Beasiswa Dataprint untuk Pelajar SMP, SMA, D3, D4, dan S1 Deadline 20 Juni 2017

By | March 26, 2017

Beasiswa Dataprint merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Dataprint. Program yang dilaksanakan sejak tahun 2011 ini telah sukses dan memasuki tahun ketujuh. Sasarannya ialah para pelajar sekolah dan mahasiswa yang menggunakan produk Dataprint.

Menariknya, tidak ada sistem kuota menurut daerah asal, sekolah, atau kampus. Bantuan finansial tersebut diharapkan bisa meringankan beban biaya pendidikan dan meningkatkan semangat penerima beasiswa agar lebih berprestasi.

Cakupan dan Nilai Beasiswa Dataprint

Tahun ini, Beasiswa Dataprint akan diberikan kepada 400 kandidat terpilih. Nilainya cukup besar, terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Rp 400.000, Rp 600.000, dan Rp 1.000.000. Seleksi berdasarkan esai, prestasi, dan keaktifan peserta.

Selain itu, ada 5 orang yang akan terpilih untuk mendapat hadiah khusus. Seleksi berdasarkan siapa yang paling banyak memberi rekomendasi program ini kepada kenalannya. Nama dan asal sekolah/perguruan tinggi peserta sebagai pemberi rekomendasi harus tercantum pada formulir pendaftaran kenalannya tersebut.

Beasiswa Dataprint bukan bersifat beasiswa bulanan. Beasiswa hanya diberikan satu kali dan ditransfer lewat Bank BCA.

Persyaratan Beasiswa Dataprint

Berikut syarat-syarat umum yang harus dipenuh pelamar beasiswa dataprint.

  • Berstatus pelajar SMP/SMA atau mahasiswa aktif D3/D4/S1.
  • Aktif dalam kegiatan atau organisasi sekolah atau perguruan tinggi.
  • Tidak terlibat narkoba atau tidak pernah melakukan tindak criminal.
  • Bukan penerima beasiswa dari perusahaan lain. Bagi yang menerima beasiswa dari pihak perguruan tinggi masih boleh mendaftar Beasiswa Dataprint.
  • Penerima beasiswa periode 2 pada tahun 2016 tidak boleh menerima beasiswa periode 1 tahun 2017.
  • Persyaratan ini tidak wajib tapi akan menambah penilaian. Peserta menulis informasi terkait Beasiswa Dataprint (bukan bersifat esai) di blog, forum, atau media sosial yang menyertakan link beasiswadataprint.com dan www.dataprint.co.id. Pastikan akun media sosial dapat dilihat oleh publik (tidak di-privat) sehingga panitia bisa memverifikasi. Lalu, cantumkan link informasi Beasiswa Dataprint yang dibagikan tersebut ke kolom URL Blog di Formulir Pendaftaran.
Baca Juga :  Beasiswa Konferensi Internasional APIPEC di Surakarta Deadline 31 Juli 2017

Peserta yang gagal pada periode 1, masih bisa mendaftar untuk periode 2. Namun, peserta yang sudah lolos pada periode genap tidak boleh menjadi penerima beasiswa pada periode ganjil, dan berlaku sebaliknya.

Proses Pendaftaran Beasiswa Dataprint

Proses pendaftaran Beasiswa Dataprint tidak dipungut biaya. Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi Formulir Pendaftaran. Peserta harus mengisi NAMA LENGKAP dan data diri serta prestasi di formulir tersebut.

Selain itu, peserta diminta mengisi nomor kupon yang ada di dalam produk Dataprint. Nomor tersebut hanya bisa dipakai untuk satu kali registrasi. Kupon asli harus disimpan untuk verifikasi jika peserta lolos sebagai penerima beasiswa.

Kode kupon yang masih berlaku pada tahun 2016, masih bisa dipakai untuk pendaftaran periode 1 tahun 2017. Bagi yang ingin cepat mendaftar beasiswa ini namun belum mendapat kupon asli, ada KODE KUPON PROMO (bersifat sementara) tiap bulan pada tanggal tertentu. Apabila peserta lolos sebagai penerima beasiswa, harus menyertakan KODE KUPON ASLI produk Dataprint dan fotokopi rapor terakhir atau IPK terakhir.

Peserta juga harus menulis karya tulis atau esai asli karya sendiri yang merupakan opini pribadi. Tema sesuai jenjang pendidikan sebagai berikut.

Pelajar SMP/SMA

“Mempersiapkan SDM untuk Masa Depan Indonesia”.

Mahasiswa D3/D4/S1

“Menjadi Kreatif dalam Pendidikan yang Modern”.

Ide peserta dituangkan semenarik mungkin dengan penulisan dan atat bahasa yang sesuai dengan kaidah Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Panjang tulisan paling sedikit 100 kata, maksimal 500 kata. Seluruh kutipan dan data harus disertai dengan sumber atau link.

Periode pendaftaran ke-1 tanggal 14 Januari sampai 20 Junir 2017. Pemenang akan diumumkan tanggal 12 Juli 2017.

Periode pendaftaran ke-2 tanggal 15 Juli sampai 21 Desember 2017. Pemenang periode 2 diumumkan tanggal 5 Januari 2018.

Baca Juga :  Beasiswa Universitas Al Azhar Indonesia untuk Calon Mahasiswa Baru Deadline 29 April 2017

Panitia tidak akan menghubungi peserta yang lolos maupun yang tidak lolos. Penerima beasiswa akan diumumkan lewat www.dataprint.co.id, www.facebook.com/dataprintindonesia, atau instagram @dataprintindonesia.  Kontak dan informasi selengkapnya lihat di http://beasiswadataprint.com/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *