Beasiswa Pemerintah Italia untuk Kuliah, Pelatihan, dan Penelitian Deadline 10 Mei 2017

By | March 29, 2017

Beasiswa Pemerintah Italia melalui Ministry for Foreign Affairs and International Cooperation dibuka bagi pelamar internasional maupun warga negara Italia yang tinggal di luar. Beasiswa tersebut untuk mendanai program tahun 2017/2018. Tujuannya ialah mendorong kerja sama budaya internasional, meningkatkan pengetahuan terkait bahasa Italia, sains, dan promosi ekonomi serta sistem teknologi Italia.

Beasiswa ini menawarkan kuliah, pelatihan, dan penelitian di perguruan tinggi Italia. Berbagai institusi yang tersedia lihat di http://hubmiur.pubblica.istruzione.it/web/universita/home. Sebelum melamar, pelajari dulu informasi terkait institusi yang dituju lewat Universitaly dan Studiare in Italia. Berbagai link tersebut memberi referensi pilihan program studi, institusi pendidikan, dan persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar ke institusi (bukan pendaftaran beasiswa).

JENIS PROGRAM BEASISWA PEMERINTAH ITALIA

Ada berbagai program beasiswa yang ditawarkan, sebagai berikut.

Beasiswa 6 atau 9 Bulan.

Beasiswa diberikan mulai 1 November 2017 untuk program:

  • Second-level University Courses/Master of Science
  • Master’s Degree (First and Second Level)
  • Ph.D
  • Specialisation School (tidak termasuk program kedokteran)
  • Research Under Academic Supervision (Italian National Research Council, Higher Health Institute, atau universitas dan museum lainnya.
  • Higher Education in Arts, Music, and Dance (AFAM), Scuola Internazionale di Cremona; Scuola di Alta Formazione e Studio of the Istituto Superiore per la Conservazione ed il Restauro, dan Scuola Nazionale di Cinema. Klik AFAM untuk melihat daftar institusi yang tersedia. Pelamar harus memiliki ijazah SMA dan memenuhi persyaratan serta tes lainnya.

Beasiswa 3 Bulan

  • Beasiswa akan diberikan mulai 1 November 2017 selama tiga bulan untuk mengikuti program bahasa dan budaya Italia.

Beasiswa 1 Bulan

  • Diberikan selama satu bulan dari 1 November 2017 untuk guru bahasa Italia mengikuti program pelatihan atau refresher.

Penerima Beasiswa Pemerintah Italia tidak dikenai biaya pendaftaran dan biaya pendidikan. Namun, pembebasan ini tidak berlaku di beberapa universitas.

Baca Juga :  Kepanikan Peserta Beasiswa LPDP yang Harus Kamu Antisipasi - Part 1

Pembebasan tersebut juga tidak berlaku untuk program bahasa dan budaya Italia tingkat lanjut, serta pelatihan atau refresher bagi guru bahasa Italia.  Beswan juga memperoleh asuransi kesehatan dan kecelakaan selama periode beasiswa.

Pemegang beasiswa memperoleh tunjangan triwulan yang dikirim lewat bank Italia atas nama beswan. Beberapa universitas telah bekerja sama untuk memberi uang bulanan pada penerima beasiswa ini. Daftar universitas tersebut lihat di Call For Applicants .pdf.

KRITERIA PENERIMAAN

Pelamar yang memenuhi kriteria berikut akan dipertimbangkan sebagai penerima Beasiswa Pemerintah Italia ini.

  • Memenuhi kualifikasi yang disyaratkan institusi yang dipilih pelamar.
  • Berusia 18 – 36 tahun terhitung sampai dengan batas pendaftaran beasiswa ini.
  • Bagi pelamar PhD dari tahun pertama, berusia maksimal 33 tahun terhitung sampai batas pendaftaran beasiswa ini.
  • Pelamar program pelatihan atau program guru bahasa Italia berusia 18 – 45 tahun saat batas pengajuan proposal.
  • Bagi yang mengambil program berbahasa Inggris penuh, tidak perlu mengirim sertifikat kemampuan berbahasa Italia.
  • Bagi yang mengambil program bahasa dan budaya Italia, harus mengirim sertifikat Level A2 berdasarkan Common European Framework of Reference for Language (CEFR). Untuk program lainnya, tingkat kemampuan bahasa Italia mulai dari Level A2 berdasarkan

PROSES PENDAFTARAN

Proses pendaftaran dilakukan secara online lewat halaman Italian Government Scholarship for Foreign and IRE Students à Apply on-line. Pelamar harus registrasi dengan membuat username dan password , kemudian mengakses formulir pendaftaran. Sebelum mengirim aplikasi, unggah halaman pertama paspor yang memuat foto dan data pribadi, format JPG atau PDF maksimal 250 Kb.

Batas pendaftaran tanggal 10 Mei 2017 (pukul 23.59 waktu Italia). Sebelum mendaftar, pelajari informasi selengkapnya di Italian Government Scholarship for Foreign and IRE Students, Call For Applicants .pdf. , dan Applicant Guidelines pdf.

Baca Juga :  Beasiswa Penuh di Thailand untuk S2 dan S3 dari TGGS Deadline Mei 2017 via Pos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *