Apa Itu Master by Research?

By | November 10, 2016

Ada berbagai jenis program S2 atau master di negara tertentu. Jenis studi master di negara berbahasa Inggris terdiri dari master by coursework (taught), master by professional, dan master by research.

Tiga jenis program tersebut dirancang untuk dunia karir yang berbeda-beda. Karena itu, jangan sampai salah pilih. Pikirkan karir seperti apa yang diinginkan dan mana program master yang sesuai.

Master by research disebut juga master of research atau research master (bagi yang mahir bahasa Inggris pasti paham). Secara garis besar, master by research adalah program S2 yang masa studinya didominasi oleh penelitian. Master by research termasuk ke dalam jenis advanced master.

Tujuan Program

Master berdasarkan riset bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menuju jenjang doktoral (S3). Pendidikan S2 tingkat ini bisa jadi gambaran bagaimana dunia studi doktoral atau PhD.

Namun, tidak selamanya begitu. Program tersebut juga ditempuh mereka yang bekerja di sektor komersial namun fokus di bidang penelitian dan tidak wajib memiliki gelar doktor. Master by research merupakan pilihan tepat bagi yang perlu pengembangan skill dalam penelitian.

Fungsi lainnya, gelar master by research diperoleh mahasiswa doktoral yang tidak memenuhi periode studi mereka namun telah membuat disertasi dan melaksanakan sesi pengajaran yang termasuk dalam kriteria program S2 tersebut. Bagi mahasiswa PhD, level gelarnya tentu turun ke tingkat MPhil.

Dunia Perkuliahan

Tentu berbeda dengan perkuliahan S2 biasa yang selama ini kita kenal atau master by taught, dimana banyak sesi kelas yang harus kita hadiri kemudian harus mengerjakan tesis. Pada master berbasis riset, porsi untuk penelitian lebih besar (sekitar 70%) baik berupa disertasi/tesis atau jenis proyek lainnya, seperti penulisan kreatif, visual arts, atau pertunjukan pada bidang seni.

Baca Juga :  Tips Mencari Informasi Beasiswa

Fokus penelitian harus disetujui oleh pembimbing. Pada jenjang master berbasis riset, mahasiswa akan belajar mengevaluasi berbagai metode penelitian.

Sesi dalam kelas pada program ini lebih sedikit, itupun berkaitan dengan materi yang berhubungan dengan penelitian. Misalnya, metode penelitian, etika penelitian, penulisan proposal, membuat pengajuan biaya penelitian, penerbitan riset, dan lain-lain. Beberapa universitas mensyaratkan ujian lisan untuk kelulusan program master by research.

Gelar yang Diperoleh

Ada tambahan “Res” untuk lulusan master by research, seperti Master Arts by Research (MARes) dan Master of Science by Research (MScRes). Masa studinya berbeda-beda, dari satu tahun, satu setengah tahun, sampai dua tahun. Ada juga yang sifatnya full time atau part time.

Universitas yang Berlaku

Master by research ada di negara-negara berbahasa Inggris. Universitas yang memiliki program tersebut contohnya University College London, University of Machester, dan University of Lverpool. Jenis jenjang S2 tersebut juga ada di Australia, contohnya Macquarie University, Western Sydney University, dan Uversity of New South Wales. Beberapa universitas menyediakan format MRes yang sama dengan MSc, sehingga sebelum mendaftar, pelajari dulu seperti apa perkuliahan yang akan dijalani.

Syarat Penerimaan

Masing-masing universitas dan program studinya memiliki kriteria penerimaan yang berbeda. Pada umumnya, selain lulusan S2 by coursework, lulusan S1 bisa diterima tetapi ada syarat nilai akademik. Ada pula syarat latar belakang dari kemampuan profesional yang dianggap memenuhi kualifikasi untuk master by research.

Prospek Karir

Master by research dapat jadi pendukung bagi mereka yang bekerja di sektor komersial atau pemerintahan namun fokus pada bidang penelitian. Tidak menutup kemungkinan banyak juga dunia kerja lainnya yang perlu skill lulusan master berbasis riset. Contoh prospek karirnya antara lain:

Baca Juga :  Pertanyaan Tentang Budaya Pelamar Saat Wawancara Beasiswa

Industri dan Bisnis

Sebagai asisten peneliti, penerbitan, riset konsumen, riset sosial, pemasaran, dan sumber daya manusia.

Organisasi Non-Profit

Pengembangan, riset sosial, dan pengembangan kebijakan.

Pemerintahan

Analisis dan pengembangan kebijakan dan riset sosial.

Akademisi

Asisten peneliti dan pengajar/dosen.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *