Beasiswa Pelajar SMA (Penuh) untuk Pelatihan ke Singapura dan Malaysia Deadline 31 Maret 2017

By | March 28, 2017

Beasiswa pelajar SMA atau sederajat tersedia untuk mengikuti Chili Padi Academy, sebuah pelatihan di Singapura dan Malaysia. Peserta dari Indonesia juga akan bertemu dengan peserta dua negara tersebut. Sasaran program ini ialah pelajar berusia 16 – 19 tahun, yang akan dibiayai (termasuk tiket penerbangan) untuk mengikuti Chili Padi Academy.

DETAIL PROGRAM

Chili Padi Academy adalah program yang mendorong pendidikan dan kepemimpinan di bidang lingkungan. Pada tahap pertama, peserta mengunjungi Organisasi Non-Pemerintah (NGO) di Singapura. Dalam tahap tersebut, peserta belajar tentang isu lingkungan serta bagaimana menciptakan perspektif dan perubahan yang berarti dan berkelanjutan.

Setelah itu, peserta diajak mengusulkan solusi inovatif dalam meningkatkan perlindungan lingkungan di daerah asal mereka. Kemudian, peserta mulai melaksanakan proyek (usulan mereka tadi) selama 3 bulan. Pada tahap ini, peserta akan dibimbing oleh pembina dari bidang industri dan alumni Chili Padi Academy.

Puncaknya ialah konferensi Together-Gather  di Malaysia. Kegiatan tersebut mengevaluasi pencapaian dan hasil belajar peserta.  Berikut jadwal dan rangkaian Chili Padi Academy 2017 yang harus diikuti seluruh peserta.

8 – 13 Mei 2017

Accelerator Programme: program selama satu minggu di Singapura. Peserta menjalani pelatihan kepemimpinan, self-discovery, serta pembelajaran berbasis masalah lingkungan.

4 Mei – 10 Agustus 2017

Home-Run: menerapkan proyek di negara asalnya.

11 – 13 Agustus 2017

Together-Gather Malaysia: Evaluasi proyek dan kegiatan kebudayaan di Kuala Lumpur.

CAKUPAN DAN NILAI BEASISWA

Akan dipilih 5 peserta dari setiap negara untuk mengikuti Chili Padi Academy. Peserta tidak perlu membayar untuk program ini. Tiket penerbangan, transportasi, akomodasi (tempat tinggal), makanan, fasilitas, dan peralatan pelatihan selama di Singapura dan Kuala Lumpur (Accelerator Programmed an Together-Gather) sepenuhnya ditanggung oleh penyelenggara. Peserta hanya perlu menyiapkan biaya makanan pribadi.

Baca Juga :  Beasiswa L’Oreal INSEAD untuk MBA Deadline 8 Mei dan 19 Juni 2017

KRITERIA PENERIMAAN

Pelamar akan dipertimbangkan jika memenuhi kriteria awal berikut ini.

  • Warga Negara Indonesia, Singapura, atau Malaysia berusia 16 – 19 tahun saat 2017.
  • Merupakan pelajar SMA atau sederajat di negara tersebut.
  • Lancar berbahasa Inggris.
  • Dapat mengikuti seluruh rangkaian program dari bulan Mei – Agustus 2017.
  • Memiliki passion (minat) terhadap tantangan lingkungan dan membuat perubahan di masyarakat sekitarnya.
  • Memiliki kemampuan kepemimpinan dan terlibat dalam kegiatan masyarakat/komunitas.
  • Berminat untuk terhubung dengan anak muda dari negara lainnya.

PROSES PENDAFTARAN

Proses pendaftaran beasiswa pelajar SMA untuk Chili Padi Academy sangat mudah karena dilakukan secara online. Pelamar pun hanya perlu menjawab pertanyaan yang diajukan, tanpa menyiapkan berkas-berkas.

Pendaftaran bisa dilakukan lewat Apply Now – Chili Padi Academy.  Batas pendaftaran sampai tanggal 31 Maret 2017. Sebelum mendaftar, pelamar diharapkan mempelajari informasi selengkapnya di FAQ dan website sumber: Chili Padi Academy.


3 thoughts on “Beasiswa Pelajar SMA (Penuh) untuk Pelatihan ke Singapura dan Malaysia Deadline 31 Maret 2017

  1. Yetty

    Apakah ada syarat khusus..spt nilai rapor, jurusan di SMA (IPA/IPS)?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *