Apa Itu Letter of Acceptance (LoA)?

By | December 24, 2015

Letter of acceptance (LoA) jadi salah satu syarat untuk mendaftar beberapa beasiswa. Ada yang mewajibkan, ada pula yang optional. LoA berbeda dengan surat kesediaan membimbing dari professor.

LoA adalah

Jika diartikan, seperti namanya, LoA atau acceptance letter adalah surat penerimaan. Dokumen ini secara resmi menandakan seseorang telah diterima sebagai mahasiswa universitas tertentu. Surat tersebut dikeluarkan oleh kampus yang dituju.

Cara Mendapat LoA

LoA bisa didapat jika pendaftar memenuhi syarat penerimaan di suatu universitas. So, kalau ingin memperolehnya, cek dulu website kampus tujuan, cermati apa saja syaratnya, lengkapi, lalu mendaftar. Tiap institusi punya aturan masing-masing.

Jenis-Jenis LoA

Sudah mendapat LoA bukan berarti pasti diterima karena surat ini ada berbagai jenis.

Full acceptance letter 

Surat inilah yang menyatakan pendaftar sudah pasti diterima. Dokumen tersebut bisa juga disertai lampiran terkait tahap lanjutan seperti asuransi, visa, akomodasi, dan lain-lain. Full LoA disebut juga unconditional LoA.

Conditional acceptance letter

Jika mendapat surat ini, berarti pendaftar belum sepenuhnya diterima karena masih ada syarat yang harus dipenuhi. Contohnya, nilai kemampuan bahasa pelamar belum memenuhi standar universitas tersebut.

Pendaftar baru bisa diterima secara penuh setelah memenuhi syarat tersebut. Jika sudah melengkapinya, full LoA akan dikirim.

Mencari Contoh

Sampel dokumen tersebut dapat ditemukan dari berbagai sumber. Tinggal Googling, contohnya sudah banyak beredar, seperti milik Achmad Mardiansyah .

Letter of Offer

Istilah itu sama saja dengan letter of acceptance yang menyatakan pendaftar diterima pada program studi yang ditawarkan universitas (dimana pendaftar telah melamar jurusan tersebut).

Pada surat penerimaan bisa saja tertulis pelamar dapat menerima atau menolak tawaran tersebut. Keputusan selanjutnya tinggal dikonfirmasi dan diurus saja.

Baca Juga :  Beasiswa Penuh Australia – ASEAN Emerging Leaders Program, Deadline 11 Januari 2017

Pengiriman

Ada berbagai sistem pengiriman, online atau dikirim hardcopy-nya ke penerima, tergantung kebijakan universitas. Jika LoA baik conditional maupun uncontidional belum juga diterima (setelah menunggu dalam jangka waktu normalnya), hubungi saja pihak kampus. Kesalahan berasal dari pendaftar atau institusi tujuan.


One thought on “Apa Itu Letter of Acceptance (LoA)?

  1. Pingback: Kriteria Penilaian Beasiswa LPDP Terbongkar - IDBeasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *