Beasiswa S1 di Belanda, dari Erasmus University 2017

By | November 9, 2016

Beasiswa S1 di Belanda kembali dibuka oleh Erasmus University untuk tahun 2017. Rotterdam School of Management, Erasmus University menawarkan beasiswa untuk pelajar dari negara non-EEA yang tidak mampu dengan biaya kuliah di negara EEA. Beasiswa ini akan diberikan untuk program International Business Administration (IBA), dengan mempertimbangkan keunggulan akademik peserta. Seluruh pelajar internasional dari negara yang memiliki bahasa ibu non-Bahasa Inggris diperkenankan melamar pada program ini.

Nilai Beasiswa

Nilai beasiswa S1 di Belanda tersebut mencapai 6.900 Euro untuk tahun akademik 2017/2018. Bentuk beasiswa ini berupa pembebasan biaya kuliah bagi peserta dari negara non-EEA. Nilai biaya kuliah yang harus dibayar penerima beasiswa pada program ini akan berbeda dengan pelajar yang berasal dari negara-negara EEA. Namun, kandidat terpilih tetap harus membayar biaya kuliah tertentu yang sifatnya wajib. Tidak ada beasiswa yang dicairkan dalam bentuk uang kepada kandidat terpilih. Bentuk beasiswa berupa pengurangan biaya kuliah sehinga mahasiswa dapat membayar sisa pengurangan tersebut.

Kriteria Penerimaan

Beasiswa dari Erasmus University tersebut terbuka bagi peserta yang prospektif (bukan seluruh pelamar yang mendaftar). Beasiswa berlaku untuk pelamar yang akan memulai studinya pada tahun 2017/2018, dan berasal dari negara non-EEA (termasuk Indonesia). Pelamar tidak boleh menerima beasiswa lain dengan nilai total 5.000 Euro.

Persyaratan Pendaftaran

Kriteria yang penting bagi program IBA adalah dimensi internasional peserta dan keunggulan akademiknya.  Persyaratan pendaftaran pada program IBA terdiri dari:

  • Prestasi akdemik yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai (bobot 50%).
  • Motivai studi di IBA, Rotterdam School of Management (bobot 25%).
  • Kegiatan ektrakurikuler yang ditunjukkan melalui curriculum vitae (bobot 25%).

Tidak ada tes pada proses seleks beasiswa ini. Namun, terdapat persyaratan kecakapan berbahasa Inggris. Seluruh internasional yang berasal dari negara yang tidak berbahasa Inggris harus menunjukkan kompetensinya dalam berbahasa Inggris.

Baca Juga :  Alasan Kuliah di Luar Negeri yang Salah

Proses Aplikasi

Saat melakukan pendaftaran online pada program IBA, pelamar akan diminta mengunggah dokumen yang diperlukan  untuk bahan evaluasi penyelenggara. Pada saat yang sama, pelamar dapat mengunggah dokumen aplikasi beasiswa ini (maksimal 1 halaman A4). Aplikasi tersebut harus mencakup informasi terkait:

  • Menjelaskan mengapa pelamar memerlukan beasiswa, yang berkaitan dengan kemampuan finansialnya;
  • Menjelaskan mengapa pelamar pantas menerima beasiswa, yang berkaitan dengan prestasi akademiknya dan apakah telah menerima beasiswa berdasarkan keunggulan akdemik yang lainnya;
  • Jika sudah menerima beasiswa prestasi akademik lain, cantumkan kopian sertifikatnya; dan
  • Pernyataan bahwa nilai beasiswa lain yang telah diterima pelamar totalnya tidak lebih dari 5.000 Euro;

Dokumen berikut ini tidak perlu lagi disertakan untuk pendaftaran beasiswa jika telah diunggah untuk mendaftar program IBA:

  • Ijazah SMA
  • Transkrip nilai
  • Ijazah/transkrip dari jenjang pendidikan lainnya yang lebih tinggi

Proses pendaftaran paling lambat 15 Februari 2017. Hasil seleksi akan diumumkan pada tahun 15 April 2016. Panitia Rotterdam Scholarship dapat dikontak di sini. Informasi selengkapnya di laman ini.


2 thoughts on “Beasiswa S1 di Belanda, dari Erasmus University 2017

  1. nur Halimah

    i want aply this help me this my number.
    i want contious my study please help me my no call to give informasi or anythink 082276576416

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *