Beasiswa Calon Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara 2017/2018 untuk Lulusan SMA Sederajat

By | April 16, 2017

Universitas Multimedia Nusantara adalah perguruan tinggi yang didirikan oleh Kompas Gramedia. Universitas tersebut menawarkan beasiswa calon mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018 kepada lulusan SMA atau sederajat.

Meski baru mendapat izin berdiri tahun 2005, Universitas Multimedia Nusantara sudah mendapat Akreditas A dari BAN-PT pada tahun 2016. Kurikulum perguruan tinggi tersebut berorientasi pada Information and Communication Technology (ICT) yang banyak diperlukan oleh perusahaan berbasis ICT.

Ada 4 fakultas yang membawahi 12 jurusan di Universitas Multimedia Nusantara. Program tersebut meliputi Fakultas TI, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, serta Fakultas Seni dan Desain. Selain itu, ada juga program internasional dan D3 Perhotelan.

Universitas Multimedia Nusantara menawarkan 4 jenis beasiswa calon mahasiswa baru, sebagai berikut.

Beasiswa Prestasi Akademik

Beasiswa ini berlaku bagi lulusan tahun 2017 dari SMA atau sederjata yang terakreditasi A. Beasiswa tersebut berupa potongan uang pangkal sampai 100%. Besarannya disesuaikan dengan peringkat tingkat jurusan/sekolah atau peringkat kelas yang didapat siswa/i saat kelas XI, semester 2.

Peringkat 1 dan 2 tingkat jurusan atau sekolah mendapat potongan 100%. Bagi peringkat 3, 4, dan 5 mendapat potongan 75%. Peringkat 6 – 10 ada potongan 60%.

Bagi yang ranking 1 dan 2 di kelas, uang pangkal dipotong 50%. Peraih ranking 3, 4, dan 5 di kelas mendapat potongan uang pangkal 30%.

Pendaftar harus memperhatikan mata pelajaran utama yang dinilai pada jurusan yang dipilih. Syaratnya ialah mengisi formulir pendaftaan online dan melampirkan fotokopi rapor kelas X dan XI atau dari semester 1 – 4, serta Surat Keterangan Peringkat Kelas XI Semester 2 dari Kepala Sekolah.

Beasiswa Bidang Olahraga dan Kesenian

Ada potongan uang pangkal bagi pemenang lomba minimal Juara III Tingkat Provinsi di bidang olahraga dan seni. Lomba yang dimenangkan bisa berupa perorangan maupun kelompok. Berikut persyaratannya:

  • Mengisi formulir pendaftaran online
  • Fotokopi rapor kelas X sampai XII (semester 1).
  • Fotokopi Kartu Pelajar atau KTP sebanyak 1 lembar.
  • Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar.
  • Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  • Fotokopi Sertifikat Kejuaraan.
  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
Baca Juga :  Beasiswa Mizan 2017 untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Selain itu, lihat juga persyaratan yang berlaku pada jurusan yang dipilih.

Beasiswa Olimpiade Sains

Kategori ini berlaku bagi lulusan SMA atau sederajat tahun 2017 dari sekolah yang terakreditasi A. Pendaftar merupakan peserta OSN wakil  provinsi tahun 2014, 2015, dan 2016 pada mata pelajaran Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, dan Komputer.

Seluruh pendaftar pada jalur Beasiswa Olimpiade Sains diterima tanpa tes. Ada potongan uang pangkal mulai dari  50 – 100% dan pembebasan uang kuliah sebanyak 1 semester sampai 8 semester bagi peraih beasiswa ini. Nilai dan komponen beasiswa tergantung medali yang diperoleh. Peserta OSN yang tidak mendapat medali tetap boleh mendaftar dan akan diberi beasiswa.

Peserta harus mengisi Formulir Pendaftaran online  dan mengirimkan dokumen-dokumen berikut lewat email ke: [email protected] atau lewat fax ke (021) 5422 0800.

  • Fotokopi rapor kelas X, XI, dan XII (semester 1).
  • Fotokopi Kartu Pelajar atau KTP sebanyak 1 lembar.
  • Fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 1 lembar.
  • Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  • Fotokopi sertifikat bukti peserta atau kejuaraan di OSN sebanyak 1 lembar.
  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar.

Beasiswa Anak Guru atau Kepala Sekolah

Universitas Multimedia Nusantara memberi potongan uang pangkal sebanyak 50% untuk anak guru atau kepala sekolah. Masa bakti orang tua (atau salah satunya) minimal 5 tahun dan masih aktif. Pendaftar perlu melampirkan Surat Pengangkatan atau Penugasan dari Yayasan atau Dinas Pendidikan.

Beasiswa Anak Staf atau Karyawan Sekolah

Ada potongan sebanyak 30% bagi anak staf atau karyawan sekolah yang mendaftar di Universitas Multimedia Nusantara. Orang tua bekarja di SMA/SMK Negeri atau Swasta, dibuktikan dengan Surat Pengangkatan atau Penugasan dari sekolah.

Pelamar beasiswa anak guru/kepala sekolah atau staf/karyawan sekolah juga harus memenuhi syarat berikut.

  • Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Fotokopi rapor kelas X dan XI.
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat Pengankatan atau Penugasan orang tua.
Baca Juga :  Beasiswa Tugas Akhir dan Biaya Belajar untuk Mahasiswa Diploma Sampai S3 dari Pemerintah Kota Bontang

Perhatikan jadwal perimaan pada masing-masing kategori beasiswa. Pendaftaran Tes Beasiswa Universitas Multimedia Nusantara sudah dibuka. Tes akan dilaksanakan tanggal 6 Mei 2017, bertempat di Kampus Universitas Multimedia Nusantara.Langkah-langkah pendaftaran online lihat di Prosedur Pendaftaran Online. Informasi selengkapinya cek di website sumber: http://umn.ac.id/.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *