Beasiswa Calon Mahasiswa Universitas Surabaya 2017/2018 untuk D3 dan S1

By | April 13, 2017

Ada banyak pilihan beasiswa calon mahasiswa baru dari Universitas Surabaya (Ubaya) Tahun Akdemik 2017/2018. Jenis-jenis beasiswanya tidak hanya untuk prestasi akademik, tetapi ada juga yang khusus prestasi olahraga, seni, kemampuan ekonomi, dan lain-lain.

Tidak tanggung-tanggung ada 10 macam beasiswa yang ditawarkan. Pembebasan komponen biaya bagi penerima beasiswa bisa mencapai 100%.

Pengalaman Ubaya dalam pendidikan tinggi sudah cukup banyak karena berdiri sejak tahun 1968. Pada tahun 2015, Ubaya telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT. Sementara itu, 10 jenis beasiswa calon mahasiswa Ubaya berlaku pada program sarjana Fakultas Farmasi, Hukum, Bisnis dan Ekonomika, Psikologi, Teknik, Teknobiologi, Industri Kreatif, dan program diploma (D3) Politeknik Ubaya.

Berikut ini macam-macam beasiswa calon mahasiswa yang ditawarkan Ubaya serta persyaratannya. Bagi yang ingin mendaftar, harap juga memperhatikan persyaratan lain sesuai jalur masuk dan program studi masing-masing.

Beasiswa Prestasi Olahraga dan Seni

Beasiswa ini berlaku bagi yang mendaftar lewat Jalur Tanpa Tes (JPMK) dan Jalur Tes Potensi Akademik (TPA). Kategori seni yang dicari ialah paduan suara, sedangkan olahraga pada bidang basket, wushu, renang, bridge, dan futsal.

Penerima beasiswa ini mendapat pembebasan UPS 20 – 80% kategori 1 atau UPP 20 – 70% pada semester pertama. Pelamar harus mengajukan surat permohonan dan melampirkan fotokopi sertifikat lomba. Informasi selengkapnya lihat di Beasiswa Ubaya (zip).

Beasiswa Sosial Ekonomi

Bagi yang ingin mendapat beasiswa ini harus mendaftar lewat Jalur Tanpa Tes (JPMK) dan Jalur Tes Potensi Akademik (TPA). Sasarannya ialah pelajar dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi tinggi.

Beswan akan dibebaskan dari biaya USP Kategori I sebanyak 50 – 100% atau UPP 50 – 100% selama masa studi normal. Berikut berkas persyaratan beasiswa sosial ekonomi:

  • Surat permohonan.
  • Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan yang disahkan oleh camat.
  • Fotokopi KSK, rekening air, listrik dan PBB.
  • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.
  • Fotokopi rapor kelas X dan XI yang sudah dilegalisir.
  • Klik Beasiswa Ubaya (zip) untuk info selengkapnya.
Baca Juga :  Beasiswa Penuh Calon PNS Ikatan Dinas STIS 2017/2018 (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Beasiswa Prestasi Lomba Akademik

Kategori ini untuk pemenang lomba bidang studi karya ilmiah. Pemegang Juara Tingkat Internasional dan Nasional (OSN/sederajat) dibebaskan 100% dari USP dan UPP selama masa studi normal.

Bagi yangJuara Tingkat Provinsi mendapat pembebasan 100% USP dan 60% UPP sselama masa studi normal. Untuk Juara Tingkat Kabupaten/Kota akan dibebaskan dari USP kategori I dan UPP masing-masing sebanyak 50% selama masa studi normal.

Syaratnya, pelamar mengajukan surat permohonan dan melampirkan fotokopi sertifikat pemenang lomba. Beasiswa ini berlaku untuk Jalur Tanpa Tes (JPMK) dan Jalur Tes Potensi Akademik (TPA). Informasi selengkapnya lihat di Beasiswa Ubaya (zip).

Beasiswa Prestasi Lomba Akaemik Ubaya

Berbeda dengan beasiswa di atas, Ubaya memberi penghargaan bagi pemenang lomba akademik. Untuk peraih Juara 1 dibebaskan dari USP, Juara 2 mendapat potongan UPS 50% kategori 1 dan 75% untuk Juara 3.

Syaratnya ialah mengajukan surat permohonan dan melampirkan fotokopi sertifikat pemenang lomba. Informasi selengkapnya lihat di Beasiswa Ubaya (zip).

Beasiswa Prof. MR. R. Boedisoesetya

Pendaftar yang mendapat nilai tertinggi di atas standar Ubaya pada Jalur Tes Potensi Akademik akan mendapat beasiswa kategori ini. Kandidat terpilih dibebaskan dari USP dan 50% UPP selama masa studi normal. Skor tes belaku pada program studi pilihan pertama. Informasi selengkapnya lihat di Beasiswa Ubaya (zip).

Beasiswa Prestasi Tes Potensi Akademik

Beasiswa ini berupa potongan USP dan UPP masing-masing 60% yang diberikan pada semester pertama. Beasiswa tersebut akan diberikan kepada peraih nilai tertinggi ke-2 sampai 30 pada Jalur Tes Potensi Akademik.

Selain itu, ini juga berlaku bagi peraih 10% peringkat tertinggi dari semua pendaftar tes tiap periode. Informasi selengkapnya lihat di Beasiswa Ubaya (zip).

Baca Juga :  Beasiswa Menulis Makalah Peace and Tolerance Deadline 31 Desember 2017

Beasiswa Prestasi Akademik SMA

Ketegori ini berlaku untuk lulusan SMA tahun 2017 yang masuk peringkat 10 besar di kelasnya, atau memiliki nilai rapor rata-rata minimal 80,00. Ketentuan ini diambil dari 3 semester terbaik dari kelas X dan XI.

Kandidat terpilih mendapat potongan USP (kategori tertentu) dan UPP masing-masing sebanyak 20 – 60%. Syaratnya ialah surat permohonan dan fotokopi rapor yang telah dilegalisir. Beasiswa ini berlaku untuk Jalur Tanpa Tes (JPMK) dan Jalur Tes Potensi Akademik (TPA).  Informasi selengkapnya lihat di Beasiswa Ubaya (zip).

Beasiswa Program Internasional

Khusus Jalur Tes Potensi Akdemik, ada beasiswa bagi pelamar yang memiliki prestasi akademik dan mendaftar pada program internasional. Beswan dibebaskan dari USP dan cukup membayar 75% UPP selama masa studi normal. Informasi selengkapnya lihat di Beasiswa Ubaya (zip).

Beasiswa Keluarga Besar Ubaya

Beasiswa jenis ini memberi potongan USP dan UPP masing-masing 30% selama masa studi normal untuk mahasiswa yang memiliki hubungan keluarga kandung (kakek, nenek, orang tua, dan saudara) atau pernikahan (suami/istri) dengan alumni Ubaya. Syaratnya, pendaftar mengajukan surat permohonan, dan melampirkan fotokopi KTP, KSK, dan Ijazah Ubaya.

Bagi yang memiliki kakak mahasiswa aktif di Ubaya mendapat pembebasan USP 30% dan UPP 40% selama masa studi normal. Syaratnya, peserta membuat surat permohonan disertai fotokoppi KTP, KSK, KTM Ubaya, transkrip nilai dan kartu studi semester akhir.

Beasiswa ini berlaku pada Jalur Tanpa Tes (JPMK) dan Jalur Tes Potensi Akademik (TPA). Informasi selengkapnya lihat di Beasiswa Ubaya (zip).

Beasiswa Anak Guru

Bagi anak kandung  guru dari SMA yang memiliki kerja sama dengan Ubaya, ada peluang beasiswa berupa potongan UPP selama masa studi normal. Besarnya sesuai dengan masa pengabdian orang tua di sekolah (SMA), minimal 6 tahun sebagai guru tetap. Berkas persyaratannya, yaitu:

  • Surat permohonan.
  • Surat keterangan dari kepala sekolah tempat guru SMA bekerja.
  • Fotokopi SK pengangkatan guru tetap di SMA.
  • Fotokopi KSK dan Akte Kelahiran siswa/i.
Baca Juga :  Info Beasiswa BUTIK dari CIMB Niaga 2015

Berlaku pada Jalur Tanpa Tes (JPMK) dan Jalur Tes Potensi Akademik (TPA). Informasi selengkapnya lihat di Beasiswa Ubaya (zip).

CATATAN:

Pengajuan beasiswa bersamaan dengan Formulir Pendaftaran. Berkas persyaratan beasiswa dimasukkan ke dalam amplop terpisah. Informasi terkait pendaftaran Ubaya lihat di https://daftar.ubaya.ac.id/. Gelombang III dibuka sampai tanggal 28 April 2017.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *