Beasiswa Amerika untuk Lulusan SMA, Diploma, dan S1, Deadline 25 November 2016

By | October 27, 2016

The Community College Initiative (CCI) Program dibentuk untuk mengembangkan hubungan antara masyarakat Amerika Serikat dan Indonesia. Program CCI disponsori oleh U.S. Departement of State, Bereau of Educational and Cultural Affairs. Beasiswa Amerika ini menawarkan program belajar di Amerika Serikat yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan teknis peserta pada bidang dipilih, meningkatan kapabilitas kepemimpinan mereka, dan memperkuat kemampuan bahasa Inggris mereka. Beasiswa Amerika ini sekaligus menyediakan kesempatan magang profesional, Kuliah Kerja Nyata, dan community engagement. Peserta dapat memperoleh sertifikat akademik pada bidang studi mereka dan memperoleh pengalaman praktik secara langsung melalui program magang. Setelah menjalani seluruh rangkaian program, peserta dapat kembali ke negara asalnya dengan kemampuan lebih untuk membantuk mereka dalam berkontribusi pada perkembangan ekonomi negara mereka.

Program studi yang tersedia pada beasiswa Amerika ini mencakup pertanian, rekayasa terapan (teknik), administrasi dan manajemen bisnis, pendidikan usia dini, teknologi informasi, media, keamanan publik, manajemen pariwisata dan hospitality. (Bidang studi yang lebih spesifik dapat dilihat pada formulir aplikasi program CCI).

Kriteria Peserta:

Untuk melamar program ini, peserta harus:

  1. Merupakan warga negara Indonesia
  2. Telah lulus dari sekolah menengah tingkat atas (SMA/SMK/MA). Prioritas ditujukan pada lulusan perguruan tinggi, yaitu peserta pemegang sertifikat program studi selama satu atau dua tahun (D1/D2). Selain itu, lulusan D3 juga termasuk ke dalam kriteria program ini. Peserta dengan gelar Sarjana (S1) dapat memenuhi kriteria apabila melamar pada bidang studi yang berbeda dari bidang studi saat program sarjananya, dan memiliki pengalaman bekerja pada bidang yang didaftarkan.
  3. Menunjukkan kemampuan percakapan dan menulis dalam bahasa Inggris yang ditunjukkan dengan standar skor TOEFL atau ITP TOEFL 450, atau IELTS 5.5, atau IBT TOEFL 47, yang telah diperoleh kurang dari dua tahun lalu. Wawancara oleh Native English Speaker dan panelis dari Indonesia akan mengonfirmasi kemampuan peserta.
  4. Memiliki pengalaman terbatas atau tidak ada sama sekali di Amerika Serikat atau di luar negara asal mereka.
  5. Mengajukan formulir aplikasi lengkap.
  6. Berkomitmen untuk kembali ke Indonesia setelah menjalani seluruh rangkaian program.
  7. Berusia lebih dari 18 tahun.
Baca Juga :  Beasiswa S3 di London Deadline 18 Januari 2017

Peserta yang termasuk ke dalam poin-poin di bawah ini tidak dapat diterima dalam program CCI:

  1.  Mahasiswa yang sedang atau telah lulus program Master of Arts (MA) dan Doctor of Philosophy (PhD).
  2. Warga negara Amerika Serikat dan pemegang ijin tinggal permanen di Amerika Serikat.
  3. Telah mengikuti program pertukaran yang disponsori atau didanai oleh pemerintah Amerika Serikat selama periode yang lebih dari enam minggu, dan tidak memenuhi persyaratan tinggal selama dua tahun pada saat aplikasi program CCI.
  4. Alumni program CCI.
  5. Telah mengajukan ijin tinggal permanen di Amerika Serikat.
  6. Pekerja Amerika Serikat yang bertuguas di luar negeri U.S Departement of State dan atau U.S. Agency for International Development (USAID). Pekerja yang belum melalui satu tahun setelah pemutusan hubunagn kerja juga tidak memenuhi kriteria dalam program ini.
  7. Anggota keluarga dekat kedutaan Amerika Serikat dan karyawan AMINEF.
  8. Pernah terlibat dalam kasus kriminal (kecuali pelanggaran lalu lintas ringan).

Rincian Program

Program CCI akan menyediakan dana pulang-pergi,  biaya hidup selama menjalankan komponen program bahasa Inggris, akademik, dan magang, biaya administrasi pendidikan, asuransi kesehatan, dan kegiatan kebudayaan. Peserta akan dipilih secara selektif oleh perguruan tinggi dalam program ini. Peserta harus kembali ke negara asalnya setelah menjalani rangkaian program ini dan selama empat tahun tidak boleh ditransfer ke institusi pendidikan di Amerika Serikat.

Proses Aplikasi

Kandidat harus mengakses dan melengkapi aplikasi di sini. Berikut kelengkapan aplikasi lainnya.

  1. Mengisi formulir aplikasi.
  2. Kopian bukti skor TOEFL/IELTS yang diperoleh kurang dari dua tahun lalu.
  3. Kopian ijazah dan transkrip nilai (termasuk terjemahan bahasa Inggris-nya).
  4. Kopian kartu identitas (KTP atau paspor).
  5. Surat Keterangan Bekerja dari atasan/supervisor atau HR dalam bahasa Indonesia.
Baca Juga :  4 Hal yang Harus Dihindari dalam Menulis Personal Statement

Mohon diperhatikan bahwa program ini tidak menerima aplikasi via email. Aplikasi dan dokumen pendukung harus dikirim langsung ke American Indonesian Exchange Program (AMINEF) pada alamat berikut ini.

Intiland Tower, Lantai 11

Jalan Jenderal Sudirman 32

Jakarta 10220

Batas penerimaan aplikasi pada tanggal 25 November 2016. Informasi selengkapnya di laman Program CCI.

Kontak 

Pertanyaan terait proses aplikasi dapat melalui email:

[email protected].

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *