Beasiswa Penuh S2 di Swedia SISS Banyak Jurusan Deadline 15 Januari 2018

By | November 1, 2017

Sebuah lembaga Pemerintah Swedia, Swedish Institute menawarkan program Swedish Institute Study Scholarship (SISS). Beasiswa penuh S2 di Swedia ini meliputi biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi, dan lain-lain.

Detail Program

Beasiswa SISS dibuka untuk program master penuh waktu yang dimulai pada Musim Gugur 2018. Beasiswa tersebut akan diberikan kepada 180 kandidat terpilih.

Program Studi

Tersedia sekitar 550 program studi S2 di berbagai perguruan tinggi Swedia yang bekerja sama dengan skema beasiswa ini. Namun, daftar program studi tersebut baru akan diumumkan pada 1 Desember 2017. Pantau terus website resminya di https://si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-study-scholarships/.

Komponen dan Nilai Beasiswa

Beasiswa penuh S2 di Swedia ini mencakup:

Kriteria Penerimaan

Pelamar beasiswa SISS harus memenuhi kriteria berikut.

  • Memiliki pengalaman kerja minimal 3.000 jam (kerja penuh waktu, paruh waktu, pekerjaan tetap, relawan, magang digaji atau tidak digaji, dan/atau jabatan kepercayaan misalnya ketua himpunan atau senat mahasiswa), sebelum 1 Februari 2018. Cara menghitung jam kerja tersebut lihat di https://si.se/en/apply/siss-who-can-apply/#exceptions.
  • Memiliki pengalaman kepemimpinan dari pekerjaan, kerja sosial/relawan, dan/atau magang setelah lulus SMA.
  • Memenuhi proses pendaftaran kuliah sesuai dengan program studi yang dituju dan harus diterima sebagai mahasiswa master pada 6 April 2018.
  • Warga Negara sasaran (termasuk Indonesia).

Berkas Persyaratan

Pendaftaran beasiswa SISS merupakan paket yang terpisah dari proses pendaftaran kuliah ke universitas tujuan. Berkas pendaftaran kuliah cek di website masing-masing perguruan tinggi dan program master yang Anda pilih. Berikut ini berkas khusus beasiswa SISS yang dibuat sesuai dengan format baku dan dalam bahasa Inggris.

Baca Juga :  Beasiswa Al Azhar Academy untuk Kursus di Kampung Inggris Deadline 5 Juli 2017
  • Motivation Letter (format surat tersedia mulai Januari 2018).
  • Curriculum Vitae (unduh Europass Format), maksimal tiga halaman.
  • 2 buah Surat Rekomendasi di bidang akademik, pekerjaan, magang, kerja sosial, atau organisasi mahasiswa untuk surat pertama. Surat Rekomendasi kedua berkaitan dengan keterlibatan pelamar di organisasi masyarakat di luar pekerjaan regular. Surat Rekomendasi harus ditanda-tangani dan distempel.
  • Bukti pengalaman kerja dan kepemimpinan.
  • Kopian paspor (halaman data dan foto diri).

CATATAN: pelajari ketentuan lebih lengkap untuk setiap berkas persyaratan di https://si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-study-scholarships/.

Proses Pendaftaran

Bagi yang ingin melamar beasiswa penuh S2 di Swedia ini, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Mendaftar ke program master yang bekerja sama (maksimal 4 program) di sepaling lambat 15 Januari 2018.
  2. Pelamar mendapat nomor pendaftaran (7 digit) yang akan digunakan untuk mendaftar ke SISS.
  3. Membayar biaya pendaftaran kuliah (bukan pendaftaran beasiswa SIIS) dan mengunggah dokumen yang disyaratkan sepaling lambat 1 Februari 2018.
  4. Mendaftar serta memenuhi proses dan berkas persyaratan beasiswa SISS, pada tanggal 2 – 9 Februari 2018 pukul 24.00 CET, melalui https://si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-study-scholarships/.

Info dari idbeasiswa ini sifatnya masih umum. Pelajari informasi selengkapnya di website resmi: https://si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-study-scholarships/.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *