Beasiswa Pertukaran Pelajar SMA SMK Sederajat Bina Antar Budaya 2017 2018

By | March 13, 2017

TENTANG BINA ANTARBUDAYA

Bina Antarbudaya adalah organisasi pendidikan antarbudaya berbasis relawan, yang memberikan kesempatan untuk memperoleh pendidikan antarbudaya secara global. Sejak didirikan pada tahun 1985, Bina Antarbudaya telah mengirim lebih dari 3000 siswa Indonesia dan menerima lebih dari 1500 siswa asing dari berbagai Negara. Saat ini Bina Antarbudaya telah memiliki 20 chapter di seluruh Indonesia.

Bina Antarbudaya merupakan mitra AFS Intercultural Programs, salah satu organisasi pertukaran antarbudaya terbesar di dunia yang beroperasi di lebih dari 60 negara di lima benua.

Kalau kamu ingin mendapatkan pengalaman yang akan mengubah hidupmu, maka Bina Antarbudaya dan program pertukaran antarbudaya AFS adalah pilihan yang tepat buatmu. Kamu akan mendapat teman baru, belajar bahasa asing, budaya baru, bahkan mengalami kehidupan dengan cara yang baru. Di akhir program nanti, kamu juga akan memperoleh keterampilan baru, yang tidak semua orang bisa dapatkan, yaitu Kompetensi Antarbudaya, keterampilan ini akan membuatmu memiliki kemampuan beradaptasi di kebudayaan manapun. Selain itu, kamu akan memperoleh banyak kemampuan lain, diantaranya kamu akan lebih mandiri, bertanggung jawab, dan lebih fleksibel. Semua itu akan sangat berguna di semua jenjang kehidupanmu nanti.

Sebagai siswa pertukaran antarbudaya AFS, kamu akan tinggal dengan keluarga angkat yang akan menerima kamu selayaknya bagian dari keluarga mereka sendiri. Seperti sebuah keluarga, keluarga angkat kamu akan selalu memberikan dukungan yang kamu perlukan selama masa program, memastikan bahwa kamu sehat dan selamat, serta akan menjadi sumber terbaikmu untuk mempelajari budaya setempat.

Kamu juga akan bersekolah di SMA setempat, dan merasakan lingkungan belajar yang berbeda dengan sekolah di Indonesia. Kamu akan mendapat teman baru dan mengalami secara langsung metode belajar di luar negeri.

Baca Juga :  Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Korea (Fully Funded) untuk Mahasiswa Deadline 7 Juli 2017

Pengalaman tak kalah menarik akan kamu peroleh dari lingkungan di negara di mana kamu ditempatkan. Selama program, kamu dapat melibatkan diri dalam berbagai kegiatan baik di lingkungan AFS maupun di masyarakat sekitar. Berbagai eksplorasi dapat dilakukan untuk memperkaya pengalaman dan pengembangan dirimu selama program.

Menjadi siswa pertukaran antarbudaya adalah pengalaman yang luar biasa. Tentu saja kamu akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan walaupun tantangan pasti ada. Tinggal jauh dari keluarga selama satu tahun tentu tidak mudah. Tapi jangan khawatir, Bina Antarbudaya dan AFS akan terus memberikan dukungan selama program untuk memastikan program kamu berjalan dengan lancar. Relawan AFS di seluruh dunia siap membantu kamu kapan pun dibutuhkan selama program, karena kita ingin memastikan program kamu berjalan dengan lancar.

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Mendapatkan PIN pendaftaran dari Chapter Bina Antarbudaya terdekat

  2. Mengaktifkan PIN pendaftaran dan membuat akun

  3. Mengisi formulir pendaftaran online

  4. Mengumpulkan berkas – berkas pendaftaran ke Chapter

Persyaratan peserta :

  • Siswa kelas 1 di SMA/ SMK/ MA atau sederajat
  • Untuk keberangkatan tahun 2018, Calon peserta lahir antara
    01 Agustus 2000 sampai  01 Agustus 2002
  • Mendapat persetujuan orang tua dan sekolah
  • Warga Negara Indonesia
  • Sehat fisik, mental dan spiritual
  • Ikut serta dan lulus pada serangkaian tahap seleksi yang diadakan oleh Bina Antarbudaya
  • Pendaftaran berlangsung pada tanggal 10 Maret 2017 sampai dengan 16 April 2017.

Cara Mendaftar

  • ​Pendaftar membeli PIN pendaftaran di lokasi chapter terdekat
  • Setelah membeli PIN, silahkan melakukan aktivasi PIN di sini
  • Setelah aktivasi PIN, mulailah mengisi Formulir Online Registration dengan teliti dan lengkap sesuai petunjuk

Informasi Program AFS USA

Pendaftaran dan Aktifasi PIN 

Baca Juga :  Beasiswa Pertukaran Pelajar ASEAN (Penuh) untuk Mahasiswa S1 Deadline 26 Mei 2017

4 thoughts on “Beasiswa Pertukaran Pelajar SMA SMK Sederajat Bina Antar Budaya 2017 2018

  1. Sebrina Hendri Zahir

    Saya juga kelas dua smk tapi kelahiran tahun 2000 bisa tidak untuk mengikuti program ini?

    Reply
  2. Dita Wahyu Ariyanti

    Kelahiran saya masih cukup untuk mengikuti pendaftaran untuk tahun ini, tetapi kelas saya apakah masih cukup ? Sekarang saya kelas 2 SMA, belum UTS, masih 2 bulan menjadi kelas 2

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *