6 Langkah Merencanakan Kuliah di Luar Negeri

By | November 12, 2015

Merencanakan kuliah di luar negeri harus betul-betul matang, terutama urusan biaya. Sebaiknya, perencanaan dilakukan jauh-jauh hari. Kadang, kita bingung harus mulai dari mana. Berikut 6 langkah merencanakan kuliah di luar negeri yang diungkap Shahina Khan dalam bukunya Complete Study Abroad Planning Guide.

Step 1: Memilih Negara Tujuan

Sebelum melamar beasiswa, ketahui dulu alasan memilih negara tujuan. Karenanya, buatlah daftar negara-negara yang kamu impikan. Carilah informasi tentang berbagai aspek negara tersebut, seperti iklim, budaya, universitas populer, daftar kampus, biaya hidup, peluangg karir, dan lain-lain. Setelah menelusuri semuanya, pilihlah negara tujuan yang paling sesuai.

Step 2: Memahami Jam Kerja

Saat merencanakan kuliah di luar negeri, cari tahu berapa jam kerja untuk full time dan part time bagi pelajar. Iklim kerja di negara yang kamu pilih bisa memberi pengalaman berarti dalam karir kamu. Hasil kuliah di luar negeri pun jadi lebih baik. Selain itu, honor dari pekerjaan tersebut bisa menutupi atau mengganti biaya studi. Banyak pelajar yang telah membuktikan manfaatnya.

Step 3: Memastikan Tempat Tinggal

Mayoritas negara memang menyediakan layanan tempat tinggal. Namun, ketersediaannya tidak dapat diprediksi. Telusuri kemungkinan tempat tinggal di wilayah kuliah kamu namun jangan terlalu fokus pada poin ini.

Step 4: Rencana Biaya Kuliah

Diskusikan pada keluarga tentang berapa lama mereka dapat membiayai kuliah kamu di luar negeri. Bicarakan juga kapasitas keuangan kamu. Pahami ketentuan pembayaran dari universitas. Membuat rencana keuangan penting agar kamu tetap fokus pada studi.

Step 5: Memahami Visa

Cari tahu bagaimana mengurus visa dari dan ke negara-negara tujuan. Tiap wilayah memiliki peraturan berbeda. Pahami dulu yang satu ini sebelum melamar beasiswa atau mendaftar di universitas. Cek juga kebijakan untuk pelajar asing di negara tujuan.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Beasiswa Djarum Plus (Djarum Beasiswa Plus)

Step 6: Memilih Universitas

Kalau poin-poin merencanakan kuliah di luar negeri di atas sudah kamu telusuri, baru mencari informasi tentang kampus tujuan. Ingat, fokuslah pada mutu universitas, bukan beasiswanya. Cari tahu berbagai aspek tentang daftar universitas di negara tujuan. Informasi mencakup lokasi, biaya kuliah, kualitas, dan lain-lain. Cocokkan dengan sumber daya yang kamu miliki. Pastikan kamu mendaftar di kampus yang sesuai dengan harapan dan keuangan kamu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *