Beasiswa Oxford University FULL yang Buka Tiap Tahun S1, S2, S3, Penelitian

By | January 22, 2018

Siapa yang tidak mau kuliah gratis di universitas bergengsi dunia, University of Oxford?  Tenang, ada banyak jalan meraih kesempatan emas itu. Berikut ini mimin bagikan daftar beasiswa Oxford full yang buka tiap tahun S1, S2, S3, Penelitian. Tentunya, yang boleh dilamar pelajar dari Indonesia.

BEASISWA REACH OXFORD

Bgai yang mengincar kuliah S1 di University of Oxford, coba deh program Reach Oxford Scholarships. Beasiswa tersebut mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya penerbangan.

Program Studi

Beasiswa Oxford ini berlaku untuk semua jurusan di University of Oxford, kecuali bidang Kedokteran. Daftar selengkapnya lihat di Course Listing – Reach Oxford.

Persyaratan

Sasaran Reach Oxford Scholarship adalah pelajar yang tidak bisa melanjutkan kuliah di negara mereka karena alasan politik, keuangan, atau tidak ada fasilitas pendidikan yang memadai.

Proses seleksinya berdasarkan kemampuan akadamik, kebutuhan finansial, dan komitmen sosial. Pelamar harus mau kembali ke negara asalnya setelah kuliah selesai dan belum pernah menempuh pendidikan sarjana sebelum mendaftar ke beasiswa Oxford ini.

Proses Pendaftaran

Supaya bisa mendaftar ke program Reach Oxford Scholarship, pelamar harus mendaftar kuliah dulu ke University of Oxford. Pendaftaran kuliah di Inggris terpusat di sistem UCAS.

Pelamar harus mendaftar ke UCAS paling lambat pada bulan Oktober (tanggalnya spesifiknya pantau di website resmi). Jika sudah diterima sebagai mahasiswa University of Oxford, pelamar bisa mendaftar ke Reach Oxford Scholarships.

Pendaftaran beasiswa tersebut biasanya dibuka bulan Januari dan ditutup pada pertengahan Februari. Info versi bahasa Indonesia dari idbeasiswa.co lihat di Beasiswa Reach Oxford. Cek informasi selengkapnya di website resmi Reach Oxford Scholarships.

BEASISWA OXFORD DARI CLARENDON FUND

Beasiswa Clarendon berlaku untuk seluruh program studi S2 di University of Oxford. Pelamar juga bisa memilih program DPhil (S3). Clarendon Fund Scholarship berupa biaya pendidikan 100% dan biaya hidup.

Baca Juga :  Beasiswa S1 di Singapura (Beasiswa Penuh) Semua Jurusan Deadline 15 Maret 2018

Program Studi

Beasiswa tersebut dibuka untuk banyak pilihan program studi yang terbagi dalam kelompok bidang seni budaya, sains, kedokteran, sosial, dan lain-lain. Daftar selengkapnya cek di Course Page – Clarendon Fund.

Persyaratan

Kriteria seleksi Clarendon Fund Scholarship berbeda-beda, tergantung program studi yang dituju. Secara umum, seleksi berdasarkan kriteria:

  • Prestasi akademik, setara dengan level First Class Honours (IPK minimal 3,7), atau prestasi akademik yang unggul di jenjang master.
  • Bakat terkait program studi yang dituju (dilihat dari rekomendasi, proposal riset, dan kontribusi signifikan terhadap bidang studi yang diambil).
  • Motivasi, yaitu komitmen terhadap bidang studi yang diambil, dievaluasi dari Personal Statement dan Surat Rekomendasi.

Proses Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa Clarendon Fund TIDAK TERPISAH dari proses pendaftaran kuliah ke Oxford University, sehingga tidak ada berkas pendaftaran khusus.

Pelamar hanya perlu mengirim berkas pendaftaran pada bulan Januari. Tanggal spesifiknya berbeda tergantung program studi yang dipilih.

Info versi bahasa Indonesia dari idbeasiswa.com lihat di: Beasiswa Clarendon Fund Oxford. Info selengkapnya lihat di http://www.ox.ac.uk/clarendon.

LOUIS DREYFUS-WEIDENFELD AND HOFFMANN SCHOLARSHIP AND LEADERSHIP PROGRAMME

Komponen beasiswa Weidenfeld-Hoffman berupa biaya pendidikan 100% (universities & collede fees) plus biaya hidup minimal 14.553 pond. Ada banyak sekali progra master (S2) yang bisa dipilih pelamar beasiswa ini.

Program Studi

Pada tahun 2018/2019, beasiswa oxford ini berlaku untuk 28 program master dari berbagai kelompok bidang, baik ilmu alam maupun sosial. Daftar selengkapnya lihat di Beasiswa Weidenfeld-Hoffman.

Persyaratan

Agar bisa dipertimbangkan sebagai penerima beasiswa ini pelamar harus memenuhi kriteria berikut.

  • Bersedia kembali ke negara asalnya setelah lulus.
  • Dapat menunjukkan hubungan antara program studi yang diambil, rencana karir janga panjang, dan menjelasan bagaimana pekerjaan profesional Anda berkontribusi terhadap kemajuan masyarakat di negara asal Anda atau pada skala regional/internasional.
Baca Juga :  Beasiswa Penuh di Amerika S2, S3, dan Postdoc dari AAUW Deadline 1 Desember 2017

Proses Pendaftaran

Untuk mendaftar ke beasiswa ini, pelamar harus memenuhi persyaratan dan prosedur pendaftaran sesuai dengan program master yang dipilih. Cek infonya pada website masing-masing program master yang dituju.

Pada Graduate Application Form, pilih Weidenfeld-Hoffman Scholarships and Leadership Programme. Bersamaan dengan formulir tersebut, unggah Weidenfeld-Hoffmann Scholarships Statement 18/19 yang telah dilengkapi.

Kirimkan berkas pendaftaran pada bulan Januari (tanggal spesifiknya lihat di program master yang dipilih). Pelajari info selengkapnya di Oxford-Weidenfeld and Hoffmann Scholarships and Leadership Programme.

BEASISWA OXFORD DARI PERSHING SQUARE FOUNDATION

Beasiswa Oxford satu ini menawarkan program 1+1 MBA, dimana, pelamar dapat memilih satu program master di bidang lain sekaligus memilih program MBA yang bekerja sama. Komponen beasiswa tersebut mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, dan bimbingan khusus dari Pershing Squre Foundation.

Program Studi

Pelamar boleh memilih satu program master di bidang pemerintahan, kriminologi, komputer, pendidikan, kebijakan sosial, sosiologi, sejarah, musik, kedokteran, antropologi, geografi, dan lain-lain. Daftar sekolah/departemen yang bekerja sama lihat di: Beasiswa Pershing Square Foundation.

Adapun daftar program MBA yang bisa dipilih lihat di Oxford MBA. Terkait jurusan yang tersedia, deskripsi, dan deadline pada setiap departemen program master lihat di Partnering Masters.

Persyaratan

Pelamar harus bisa memenuhi persyaratan dari program MBA dan program master yang dipilih kemudian mendaftar ke dua program tersebut. Kandidat harus sudah memiliki gelar sarjana, IPK minimal 3,5, pengalaman kerja minimal 2 tahun, skor GMAT/GRE 650, dan skor TOEFL iBT 110 (listening 22, reading 24, writing 24, dan speaking 25); atau IELTS 7,5 (sub-skor 7,0).

Proses Pendaftaran

Pelamar harus mengiri formulir yang berbeda-beda, memenuhi berkas persyaratan program master dan program MBA yang dipilih, serta mengirimkan beberapa esai. Cek daftar berkasnya di: Beasiswa Pershing Square Foundation.

Baca Juga :  Langkah-Langkah Menulis Motivation Letter

Pendaftaran dilakukan lewat sistem online. Batas pendaftaran program master berbeda-beda pada bulan Januari dan Maret 2018. Namun, jika ingin mendapat beasiswa tersebut sejak tahun pertama studi di 1+1 MBA, pelamar harus mendaftar pada bulan Januari.

Batas pendaftaran program MBA khusus jalur Oxford Pershing Square Scholarship hanya berlaku pada bulan Januari dan Maret 2018. Cek informasi selengkapnya di website resmi: Pershing Square Foundation Scholarships, Oxford.

THOMSON REUTERS FOUNDATION FELLOWSHIPS

Bagi yang berminat di bidang jurnalistik, beasiswa Oxford ini cocok untuk meraih impian di kampus bergengsi dunia. Beasiswa jurnalistik ini berupa biaya program, biaya hidup, seminar, kunjungan lapangan, dan berbagai fasilitas lainnya.

Bidang Studi

Reuters Institute menawarkan Thomson Reuters Foundation Fellowships di University of Oxford untuk jurnalis yang ingin melakukan penelitian di berbagai bidang. Namun, prioritas diberikan untuk bidang jurnalisme dan demokrasi, bisnis jurnalisme, praktik jurnalisme, dan kebijakan media. Penjelasan detail setiap bidang lihat di website resmi.

Persyaratan

Beasiswa tersebut ditujukan kepada jurnalis yang termasuk ke dalam tahap mid-career, berasal dari negara manapun, dan sudah memiliki pengalaman minimal lima tahun. Tidak harus jurnalis tetap, jurnalis lepas juga boleh melamar.

Ada beberapa dokumen pendaftaran yang harus disiapkan seperti CV, Personal Statement, Surat Rekomendasi, Sertifikat IELTS/TOEFL, dan contoh karya. Pendaftarannya melalui sistem online pada  bulan Januari.

Jika berminat, pelajar informasi selengkapnya di website resmi: https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/fellowships/journalism-fellowship. Idbeasiswa.com juga sudah menulis versi bahasa Indonesia di: Beasiswa Reuters Institute.

Oke, itu tadi beasiswa Oxford full yang buka tiap tahun S1, S2, S3, Penelitian. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *