euro per tahun yang dibayarkan tiap bulan selama 10 bulan dalam satu tahun.
  • Tunjangan maksimal 1.000 Euro untuk biaya perjalanan dan visa. Besarannya sesuai dengan negara asal peserta.

Beasiswa dan tunjangan akan diperoleh pemenang setelah tiba di Perancis.

Kriteria Penerimaan

Agar dapat dipertimbangkan sebagai penerima beasiswa S2 di Perancis ini, pelamar harus memenuhi kriteria berikut.

  • Merupakan mahasiswa baru internasional.
  • Berusia maksimal 30 tahun saat diterima.
  • Pelajar internasional yang sedang tinggal di Perancis kurang dari satu tahun, terdaftar sebagai mahasiswa pada program yang tidak memberikan gelar.
  • Pelajar internasional yang sedang tinggal di Perancis kurang dari satu tahun, mengampil kelas bahasa yang tidak memberikan gelar (contohnya FLE).

Program beasiswa ini tidak berlaku bagi:

  • Pelamar yang telah tinggal di Perancis (kecuali yang disebutkan di atas).
  • Pelamar yang telah menangguhkan studinya lebih dari dua tahun berturut-turut.
  • Pemegang beasiswa lainnya dengan total nilai 600 Euro per bulan.
  • Pelamar yang telah studi di Perancis dalam rangka magang atau program kuliah luar negeri (seperti Erasmus).
Baca Juga :  Beasiswa Bill Gates di University of Cambridge untuk S2 dan S3 Deadline Desember 2017

Proses Pendaftaran

Diterima pada program master Universite Paris-Saclay tidak menjamin peserta diterima pada program beasiswa ini. Seluruh peserta yang terdaftar sebagai (enrolled) sebagai mahasiswa di universitas tersebut akan diseleksi oleh panitia. Berkas yang tidak diminta, tidak boleh dikirim. Tahapan pendaftaran beasiswa sebagai berikut.

  1. Hanya mahasiswa yang terpilih yang akan dihubungi via email berisi pranala (link) formulir pendaftaran yang harus dilengkapi. Saat menerima email ini, mahasiswa juga diminat menyediakan data dua orang pemberi rekomendasi yang bersedia mengirim rekomendasi (misalnya profesor atau coordinator magang).
  2. Pemberi rekomendasi tersebut akan menerima email berisi pralana formulir rekomendasi yang harus dilengkapi dan divlidasi sebelum pendaftaran beasiswa ditutup.
  3. Pelamar akan dikonfirmasi jika tahap 2 telah selesai.
  4. Aplikasi pendaftaran beasiswa S2 di Perancis ini dianggap lengkap apabila kedua formulir rekomendasi telah divalidasi oleh pemberi rekomendasi. Namun, pelamar tidak akan mendapat email bahwa berkasnya sudah lengkap.

Masing-masing program studi (M1 dan M2) memiliki berkas persyaratan dan standar tes bahasa Inggris atau Perancis yang berbeda. Persyaratan lebih rinci cek pada website program studi yang dipilih. Dalam halaman Universite Paris-Saclay dalam versi bahasa Inggris, klik Education -> Master’s degrees in English atau Master’s degrees taught in French and English -> Klik salah satu program studi -> Application Requirements.

Proses pendaftaran program S2 Universite Paris-Saclay akses di Click Here to Apply. Pelamar harus membuat akun terlebih dulu. Setelah pendaftaran diterima oleh pihak universitas, pelamar juga harus melengkapi prosedur di portal Etudes en France.

Deadline pendaftaran beasiswa setiap gelombang akan dikirim lewat email kepada mahasiswa yang bersangkutan. Agar bisa mendaftar beasiswa gelombang 1, mahasiswa harus melengkapi berkas dan rekomendasinya sebelum awal Maret. Bagi ingin dipertimbangkan sebagai penerima beasiswa gelombang 2, mahasiswa harus melengkapi berkas dan rekomendasinya sebelum akhir April.

Baca Juga :  Beasiswa Short Course di Belanda Deadline 23 Maret 2017

Informasi selengkapnya akses di Universite Paris-Saclay International Master’s Scholarship Programme 2017/2018.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *