Beasiswa S2 dan S3 di Republik Ceko, dari JCMM

By | December 8, 2016

South Moravian Centre for International Mobility (JCMM) menawarkan beasiswa S2 dan S3 di Republik Ceko melalui program Scholarhip for Foreign University Student. JMCC merupakan organisasi non-profit yang menyediakan dukungan dan bimbingan untuk mahasiswa serta peneliti.

Program beasiswa ini telah berjalan sejak tahun 2006/2007 dan telah diberikan kepada 216 mahasiswa. Sebagai gambaran, terdapat 20 penerima beasiswa pada periode yang lalu (2016/2017).

Nilai Beasiswa

Nilai beasiswa S2 dan S3 di Republik Ceko ini kurang lebih 7.000 Czech atau kurang lebih 250 Euro per bulan pada tahun pertama studi, untuk biaya hidup. Jika mencapai hasil studi yang bagus pada tahun pertama, beswan akan menerima beasiswa langsung dari universitas, pada tahun berikutnya.

Pada program ini juga tersedia kursus bahasa Ceko, event budaya, dan layanan konsultasi terkait studi di Brno. Beswan akan memperoleh layanan konsultasi gratis terkait prosedur tes masuk universitas dan masalah studi pada tahun pertama.

Kriteria Penerimaan

  • Peserta dari negara non-Uni Eropa yang mendaftar pada program master (S2) atau PhD (S3) berbahasa Ceko, di universitas mitra yang berlokasi di Brno, Republik Ceko. Cek daftar universitas yang tersedia.
  • Belum pernah studi (kecuali kursus bahasa, persiapan studi, atau pertukaran pelajar jangka pendek) atau tinggal di Republik Ceko minimal 6 bulan (terhitung bulan Juni 2017).
  • Lebih disukai pada program studi technical and natural science.
  • Mampu berbahasa Ceko untuk program master. Pada program PhD, setiap fakultas memiliki kebijakan berbeda.

Proses Pendaftaran Beasiswa

Pertama, proses aplikasi online, (batas tanggal 31 Januari 2017) terdiri dari:

  • Membuat akun registrasi online di
  • Mengisi formulir pendaftaran online.
  • Mengisi informasi terkait pilihan universitas dan program studi serta data dan informasi pribadi.
  • Ijazah berbahasa Indonesia (format awal) dan terjemahan dalam bahasa Ceko atau bahasa Inggris yang diverifikasi notaris dan menggunakan penerjemah bersertifikat.
Baca Juga :  Beasiswa Bappenas Linkage Australia untuk S2 Bagi PNS Deadline 10 Februari 2017

Program studi agrikultur, kehutanan, kedokteran hewan, famasi, atau yang berkaitan, hanya menerima terjemahan dalam bahasa Ceko.

  • Transkrip nilai dalam bahasa Indonesia (format awal) dan terjemahan dalam bahasa Ceko atau bahasa Inggris menggunakan penerjemah bersertifikat.
  • Program studi agrikultur, kehutanan, kedokteran hewan, famasi, atau yang berkaitan, hanya menerima terjemahan ijazah dan transkrip dalam bahasa Ceko.
  • Jika peserta baru akan lulus (paling lambat tanggal 15 Juli 2017), lampirkan surat keterangan dari universitas asal peserta yang mengonfirmasi status pesert sebagai mahasiswa tahun terakhir, dalam bahasa Ceko, Inggris, atau Rusia. Bagi yang sudah memegang ijazah, kirimkan paling lambat tanggal 30 Mei 2017.
  • Ijazah dan transkrip atau surat keterangan studi tahun terakhir perlu diajukan lebih dulu ke universitas di Czech agar diakui sebagai pelajar asing. Peserta akan menerima formulir diploma recognition yang harus dikirim bersamaan dengan aplikasi online. Proses ini akan memakan waktu 30 hari sehingga perlu disiapkan dari jauh hari.

Kedua, mengirim aplikasi ke universitas antara Februari – Juni 2017. Dokumen yang diperlukan berbeda-beda, tergantung dari universitas dan jurusan yang Anda pilih. Mohon cek deadline pendaftaran kuliah dan dokumen lainnya pada website universitas dan program studi yang Anda tuju.

Ketiga, ujian masuk universitas antara bulan Mei – Juni 2017, tergantung tujuan studi (cek website universitas dan program studi yang Anda tuju). Untuk melakukan tes, peserta harus bisa berbahasa Ceko.

Keempat, seleksi beasiswa pada bulan Juni 2017. Seleksi hanya dilakukan pada peserta yang telah diterima universitas di South Moravian Region.

Sebelum mendaftar dan menyiapkan aplikasi, mohon pelajari informasi selengkapnya di Scholarship for Foreign University Students, JCMM, dan Buku Pedoman Pendaftaran.

Baca Juga :  Beasiswa Arryman Fellows – Studi PhD di USA

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *