Beasiswa S1 Luar Negeri 2018/2019 dari University of Sheffield Inggris Deadline 20 April 2018

By | January 6, 2018

University of Sheffield yang berbasis di Inggris menyediakan program International Merit Undergdraduate Scholarship kepada pelajar dari beberapa negara, termasuk Indonesia. Beasiswa S1 luar negeri 2018/2019 tersebut berupa potongan biaya pendidikan yang cukup besar.

Program Studi

University of Sheffield termasuk ke dalam Top 100 universitas di dunia yang sudah melahirkan beberapa peraih Nobel. Ada 370 lebih program sarjana di University of Sheffield yang terbagi ke dalam 75 bidang studi. Untuk mencari jurusan yang sesuai dengan minat kamu, cek daftarnya di Course Finder – University of Sheffield.

Namun, untuk tahun ini, pendaftaran bidang Kedokteran dan Kedokteran Gigi sudah ditutup. Jadi, kamu hanya bisa pilih ratusan jurusan lainnya.

Komponen dan Nilai Beasiswa

International Merit Undergdraduate Scholarship dari University of Sheffield berupa potongan biaya pendidikan (tuition fee) sebanyak 50% setiap tahun. Beasiswa tersebut disediakan selama masa studi 4 tahun.

Kualifikasi Pelamar

Pelamar beasiswa tersebut harus memenuhi kriteria:

  • Warga Negara sasaran (termasuk Indonesia).
  • Telah mendapat Surat Penerimaan pada program sarjana penuh waktu (full time), paruh waktu (part time), atau program fondasi (foundation programme)di University of Sheffield, sebelum 13 April 2018.
  • Pelamar harus diterima pada program sarjana yang sepenuhnya dilaksanakan University of Sheffield (jadi bukan program sarjana atas kerja sama yang juga harus ditempuh di institusi lainnya).
  • Perkuliahan akan dimulai pada September 2018.
  • Mendaftar ke University of Sheffield sebagai pelajar yang termasuk dalam kategori yang wajib membayar tuition fee di University of Sheffield.
  • Tidak menerima dana dari sponsor lainnya yang setara dengan biaya pendidikan (tuition fee) di University of Sheffield atau lebih.
  • Memilih University of Shieffiefl sebagai firm choice (penjelasan firm choice bisa dilihat pada sistem pendaftaran kuliah di Inggris: UCAS – Making Your Firm Choice). Proses ini harus sudah selesai sebelum 20 April 2018, ketentuan selengkapnya lihat di website resmi.
  • Beasiswa ini hanya berlaku bagi yang mendaftar ke University of Sheffield sejak tahun pertama (bukan mahasiswa transfer atau tahun studi lanjutan).
  • University of Sheffield berhak membatalkan beasiswa tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Beasiswa ini tidak bisa dipadukan dengan beasiswa prestasi dari University of Sheffield, dan beasiswa dari pihak lainnya, kecuali pinjaman dana pendidikan yang harus dikembalikan penuh.
Baca Juga :  Beasiswa S1 dan S2 di Charles University, Czech, Deadline 30 April 2017

Persyaratan bahasa Inggris (skor minimal):

  • IELTS Academic 6,0, sub-skor 5,5.
  • TOEFL 80, listerning 17, writing 17, reading 18, dan speaking
  • PTE Academic 56, sub-skor 51.
  • CPE 169, sub-skor 162.
  • CAE 169, sub-skor 162.

Berkas Persyaratan dan Proses Pendaftaran

Salah satu, dokumen yang diperlukan untuk melamar beasiswa ini adalah Personal Statement, isinya:

  • Motivasi kamu untuk studi di program sarjana University of Sheffielf yang kamu pilih.
  • Tujuan kamu di masa depan dan bagaimana studi di University of Sheffielf dapat membantumu meraih tujuan tersebut.
  • Hindari memasukkan informasi prestasi pendukung kecuali memang berhubungan dengan program sarjana yang kamu pilih atau tujuan masa depan kamu.
  • Kamu juga bisa menjelaskan pengalaman kerja atau prestasi lainnya yang berhubungan dengan program sarjana pilihan kamu dan tujuan kamu di masa depan, namun, ini tidak wajib.

Sebelum mendaftar, pahami persyaratan program studi yang kamu pilih (cek di website program studi) dan berbagai kebijakan dari University of Sheffield lewat Admissions Requirements, Online Prospectus, dan Our Policies.

Langkah-langkah pendaftaran beasiswa S1 luar negeri 2018/2019 International Merit Undergdraduate Scholarship dari University of Sheffield:

  1. Mendaftar kuliah ke University of Sheffield melalui sistem pendaftaran terpusat di UCAS Website – Apply.
  2. Usahakan mendaftar pada periode 1 September – 15 Januari. Sebenarnya, kamu juga bisa mendaftar pada periode 16 Januari dan 30 Juni tapi kamu tidak bisa diterima kalau kuotanya sudah penuh di periode sebelumnya.
  3. Setelah mendaftar lewat UCAS, jika kamu memenuhi kualifikasi International Merit Undergdraduate Scholarship dari University of Sheffield maka kamu akan menerima email berisi link akses ke sistem pendaftaran beasiswa tersebut pada bulan Februari (dan seterusnya). Sistem pendaftaran beasiswa ini akan dibuka sampai tanggal 20 April 2018 pukul 16.00 Waktu UK.
Baca Juga :  Beasiswa Taiwan 2016 (S1, S2, S3)

INGAT-INGAT: sebaiknya kamu mendaftar ke UCAS paling lambat tanggal 15 Januari 2018. Info dari idbeasiswa ini hanya ringkasan, pelajari informasi selengkap-lengkapnya tentang beasiswa S1 luar negeri 2018/2019 dari University of Sheffield tersebut di website resmi: https://www.sheffield.ac.uk/international/enquiry/money/ugmerit#.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *