Beasiswa Calon Mahasiswa Baru Universitas Islam Indonesia 2017/2018

By | April 5, 2017

Ada banyak pilihan beasiswa calon mahasiswa baru dari Universitas Islam Indonesia Tahun Akademik 2017/2018. Jenis-jenis beasiswa bisa disesuaikan dengan potensi yang kamu punya.

Tak perlu ragu memilih UII karena merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berkualitas. Ini terbukti dengan Akreditasi “A” yang diperoleh universitas tersebut dari BAN-PT pada tahun 2013. Skor UII juga menempati urutan tertinggi di antara PTS se-Indonesia.

Pada tahun 2016, Kemenristekdikti memberikan peringkat pertama kepada UII sebagai PTS yang memiliki kinerja penelitian terbaik se-Indonesia. Prestasinya juga mencapai tingkat internasional dengan Tiga Bintang QS Stars dari Quacquarelli Symonds.

PROGRAM STUDI DIPLOMA DAN SARJANA UII

Ini dia 8 fakultas UII yang mewadahi macam-macam minat studi.

  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ilmu Agama Islam
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
  • Fakultas Teknologi Industri

Dari seluruh fakultas tersebut, ada 4 program D3 dan 28 program studi S1. Untuk mengecek jurusan di tiap fakultas, klik Program Pendidikan UII.

JENIS-JENIS BEASISWA CALON MAHASISWA BARU UII

Ada banyak skema beasiswa calon mahasiswa baru UII yang bisa disesuaikan dengan potensi kamu, sebagai berikut.

Beasiswa Duafa

Sasaran beasiswa ini ialah pelajar yang memiliki prestasi akademik tinggi namun terhalang masalah ekonomi dalam melanjutkan kuliah. Penerimanya tidak perlu membayar biaya SPP dan sumbangan dana Catur Dharma selama 4 tahun atau 8 semester.

Syarat umumnya, peserta memiliki nilai rapor rata-rata minimal 8,5 (atau 3,40 untuk kurikullum 2013) pada semester 1 sampai 5 di sekolahnya. Peserta harus masuk ranking 10 besar dari semester 1 sampai 5 tersebut. Persyaratan selengkapnya lihat di Penelusuran Siswa Berprestasi UII.

Baca Juga :  Beasiswa Universitas Al Azhar Indonesia untuk Calon Mahasiswa Baru Deadline 29 April 2017

PENTING: pendaftaran Beasiswa Duafa hanya bisa dilakukan lewat jalur Pendaftaran Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB) pada periode IV. Jadwal pendaftaran PSB lihat di Penelusuran Siswa Berprestasi UII.

Beasiswa Hafiz Alquran

Bagi penghafal Alquran yang berasal dari keluarga kurang mampu berkesempatan mendapat beasiswa ini. Ada dua kategori yang tersedia, yaitu Beasiswa Hafiz Alquran 30 Juz dan Beasiswa Hafiz Alquran 20 Juz.

Penerima beasiswa tersebut dibebaskan dari biaya studi, sumbangan Catur Dharma, dan biaya KKN. Menariknya, pemegang  Beasiswa Hafiz Alquran 30 Juz juga mendapat biaya hidup Rp 450 ribu per bulan. Penerima bisa menikmati fasilitas ini selama 8 semester untuk S1 dan 6 semester untuk D3.

Peserta yang ingin mendapat beasiswa ini harus lolos seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII lewat jalur PHA, CBT, PBT, atau PSB. Selain itu, peserta juga harus mengajukan permohonan tertulis dan lulus seleksi hafalan dari Tim Penguji UII.

Periode seleksi sepanjang Desember 2016 sampai Agustus 2017. Informasi selengkap-lengkapnya lihat di Beasiswa Hafiz Alquran UII.

Beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII

Beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa baru UII yang juga ingin mendaftar ke Pondok Pesantren UII. Peserta yang diterima pada Fakultas Kedokteran mendapat pembebasan biaya pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren UII. Selain bebas dari biaya tersebut, peserta dari fakultas lainnya juga bebas dari uang kuliah, Catur Dharma, dan lain-lain.

Peserta harus sudah lolos seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII lewat CBT, PBT, PSB, atau PHA dan mendapat SK Rektor. Selain itu, pelamar juga harus mengisi Formulir Pendaftaran Pndok Pesantren UII, mendapat Surat Rekomendasi dari tokoh pesantren setempat, dan mengirim esai karya sendiri bertema “Sukses Terbesar dalam Hidupku” dan “Peranku untuk Agama dan Masyarakat”.

Baca Juga :  Beasiswa Bahasa Korea di Korea (Beasiswa Penuh) Deadline 31 Agustus 2017

Nilai rata-rata rapor minimal 8,5 saat kelas XII dan nilai UAN minimal 7. Peserta juga harus bisa berbahasa Arab dan Inggris. Berkas persyaratan lainnya lihat di Beasiswa Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII. Seleksi dilaksanakan sepanjang bulan April sampai Juli 2017.

Beasiswa Bidik Misi UII

Ini merupakan beasiswa calon mahasiswa baru dari pemerintah untuk lulusan SMA/Sederajat tahun 2016 dan 2017. Penerima beasiswa berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi namun berprestasi secara akademik.

Penerima beasiswa bidik misi memperoleh bantuan biaya pendaftaran, biaya masuk ke universitas, biaya pendidikan, biaya hidup, biaya kedatangan, dan lain-lain. Bantuan diberikan selama durasi studi 8 semester untuk S1 dan 6 semester untuk D3.

Beasiswa bidik misi berlaku bagi yang memenuhi kriteria kemampuan ekonomi, yaitu pemegang Kartu Pengaman Sosial, atau Beasiswa Siswa Miskin, atau yang sejenisnya. Kriteria lainnya ialah pendapatan kotor kedua orang tua atau wali jika dijumlahkan maksimal Rp 3 juta per bulan. Atau, pendapatan kedua orang tua atau wali jika dibagi jumlah anggota keluarga hasilnya maksimal Rp 750 ribu per bulan.

Pelamar bidik misi harus melewati serangkaian proses pendaftaran dan seleksi dari pemerintah dan pihak UII. Bagi yang berminat, pelajari informasi selengkap-lengkapnya di Beasiswa Bidik Misi UII.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *