8 Pertanyaan Tim Seleksi yang Harus Dijawab dalam Esai Beasiswa

By | October 14, 2015

Esai beasiswa tidak bisa diremehkan karena inilah yang disorot tim seleksi. Esai beasiswa harus meyakinkan komite beasiswa mengapa pelamar pantas menerima dana pendidikan yang sedang diajukan. Laman University of Phoenix merilis 8 pertanyaan tim seleksi yang harus dijawab dalam esai beasiswa. Daftar ini merupakan contoh yang sering ditanyakan.

Cari Dulu Berbagai Alasan Sebelum Menulis Esai Beasiswa

Berbagai penerima beasiswa menyarankan untuk menulis alasan studi, memilih negara, jurusan, universitas, dan lain-lain pada esai. Itu semua dihubungkan dengan latar belakang pendidikan dan karir masa depan, dalam sebuah benang merah.

Cari Dulu Potensi Pribadi untuk Ditulis dalam Esai Beasiswa

Sebelum menulis esai beasiswa, cari dulu potensi diri yang bisa jadi aset untuk memenangkan beasiswa. Buatlah daftar kegiatan menarik dan prestasi yang pernah diraih. Diskusikan pada kerabat dekat atau orang yang sudah berpengalaman dalam beasiswa. Daftar tersebut bisa jadi acuan dalam mencari beasiswa dan menulis esai.

Apa yang Diinginkan Tim Seleksi dalam Esai Beasiswa?

Sejatinya, esai beasiswa berisi poin-poin yang ingin diketahui tim juri tentang pelamar. Hal-hal tersebut bisa membantu tim seleksi untuk mengenal siapa diri pelamar dan seberapa kapasitasnya untuk menerima beasiswa. Tim tersebut memiliki harapan, tujuan, impian, dan passion yang juga harus ia temukan dalam esai beasiswa.

Bagaimana Menjawab Keinginan Tim Seleksi dalam Esai Beasiswa?

Hal-hal di atas perlu ditemukan lebih dulu dan dirangkai dalam esai beasiswa. Agar lebih mudah, jawab pertanyaan yang kami lansir dari University of Phoenix berikut. Masing-masing universitas bisa jadi punya pertanyaan beda, namun contoh di bawah ini adalah hal umum yang harus ada pada esai beasiswa.

  • Mengapa Anda yang seharusnya jadi penerima beasiswa?
  • Apa pengaruh latar belakang pendidikan Anda terhadap beasiswa ini jika Anda terpilih?
  • Apa rencana/tujuan pendidikan dan karir Anda?
  • Apa pengaruh gelar yang akan Anda raih terhadap karir dan masa depan Anda?
  • Bagaimana Anda menunjukkan skill kepemimpinan dalam kehidupan, pekerjaan, dan sekolah/kampus?
  • Apakah ada aspek berkualitas atau kemampuan yang membedakan Anda dari orang lain (pesaing)? Bagaimana Anda mengembangkan sisi menarik Anda ini?
  • Temukan pengalaman dalam hidup Anda dan jelaskan pengaruhnya terhadap perkembangan Anda.
Baca Juga :  Beasiswa UNESCO dan ISEDC (Penuh) untuk Pelatihan di Rusia Deadline 17 April 2017

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *