Beasiswa Penuh ke Jepang yang Buka Tiap Tahun Diploma, S1, S2, S3, Pelatihan, Dll

By | January 17, 2018

Setiap info beasiswa ke Jepang yang di-posting idbeasiswa.com pasti menuai share berlimpah. Ini menunjukkan, minat anak Indonesia untuk studi ke Negeri Matahari Terbit itu cukup tinggi. Info-info beasiswa Jepang bahkan sering di-share ratusan kali, tidak seperti info beasiswa luar negeri lainnya. Nah, supaya bisa siap-siap dari jauh hari, kali ini mimin bagikan daftar beasiswa penuh ke Jepang yang buka tiap tahun.

BEASISWA MONBUKAGAKUSHO ATAU MEXT

Rata-rata mereka yang punya mimpi besar kuliah di Jepang pasti tahu beasiswa monbukagakusho atau MEXT yang didanai oleh Pemerintah Jepang. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, biaya penerbangan, dan komponen lainnya sesuai dengan jenis program.

Macam-macam beasiswa Pemerintah Jepang tersebut:

  • Research Student (S2, S3).
  • GAKUBU/Undergraduate (S1).
  • SENSHU/Specialized Training College (D2).
  • KOSEN/College of Technology (D3).
  • Teacher Training (untuk guru).
  • Japanese Studies (untuk mahasiswa S1 Sastra Jepang atau Pendidikan Bahasa Jepang).

Masa pendaftaran program gelar diploma dan S1 biasanya Mei sampai pertengah Juni. Masa pendaftaran program S2, S3, dari awal april sampai awal Mei. Masa pendaftaran program non-gelar (Teacher Training dan Japanese Studies) pada awal Desember sampai dengan akhir Januari.

Pendafarannya secara online dan via pos, dimana, pelamar harus mengirimkan berkas ke Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Apa saja dokumen yang harus disiapkan? Cek persyaratan dan cara pendaftaran tiap jenis program di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html.

BEASISWA ASIAN DEVELOPMENT BANK/JAPAN SCHOLARSHIP PROGRAM

Beasiswa ADB/JSP juga cukup bergengsi dan menawarkan fasilitas menarik untuk studi pascasarjana (S2 dan S3) di Jepang. Komponen beasiswanya mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, rumah, buku, asuransi, penerbangan, dan lain-lain.

Ada 150 program pascasarjana yang ditawarkan ADB/JSP untuk studi di bidang ekonomi, manajemen, sains, teknologi, dan bidang studi lainnya yang berhubungan dengan pembangunan. Menariknya, beasiswa ini tidak hanya digunakan untuk kuliah ke Jepang tapi juga negara lainnya seperti Australia, India, Cina, Filipina, Thailand, Pakistan, New Zealand, Singapura, dan Amerika Serikat.

Baca Juga :  Beasiswa Fulbright S2 Amerika (Beasiswa Penuh) Banyak Jurusan Deadline 1 Februari 2018

Syarat umum pelamar beasiswa ADB atau JSP ini:

  • Berusia maksimal 35 tahun.
  • Kesehatan baik.
  • Telah lulus sarjana atau yang sederajat.
  • Memiliki pencapaian akademik yang istimewa.
  • Setelah lulus, pelamar wajib kembali ke Indonesia untuk berkontribusi dalam pembangunan sosial dan ekonomi.

Program ini bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi, cek di JSP Institutions. Deadline pendaftaran berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan perguruan tinggi yang dipilih (cek batas pendaftarannya di website universitas tersebut). Berkas persyaratan dan proses pendaftaran beasiswa ADB atau JSP ini lihat di website resminya: ADB/JSP.

BEASISWA JOINT JAPAN WORLD BANK GRADUATE SCHOLARSHIP PROGRAM

Beasiswa JJ/WBGSP didanai oleh Pemerintah Jepang dan Bank Dunia. Kandidat terpilih akan mendapat biaya pendidikan, biaya hidup, biaya penerbangan, buku, dan lainnya.

Syarat umum pelamar beasiswa JJ/WBGSP ialah telah memiliki gelar sarjana atau sederajat minimal 3 tahun sebelum mendaftar beasiswa ini, memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun, dan telah diterima pada perguruan tinggi yang bekerja sama. Selain universitas di Jepang, pelamar juga bisa memilih perguruan tinggi di negara lainnya.

Batas pendaftaran beasiswa ini umumnya awal tahun (sekitar Januari dan Februari), sesuai dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Daftar universitas mitra, berkas persyaratan, dan cara pendaftaran lihat di website resmi: http://www.worldbank.org/en/programs/scholarships.

BEASISWA AJINOMOTO

Perusahaan penyedap rasa “Ajinomoto” setiap tahun memberikan beasiswa penuh kepada para pelajar Indonesia untuk kuliah S2 di Jepang. Komponennya mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, biaya penerbangan, biaya pendaftaran, dan biaya ujian.

Bidang studi yang dibuka berbeda-beda setiap tahunnya. Syarat umum  pelamar beasiswa Ajinomoto ialah telah memiliki gelar sarjana dengan IPK 3,5; usia maksimal 35 tahun; tertarik belajar bahasa dan budaya Jepang, motivasi belajar tinggi, serta sehat jasmani dan rohani.

Baca Juga :  Beasiswa Pelatihan di Filipina YSEALI Sea Camp Deadline 17 Desember 2017

Perguruan tinggi yang bekerja sama dengan beasiswa Ajinomoto setiap tahunnya berbeda. Biasanya, pendaftaran ditutup pada bulan Maret untuk kuliah di tahun selanjutnya. Misalnya, untuk kuliah tahun 2019, pelamar harus mendaftar paling lambat bulan Maret 2018. Berkas persyaratan, cara pendaftaran, dan tanggal pendaftaran lihat di website resmi: https://www.ajinomoto.co.id/beasiswa.html.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *