Apa Itu Initial Master dan Advanced Master?

By | November 5, 2016

Ada berbagai jenis program master yang bisa ditempuh mereka yang ingin studi S2. Masing-masing disesuaikan dengan kebutuhan sehingga jangan salah pilih saat mendaftar di program master. Mengenal jenis program S2 dapat diawali dengan mengetahui alternatif gelar seperti Master of Arts, Master of Fine Arts, Master of Engineering, dan lain-lain. Gelar tersebut sesuai dengan bidang studi atau fakultas yang ditempuh mahasiswa.

Ada lagi istilah master by coursework dan master by research. Opsi pertama adalah program seperti halnya kuliah sarjana di mana ada sesi masuk kelas dan mengerjakan tesis sebagai tugas akhir. Opsi kedua, tidak ada program kelas namun mahasiwa harus  mengerjakan penilitian sesuai topik masing-masing. Ada pembimbing yang harus diajak berdiskusi, seperti halnya tesis. Sebenarnya masih banyak lagi istilah program master yang harus diketahui sebelum menentukan pilihan.

Sebenarnya ini jenis program yang kita kenal namun bisa jadi asing karena perbedaan istilah di region sebuah negara, seperti Belgia. Pada beberapa publikasi beasiswa di Belgia terdapat pilihan program atau kriteria penerimaan, apakah peserta studi di program intial master atau advanced master. Keduanya  merupakan jenjang studi S2 namun terdapat perbedaan riwayat pendidikan mahasiswa sebelumnya.

Program initial master adalah jenjang studi S2 yang baru ditempuh pertama kali oleh mahasiswa. Artinya, pendidikan terakhir peserta adalah sarjan atau S1. Program inital master bisa 1 sampai 2 tahun, atau lebih bagi bidang studi khusus. Apakah mahasiswa harus mengambil program studi yang berkaitan dengan S1-nya? Tergantung ketentuan dari tiap proses seleksi.

Program advanced master adalah jenjang S2 yang ditempuh untuk tingkat lanjut. Ini berarti mahasiswa telah lulus dari program master sebelumnya, namun mendaftar lagi pada program master lainnya. Jenjang lanjutan tersebut untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa pada level khusus. Masa studi advanced master bisa 1 atau 2 tahun. Beberapa institusi memperbolehkan lulusan sarjana (belum pernah S2) untuk mendaftar pada program jenis ini. Master tipe ini dapat berdiri sendiri atau merupakan program master terintegrasi.

Baca Juga :  Manfaat FAQ Informasi Beasiswa

Di UK, specialised atau advanced master termasuk ke dalam program berbasis kelas (perkuliahan dalam kelas). Sepertiga masa studi  ditujukan untuk mengerjakan proyek penelitian melalui disertasi.

Advanced master mirip seperti program master berbasis riset. Pada research master bisa saja ada perkuliahan dalam kelas tetapi materinya seputar metode penelitian. Program master by research ditujukan untuk menyiapkan karir penelitian mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *