Beasiswa S2 di Belanda, Vrije Universiteit Amsterdam, Deadline 7 Februari 2017

By | November 2, 2016

Beasiswa S2 di Belanda kali merupakan VU Fellowship Programme (VUFP). Program tersebut menawarkan kepada mahasiswa internasional yang potensial, kesempatan untuk memperoleh gelar Master dari Vrije Universiteit Amsterdam. Institusi pendidikan tersebut berkomitmen untuk menyediakan sekitar 1 juta euro bagi peserta yang unggul dan memiliki motivasi tinggi.

Seluruh aplikasi UVFP harus diterima paling lambat tanggal 1 Februari 2017. Dokumen tersebut akan ditinjau oleh staf pada masing-masing program studi yang dilamar peserta. Staf tersebut kemudian memilih pelamar untuk diajukan kepada panitia beasiswa pusat yang berwenang memberikan dana pendidikan kepada peserta yang berbakat. Seleksi berdasarkan motivation letter, kualitas pendidikan sebelumnya dan pencapaian akademik peserta.

Kriteria Kandidat

VUFP merupakan merit scholarship (beasiswa berdasarkan prestasi) bagi peserta yang memiliki motivasi kuat dan hasil studi di atas rata-rata. Peserta harus membuktikan kemampuan akademiknya dan harus diterima di program Master berbasis Bahasa Inggris, di Vrije Universiteit Amsterdam. Program ini tidak berlaku bagi warga negara Belanda atau mereka yang telah memperoleh gelar pendidikan di Belanda.

Beasiswa S2 di Belanda ini juga tidak berlaku bagi peserta yang telah menjalani program Master satu tahun. Dengan demikian, beasiswa UVFP bukan untuk meneruskan tahun kedua mahasiswa tersebut. Program ini juga tidak berlaku bagi mereka yang sedang memasuki tahun kedua studi Master-nya dan belum pernah menerima UVFP periode 2016/2017.

UVFP hanya berlaku bagi peserta yang akan menerima beasiswa sejak awal studi Master-nya. Beasiswa ini tidak dapat diperpanjang jika penerima telah mencapai 100% kredit pada tahun pertamanya.

Beasiswa dari UVFP tersedia bagi peserta yang telah melalui satu semster atau periode akademik luar negeri di Vrije Universiteit Amsterdam, melalui program Semesters in Amsterdam,  dan akan mendaftar di program Master (full time) di Vrije Universiteit Amsterdam. Proses apklikasi untuk alumni program Semesters in Amsterdam sama dengan cara aplikasi pelamar UVFP lainnya, namun harus melapor via email [email protected] dan mencantumkan keterangan alumni program tersebut pada motivation letter. Peserta yang tidak lolos UVFP melalui Semesters in Amsterdam masih dapat melamar beasiswa ini melalui jalur normal atau umum.

Baca Juga :  Beasiswa Penuh di Jepang S1, S2, S3 dari Meiji University 2018 Deadline Beragam via Pos

Nilai Beasiswa 

Beasiswa S2 di Belanda ini hanya berupa pembebasan biaya kuliah. UVFP tidak mencakup tunjangan studi lainnya dan tidak memberikan dana untuk biaya hidup.

Persyaratan

  1. Telah lulus S1
  2. Memenuhi syarat TOEFL iBT atau IELTS dengan skor sesuai dengan masing-masing program studi yang dipilih.
  3. Memenuhi syarat GPA/IPK pada laman  www.vu.nl/vufp.
  4. Pengalaman kerja tidak diwajibkan

 Proses Aplikasi

  1. Mendafar di program Master yang dipilih, di Studielink kemudian melanjutkan proses di  VUnet portal. Informasi proses pendaftaran selengkapnya di  more information on how to apply. Proses pendaftaran ini harus dilakukan sebelum mendaftar beasiswa UVFP. Batas waktunya 7 Februari 2017.
  2. Mengunggah dokumen aplikasi di  VUnet, batas waktunya 7 Februari 2017, terdiri dari:
  • Bukti prestasi akademik (IPK). Standar nilai dapat dilihat di laman VUFP.
  • Motivation letter yang mengungkapkan mengapa peserta memilih program studinya pada jenjang Master, perspektif masa depan peserta, dan mengapa peserta pantas menerima beasiswa VUFP.
  • Curriculum Vitae, sebaiknya dalam format Eropa.

Seluruh pelamar akan menerima pemberitahuan via email selambat-lambatnya 1 April 2017. Konfirmasi dari kandidat terpilih ditunggu paling lambat 15 April 2017. Ketentuan program ini dapat dipelajari di Conditions VUFP scholarship.

VUFP dan Orange Tulip Scholarship (OTS)

OTS merupakan bagian dari beasiswa VUFP, yang berarti calon mahasiswa diwajibkan untuk mendaftar VUFP secara bersamaan dikarenakan komite penilai yang sama. Hanya setelah mengumpulkan aplikasi yang lengkap untuk program tertuju dan beasiswa VUFP, calon mahasiswa dapat mendaftar untuk OTS. Informasi persyaratan tambahan akses website universitas. Dokumen yang diperlukan:

  1. Formulir pendaftaran OTS
  2. Bukti telah memulai pendaftaran/telah diterima di program yang dituju

Untuk informasi lebih lanjut tentang VU University Amsterdam, kunjungi

Baca Juga :  Beasiswa Penuh S2 dan S3 dari University of New England Deadline 16 Juni 2017

www.vu.nl/scholarships
http://www.vu.nl/en/programmes/international-masters/scholarships-/orange-tulip/index.aspx

atau menghubungi:

Henny Smit

+31 205986086

Untuk informasi mengenai Orange Tulip Scholarship Indonesia, mohon menghubungi

Nuffic Neso Indonesia

(021) 5290-2172


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *