Apa Syarat Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi 2017 ?

By | December 27, 2016

Persyaratan untuk mendaftar tahun 2016 adalah sebagai berikut:

  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016;
  2. Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    a. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    b. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
    1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    3) Seleksi Mandiri PTN
    b. Politeknik, UT, dan ISI
    c. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk
Baca Juga :  Beasiswa Pelatihan dan Konferensi (Fully Funded) CTASV di Bandung dan Bogor Deadline 19 Juli 2017

27 thoughts on “Apa Syarat Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi 2017 ?

    1. juan

      Saya mau tanya kan saya lulusan 2016 mau ikut bidikmisi 2017 bisa tidak ?
      Kalau bisa bagaimana cara mendaftr nya ?
      Apakah harus mempuanyai kode yang di berikan sekolah

      Reply
  1. Asyroqi Noerik

    Jika anak perangkat desa mendaftar bidikmisi bagaimana,penghasilan ortu d total kurang dari 3 juta?

    Reply
  2. Asri

    Masih bingung tata cara mendaftar. Masalah rekomendasi dari sekolah dll belum ada informasi lengkap.

    Reply
    1. aslah

      Kl mau petunjuk teknisnya aq punya sob. Silahkn inbox [email protected]

      Reply
    2. aslah

      Saya punya ptunjuk tenisnya. Silahkan inbox k [email protected]

      Reply
  3. wahyu

    mendaftarnya dimana dan diserahkan ke siapa kalau sudah selesai semua persyaratan??
    mohon infonya

    Reply
  4. iis

    kalau aku lulusan tahun lalu, bisa ngak daftar bidik misi tanpa rekomendasi sekolah?

    Reply
  5. Dita Yunita

    “Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah;”
    Maksudnya ini kepala sekolah waktu SMA ya? Jadi yg angkatan 2015 dan masuk di universitas tahun 2015 harus menghadap ke kepala sekolah waktu SMA-nya begitu?

    Reply
  6. Hamal

    Lulusan tahun 2016, kalo mau ikut bidikmisi 2017 pendaftaran lebih baik lewat sekolah/ bisa sendiri?

    Reply
  7. Saham Zebua

    Apakah untuk mendapat bidikmisi cuman melihat dari pendapatan orang tua saja, atau juga ikut dilihat dari kondisi rumah?

    Reply
  8. Uswatun Nurhasanah

    Kalo misalkan lulusnya tahun ini, bukan tahun 2016 gimana?

    Reply
  9. rifki septiansyah

    kalo gak punya/bukan ”penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya” gmna ?

    Reply
  10. ahmad rizki

    Aku lulusan 2014, tapi aku sangat butuh beasiswa bidikmisinya karena yang mencari nafkah d keluarga kami cuma mama saya, dan pendapatan cmann 600.000/bulan. Aku kuliah dengan bekerja sambil kuliah. Mohon bantuannya

    Reply
  11. putri mulia sari

    semester 6 gabisa lagi nerima bidikmisi? hiks hiks butuh banget padahal. bidikmisi sekarang banyak di berikan justru kpd masyarakat yg tergolong mampu . jadi saran saya harus lebih selektif agar bisa fi manfaatkan untuk adyarakat yg benar2 tidak mampu.

    Reply
  12. wahyu

    asalamualaikum kak ,, syarat untuk pendaftara S2 bidik misi apa-apa saja..? dan daftar universitas apa saja yang bisa di daftar..?

    Reply
  13. Leo Iqbal

    Katanya nilai minimal seluruh mata pelajaran harus B yah… ? / Nggak boleh ada yang C. Itu bener gak sih ?

    Reply
  14. ferawati J.N.R.Ali

    bagaimana dengan bidik misi pengganti di tahun 2017 ?

    Reply
  15. Fauziah

    Lulusan 2016, kali mau ikut Bidikmisi. Pendaftaran baik lwat sekolah / bsa sndri?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *