Beasiswa ke Belanda untuk Pelatihan PNS

By | December 23, 2015

Beasiswa ke Belanda satu ini memberi kesempatan pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang seringkali berhadapan dengan tantangan sulit. Mereka harus menyelesaikan masalah kesejahteraan, pelayanan publik, pengangguran, kerusakan lingkungan, dan lain-lain.

The Huge Academy menawarkan kesempatan pada PNS yang ingin memberi pelayanan lebih baik pada masyarakatnya, dengan meningkatkan skill. Institusi tersebut ingin menambah pengetahuan pesertanya terkait manajemen air dan limbah, pengembangan ekonomi lokal, pelayanan kota, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat, desentralisasi fiscal dan pajak daerah, perubahan iklim, integritas, dan anti-korupsi.

PERSYARATAN:

  1. PNS di salah satu negara terdaftar (termasuk Indonesia).
  2. Usia maksimal 37 tahun.
  3. Telah bekerja sebagai PNS minimal 2 tahun dan berkomitmen untuk meneruskannya hingga setidaknya 2 tahun lagi.
  4. Berbicara dan memahami bahasa Inggris dengan baik.
  5. Memiliki kemampuan menulis dan berbicara untuk menyampaikan motivasi serta keterkaitan (relevansi) Anda dengan program yang dipilih.
  6. Mampu mengidentifikasi isu atau proyek berdasarkan kejadian nyata terkait program pelatihan yang Anda pilih. Isu atau proyek tersebut akan Anda tulis dalam Back Home Action Plan saat menjalani pelatihan nanti.
  7. Telah memiliki surat keterangan dukungan dari atasan Anda untuk berpartisipasi dalam pelatihan ini dan untuk mengimplementasikan “Back Home Action Plan” tersebut ketika pulang ke tanah air.

PILIHAN PROGRAM

Setiap peserta memilih satu di antara program berikut.

  1. Citizen Participation & Inclusive Governance yang akan dilaksanakan pada 23 May – 10 Juni 2016.
  2. Local Economic Development yang akan dilaksanakan pada 19 September – 7 Oktober 2016.
  3. Local Service Delivery yang akan dilaksanakan pada 3 – 21 Oktober 2016.

KOMPONEN PELATIHAN

Pada setiap program, peserta akan memperoleh empat hal ini:

1. Pelatihan berbasis internasional di The Huge Academy for Local Governance

Baca Juga :  Beasiswa S2 di Swiss dari EPFL Banyak Jurusan Deadline 15 Januari dan April 2018

Peserta akan dibimbing oleh praktisi internasional, workshop, kunjungan ke lapangan, diskusi, bermain peran, dan game. Bersama peserta lain yang datang dari berbagai negara, peserta memperoleh referensi program yang dapat diterapkan di tanah air.

2. Magang selama seminggu di pemerintah kota di Belanda

Ini adalah kesempatan untuk mempelajari organisasi pemerintahan Belanda dan mendapat jaringan darinya.

3. Aktivitas Networking

Pelatihan ini memberi ruang komunikasi dengan PNS dari berbagai negara. Dengan sistem media sosial yang dibentuk penyelenggara, Anda bisa tetap menjaga hubungan setelah pulang ke tanah air. Dari situ, Anda bisa melihat perkembangan implementasi proyek para peserta.

4. Back Home Action Plan

Pada formulir pendaftaran, Anda diminta untuk menjabarkan kasus (isu atau proyek) yang terkait pekerjaan Anda, dan ingin Anda pelajari lebih dalam di pelatihan ini.

Selama training, Anda akan belajar metode, pendekatan, dan best practice (contoh program yang telah berhasil), dan lain-lain. Pada pelatihan ini Anda akan menemukan jawaban atas persoalan yang dihadapi (tentang isu atau proyek tadi). Dalam “Back Home Action Plan” peserta juga menjabarkan bagaimana membagi pengetahuan yang telah mereka dapat dari pelatihan ini kepada rekan di tanah air.

PERATURAN

Mohon download dan baca Rules and Regulations Talent for Governance 2016 sebelum melakukan pendaftaran. Dokumen tersebut berisi informasi penting terkait prosedur pendaftaran, akomodasi, tunjangan, dan kriteria seleksi.

PERATURAN UMUM

  1. Hanya pelamar yang mendaftar online yang akan diterima.
  2. Tahap pertama, kelengkapan administrasi pelamar akan dinilai.
  3. Satu bulan setelah batas tanggal pendaftaran, Talent for Governance hanya akan menghubungi peserta yang diterima ke tahap selanjutnya.
  4. Panitia menilai dari relevansi, kelengkapan, motivasi, kelayakan, serta keterkaitan kasus (isu atau proyek) dengan rencana diseminasi (proses penyebaran inovasi yang terarah).
  5. Peserta akan dihubungi via telepon untuk mengevaluasi kemampuannya dalam berbahasa Inggris dan untuk menggali informasi lebih jauh.
  6. Setelah terpilih, peserta akan diminta pernyataannya terkait kontribusi untuk partisipasinya dalam program ini.
Baca Juga :  Beasiswa Pelatihan di Jepang dari IMF Deadline 9 November 2017

Dalam waktu enam minggu sejak dihubungi Talent for Governance, ada tiga kemungkinan:

  1. Anda terpilih untuk mengikuti program.
  2. Anda diperhitungkan untuk terpilih (peserta alternatif). Ini karena, dana pelatihan bergantung pada jumlah dari donator. Jika dana yang terkumpul mencukupi, peserta yang masuk kategori kedua ini bisa terpilih mengikuti program.
  3. Anda tidak terpilih namun bukan berarti Anda tidak layak. Skor Anda hanya lebih rendah dari peserta lainnya.

PENDAFTARAN

Proses pendaftaran yang diterima hanya melalui laman Online Application Form ini. Ingat, jangan sampai mendaftar dari laman The Hague Academy. Batas pendaftaran tanggal 29 Januari 2016.


One thought on “Beasiswa ke Belanda untuk Pelatihan PNS

  1. Neny

    Apakah ada beasiswa yang serupa di bidang lingkungan hidup dan kehutanan pada tahun 2018 ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *