Beasiswa Pemerintah Cina (Penuh) untuk S1, S2, S3, dll Deadline April 2017

By | March 2, 2017

Beasiswa Pemerintah Cina 2017 terdiri dari berbagai kategori. Pelamar internasional dapat mendaftar lebih dari satu jenis, namun hanya satu yang bisa diterima. China Scholarship Council, diberi mandate oleh Ministry of Education of the People’s Republic of China untuk menyelenggarakan program tersebut. Ada ratusan universitas yang bekerja sama dengan macam-macam program studi.

Jenis Beasiswa Pemerintah Cina

Ada banyak kategori yang ditawarkan, sebagai berikut.

Bilateral Program

Merupakan beasiswa yang berdasarkan perjanjian pendidikan atau consensus antara Pemerintah Cina dengan Pemerintah, institusi, universitas, atau organisasi internasional asal pelamar. Jenis ini terbuka bagi S1, S2, S3, General Scholar, dan Senior Scholar.

Chinese University Program

Beasiswa ini ialah kerja sama antara universitas di Cina dan otoritas pendidikan provinsi atau daerah otonom tertentu (di Cina). Tujuannya untuk merekrut pelajar internasional unggulan (khusus S2 dan S3).

Great Wall Program

Jenis Beasiswa Pemerintah Cina ini bekerja sama dengan United Nations Educational, Scienific, and Cultural Organization (UNESCO). Lembaga internasional tersebut mensponsori pelajar dari negara berkembang untuk studi dan meneliti di Cina (khusus untuk General Scholars dan Senior Scholars).

AUN Program

Bermitra dengan ASEAN University Network (AUN) untuk mensponsori pelajar, guru, serta scholars dari negara anggota ASEAN untuk studi di Cina. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memperluas pertukaran akademik dan kesepahaman antara Cina dan ASEAN. AUN Program hanya terbuka bagi program S2 dan S3.

WMO Program

Merupakan beasiswa parsial (sebagian), mencakup biaya pendidikan, akomodasi, dan asuransi kesehatan. Bekerja sama dengan World Meteorogical Organizaion (WMO), mensponsori  pelajar internasional (sarjana dan pascasarjana) yang ingin studi dan meneliti meteorology, hidrologi, serta pengawasan dan manajemen sumber daya air di Cina.

Baca Juga :  Beasiswa S2 Malaysia dari University of Nottingham Deadline 28 Juli dan 13 Oktober 2017

Ada dua kategori lainnya, namun tidak terbuka bagi Indonesia.

Program dan Masa Studi

Ada 279 institusi pendidikan Cina yang jadi mitra beasiswa ini. Daftarnya lihat di http://www.csc.edu.cn/laihua atau http://www.campuschina.org. Masa studi S1 4 – 5 tahun, S2 1 – 2 tahun, S3 3 – 4 tahun, General Scholars dan Senior Scholars maksimal 1 tahun.

Mahasiswa S1 hanya bisa mengambil program berbahasa Cina dan menjalani persiapan bahasa selama 1 – 2 tahun. Pengecualian lihat di Chinese Government Scholarship 2017.

Pascasarjana dan program non-gelar bisa mengambil program studi berbahasa Cina atau berbahasa Inggris selama 1 – 2 tahun (General dan Senior Scholars maksimal 1 tahun). Beswan yang kemampuan bahasanya masih kurang, harus mengikuti persiapan bahasa Cina.

Cakupan dan Nilai Beasiswa

Pada beberapa kategori, Beasiswa Pemerintah Cina bersifat penuh mencakup tunjangan biaya pendidikan (tuition fee), biaya administrasi, kegiatan mahasiswa, akomodasi, biaya hidup, dan asuransi kesehatan.

Nilai masing-masing tunjangan biaya studi sesuai kategori jurusan, dan ketentuan biaya hidup lihat di  Chinese Government Scholarship 2017. Adapun beasiswa parsial mencakup sebagian dari item di atas.

Berkas Persyaratan

Syarat khusus lihat pada masin-masing program studi yang dilamar. Secara umum, berkas persyaratan sebagai berikut.

  • Formulir Pendaftaran Chinese Government Scholarship.
  • Ijazah terakhir (dinotrasikan)
  • Transkrip akademik
  • Rencana studi atau Proposal Penelitian
  • Surat rekomendasi
  • Bagi yang berusia kurang dari 18 tahun, melampirkan dokumen dari wali yang sah di Cina.
  • Bagi yang akan tinggal lebih dari 6 bulan, melampirkan kopian Foreigner Phsyical Examination Form (masa berlaku 6 bulan).
  • Pre-admission Letter / Admission Letter (jika ada).
  • Pelamar yang memiliki Sertifikat HSK harus melampirkan kopiannya.

Seluruh berkas tidak akan dikembalikan.

Proses Pendaftaran

Ada dua cara mendaftara Beasiswa Pemerintah Cina. Anda bisa mengirimkan berkas langsung ke universitas mitra yang Anda pilih.  Alternatif lain, melalui institusi yang berwenang, daftarnya lihat di Chinese Government Scholarship Application.

Baca Juga :  Apa Perlu Menerjemahkan Ijazah untuk Beasiswa Luar Negeri?

Pelamar diharapkan berkonsultasi dulu dengan pihak penerima berkas pendaftaran (institusi yang berwenang)  terkait syarat yang lebih detail dan batas pendaftaran. Kemudian, pelamar menghubungi universitas tujuan dengan rekomendasi dari instusi yang berwenang tersebut, untuk memproses Pre-admission Letter.

Lalu, registrasi dan mengirim aplikasi lewat CSC Online Application System for International Student.  Kemudian, prin da nisi hard copy formulir pendaftaran Beasiswa Pemerintah Cina. Selanjutnya, pelamar mengirim berkas ke institusi yang berwenang.

Batas pendaftaran beragam sesuai dengan institusi yang berwenang dan universitas tujuan. Rentang batas pendaftaran Januari – April 2017.

Informasi selengkapnya lihat di Chinese Government Scholarship 2017. Pelajari proses pendaftaran di Chinese Government Scholarship Application.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *