Beasiswa Penuh S2 Joint Japan – World Bank (Preferred Programs) Deadline 23 Februari 2017

By | February 2, 2017

Beasiswa penuh S2 ini merupakan bagian dari program Joint Japan – World Bank Graduate Scholarship (JJ/WBGSP) 2017 untuk negara berkembang. Dukungan finansial tersebut diberikan kepada pelamar yang berkomitmen kembali ke negara asalnya setelah selesai studi. Beswan diharapkan menggunakan keahlian barunya dengan berkontribusi pada pembangunan sosial dan ekonomi di tanah airnya.

Salah satu kategori untuk negara berkembang ialah Preferedd Programs. Preferred University Master’s Programs ialah kategori dimana pelamar mendaftar secara terpisah untuk studi di luar negara asal atau tempat tinggal pelamar. Beasiswa ini tidak hanya untuk studi di Jepang tapi berbagai negara lainnya seperti Perancis, Australia, Belanda, Amerika Serikat, Kanada, dan United Kingdom.

Program Studi

JJ/WBGSP terbuka untuk program studi tahun akademik 2017/2018, dengan durasi studi maksimal dua tahun. Ada 200 program studi yang ditawarkan pada kategori Preferred Programs. Daftar program studi dan universitas lihat di Preferred Programs .

Cakupan dan Nilai Beasiswa

Besiswa penuh S2 JJ/WBGSP mencakup biaya pendidikan (tuition), biaya hidup per bulan, biaya buku, biaya penerbangan pulang-pergi, asuransi kesehatan, dan tunjangan perjalanan.

Kriteria Penerimaan

Pelamar JJ/WBGSP kategori Preferred Programs harus memenuhi kriteria berikut.

  • Warga negara berkembang yang merupakan anggota Bank Dunia (World Bank).
  • Tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan negara maju.
  • Tidak memiliki hubungan kerja ataupun keluarga dengan World Bank Group.
  • Telah lulus S1 atau yang sederajat sebelum tahun 2014.
  • Memiliki pengalaman kerja (digaji) minimal 3 tahun. Lapangan kerja tersebut harus berhubungan dengan pembangunan (development) di satu atau lebih negara berkembang. Pengalaman kerja ini dihitung sejak lulus sarjana dan dalam enam tahun terakhir dari tanggal batas pendaftaran. Untuk kerja sampingan dihitung secara proporsional sesuai syarat minimal 3 tahun tersebut. Saat melamar beasiswa ini, peserta harus sudah bekerja pada posisi yang dibayar penuh waktu.
  • Telah diterima tanpa syarat pada program studi JJ/WBGSP (Preferred Programs), kecuali terkait syarat keuangan.
  • Memiliki kesehatan yang baik.
  • Tidak menerima beasiswa lain dari pemerintah Jepang atau mitranya (seperti JICA, Central Bank, dan pemerintah lokal) untuk membantu keuangan studi pascasarjana atau gelar profesional.
Baca Juga :  Pendaftaran Beasiswa LPDP Gel. 4 dibuka Juli - Oktober 2016

Berkas Pendaftaran

Untuk melamar beasiswa penuh S2 ini, berkas-berkas yang harus disiapkan sebagai berikut.

  • Formulir Pendaftaran (dalam bahasa Inggris atau bahasa pengantar program studi yang dipilih).
  • Proof of Employment
  • Kopian ijazah dan/atau transkrip akademik pendidikan terakhir yang sudah disertifikasi. Dokumen harus diterjemahkan dalam bahasa Inggris atau bahasa pengantar program studi yang dipilih (tips: gunakan penerjemah resmi), tanpa disertifikasi. Dokumen format bahasa asli dan terjemahan harus disertakan.
  • Surat rekomendasi (HANYA 2 buah) dari pihak yang memahami pengalaman profesional (kerja) pelamar. Format surat rekomendasi lihat di sistem pendaftaran online.
  • Surat penerimaan universitas (Letter of Acceptance atau LoA). Untuk program studi yang hanya mengeluarkan LoA di luar batas pendaftaran beasiswa ini, baca ketentuan khususnya di Application Guidelines.
  • Paspor atau dokumen identitas resmi lainnya (setelah lolos seleksi).
  • Surat keterangan sehat (setelah lolos seleksi).

Proses Pendaftaran

Pendaftaran kategori Preferred Programs merupakan proses paralel dimana peserta harus mendaftar pada satu atau lebih program studi dan mendaftar untuk beasiswa ini. Seluruh proses pendaftaran beasiswa ini harus melalui sistem aplikasi online. Pengiriman lewat fax, email, atau pos TIDAK AKAN DITERIMA. Pelamar TIDAK BOLEH mengirim lebih dari satu aplikasi beasiswa. Proses pendaftaran beasiswa hanya melalui APPLY JJ/WGSP (Preferred Programs). Panduan pendaftaran:

Application Guidelines

Accessing your online application

Navigating your online application

Batas pendaftaran tanggal 23 Februari 2017 pada tengah hari menurut Washington D.C. Time (Eastern Standar Time).

Kontak dan informasi selengkapnya terkait beasiswa penuh S2 ini lihat di World Bank Scholarships Program (JJ/WBGSP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *