Beasiswa S1 Universitas Pertamina untuk Lulusan SMA/Sederajat Deadline 26 Januari dan 9 Maret 2018

By | December 26, 2017

Bagi kamu yang masih duduk di kelas 12 atau sudah lulus tahun 2016 dan 2017 lalu, dan ingin kuliah di Universitas Pertamina, bisa coba jalur Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina 2018/2019. Beasiswa S1 dalam negeri ini berupa pembebasan biaya kuliah hingga 100%.

Program Studi

Ada banyak jurusan yang bisa kamu pilih di Universitas Pertamina, yaitu:

Fakultas Teknologi Industri

  • Teknik Kimia
  • Teknik Mesin
  • Teknik Logistrik
  • Teknik Elektro

Fakultas Sains dan Komputer

  • Ilmu Komputer
  • Kimia

Fakultas Perencanaan Infrastruktur

  • Teknik Sipil
  • Teknik Lingkungan

Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

  • Ilmu Komunikasi
  • Hubungan Internasional

Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi

  • Teknik Geofisika
  • Teknik Perminyakan
  • Teknik Geologi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Manajemen
  • Ilmu Ekonomi

Komponen dan Nilai Beasiswa

Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina 2018/2019 diberikan kepada mahasiswa yang memiliki KESULITAN EKONOMI namun memiliki prestasi akademik yang sangat baik. Beasiswa S1 dalam negeri tersebut berupa:

  • Tipe 1: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 100% SPP
  • Tipe 2: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 50% SPP

Persyaratan dan Proses Pendaftaran

Pengajuan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina tahun akademik 2018/2019 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2018, 2017, dan 2016 yang mendaftar dan lulus Ujian Masuk Universitas Pertamina periode Januari 2018 atau Maret 2018 (UM Gelombang 1 dan Gelombang 2). Langkah-langkah pendaftarannya:

  • Calon Mahasiswa mendaftar Ujian Masuk Universitas Pertamina (UM-UP) Periode Januari 2018 (Pendaftaran dibuka 18 Desember 2017) atau Periode Maret 2018 (Pendaftaran dibuka 28 Januari 2018).
  • Calon Mahasiswa melaksanakan pembayaran UM-UP melalui bank yang ditunjuk untuk mendapatkan nomor ujian.
  • Calon Mahasiswa melengkapi data diri, memilih program beasiswa dan mencetak kartu Ujian Masuk.
  • Calon Mahasiswa yang memilih program beasiswa ekonomi dipersilakan mengunduh serta melengkapi formulir yang tersedia di halaman ini (klik: Unduh Formulir Beasiswa Ekonomi UP) untuk kemudian mengirimkannya melalui email ke email [email protected] cc [email protected] bersama berkas pendukung:
    1. Scan(bukan foto) Formulir Pengajuan Beasiswa Ekonomi UP 2018/2019 yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas meterai Rp 6.000
    2. Scan (bukan foto) Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahantempat calon mahasiswa tinggal terbaru (diurus tidak lebih dari tiga bulan sebelum pengajuan beasiswa)
    3. Scan (bukan foto) Kartu Keluarga (KK)
    4. Scan (bukan foto) KTP/Kartu Pelajar calon mahasiswa
    5. Scan (bukan foto) KTP kedua orang tua
    6. Scan (bukan foto) nilai rapor semester 1-5 yang dilegalisir (simpan dalam satu file .pdf)
    7. Scan (bukan foto) Slip Gaji orangtua 3 (tiga) bulan terakhir atau surat keterangan pengganti slip gaji (untuk orangtua yang bekerja sebagai petani, pedagang, atau profesi lain yang tidak ada slip gaji bulanan) yang diterbitkan oleh KELURAHAN tempat calon mahasiswa tinggal.
    8. Scan (bukan foto) bukti pembayaran rekening listrik rumah tinggal calon mahasiswa 3 (tiga) bulan sebelum Ujian Masuk (bukti bayar listrik bulan Oktober, November dan Desember 2017 untuk peserta UM periode Januari, atau bukti bayar bulan Desember 2017, Januari dan Februari 2018 untuk peserta UM periode Maret 2018).
    *Jika listrik di rumah tinggal calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi adalah listrik pra-bayar (menggunakan token), silakan datang ke kantor PLN terdekat untuk mencetak penggunaan listrik pada bulan yang dipersyaratkan.
    **Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah sewa, dimana sewa yang dibayarkan sudah meliputi pembayaran listrik, diperkenankan meminta surat keterangan pengganti bukti pembayaran rekening listrik di kelurahan setempat.
    9.
    Scan(bukan foto) tagihan PBB rumah tinggal calon mahasiswa tahun 2017.
    *Jika calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi tinggal di rumah yang bukan milik pribadi (sewa atau tinggal dengan keluarga lain), silakan meminta surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat.
    10.
    Karya tulis 4 (empat) paragraf yang terdiri tidak kurang dari 600 (enam ratus) kata dan tidak lebih dari 1000 (seribu) kata dengan tema “Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina.”
    11. Scan(bukan foto) maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik (opsional).
    12. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal calon mahasiswa.
  • Seluruh berkas disimpan dalam format .pdfdengan UKURAN MAKSIMAL SETIAP POIN BERKAS adalah 750 KB (tujuh ratus lima puluh Kilobyte). Format penamaan setiap poin berkas adalah:
    1. [nomor berkas]_[jenis berkas]_[nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] contoh: [02]_SKM_Jimmy Hendrik_123456789.pdf.
    2. Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format .pdf dikumpulkan dalam 1 folder dan di-compress dalam format .zip atau .rar atau .7zip atau .7zdan diberikan nama folder: [nama pengaju beasiswa]_[nomor ujian] contoh: Jimmy Hendrik_123456789.rar.  UKURAN MAKSIMAL LAMPIRAN BERKAS adalah 10 MB (sepuluh Megabyte).
  • Calon mahasiswa membawa berkas pengajuan beasiswa nomor 1 yang ASLI (Formulir Pengajuan Beasiswa) saat pelaksanaan UM-UP periode Januari 2018 atau periode Maret 2018 dan menyerahkannya kepada petugas registrasi ulang. Kegagalan penyerahan berkas tersebut akan mengakibatkan pembatalan pengajuan beasiswa ekonomi calon mahasiswa.
  • Calon mahasiswa mengirimkan seluruh berkas pengajuan beasiswa selambat-lambatnya tanggal 26 Januari 2018 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta UM-UP Periode Januari 2018 atau 9 Maret 2018 pukul 12.00 WIB (siang) untuk peserta UM-UP Periode Maret 2018 ke email [email protected] cc [email protected]Kegagalan atau keterlambatan calon mahasiswa mengumpulkan berkas akan menyebabkan pengajuan beasiswatidak diproses (nama calon mahasiswa tersebut akan dicoret dari daftar pengaju Beasiswa Ekonomi UP 2018) dan menjadikan calon mahasiswa tersebut sebagai calon mahasiswa program reguler.
  • Ketidakmampuan calon mahasiswa pengaju beasiswa untuk mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan oleh panitia akan menyebabkan tidak diterimanya berkas pengajuan beasiswa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Panitia Seleksi Beasiswa Ekonomi UP 2018/2019 akan melakukan seleksi dan mengumumkan hasil seleksi beasiswa ekonomi periode Januari 2018 dan Maret 2018 secara bersamaan pada pertengahan bulan Juni 2018.
Baca Juga :  Beasiswa Pelatihan Kerja Bali WISE Dibuka 4 Kali Setahun

Calon Mahasiswa yang dinyatakan tidak layak mendapatkan Beasiswa Ekonomi dapat mendaftar ulang sebagai mahasiswa UP program reguler (pembayaran selambat-lambatnya dilaksanaan pada tanggal 30 Juni 2018).

*Peserta yang lulus Ujian Masuk Periode Januari dan Maret 2018 namun tidak lulus seleksi berkas pengajuan beasiswa, harus membayar SPI dan SPP selambat-lambatnya akhir bulan Mei 2018 dengan besaran SPI dan SPP sesuai periode Ujian Masuk yang diikuti.

**Peserta yang lulus seleksi berkas, namun dinyatakan tidak layak menerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina (BEUP), harus membayar SPI dan SPP selambat-lambatnya awal bulan Juli 2018 dengan besaran SPI dan SPP sesuai periode Ujian Masuk yang diikuti.

INGAT-INGAT, batas pendaftaran beasiswa S1 dalam negeri dari Universitas Pertamina ini tanggal 26 Januari 2018 dan 9 Maret 2018. Untuk informasi selengkap-lengkapnya tentang Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina, pelajari di Info BEUP.PDF atau di website resmi Universitas Pertamina: https://universitaspertamina.ac.id/akademik/beasiswa/.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *