6 Keuntungan Kuliah di Luar Negeri

By | October 16, 2015

Kuliah di luar negeri? Perlu atau hanya ambisi gengsi? Kadang kita sudah merasa cukup dengan pendidikan yang sekarang namun, tidak ada salahnya meningkatkan impian. Jangan cukup puas begitu saja karena kita pasti menginginkan karier yang lebih baik. Sebenarnya, ada 6 keuntungan kuliah di luar negeri, seperti berikut ini.

Masa Depan Karier yang Menjanjikan

Nampaknya ini sudah pasti, apalagi bagi yang kuliah di universitas berkualitas. Kampus terbaik dalam negeri saja sudah mudah cari kerja apalagi kampus skala internasional. Kuliah di luar negeri bisa jadi jawaban bagi kamu yang ingin bekerja di perusahaan besar.

Curriculum vitae kamu bakal semakin kinclong jika kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Seleksi penerima dana pendidikan membuktikan kamu orang yang lebih dari pelamar kerja lainnya. Jangan lupa terus ukir prestasi saat kamu kuliah di luar negeri.

Pintar Bahasa Asing

Kalau kamu lolos kuliah ke luar negeri, pasti belajar bahasa negara setempat. Setidaknya, kamu mahir berbahasa Inggris. Gunakan kesempatan kamu semaksimal mungkin untuk kemampuan ini.

Carilah teman berbagai negara sebanyak-banyaknya, terutama native. Penguasaan berbagai bahasa bakal memudahkan karir (profesi) kamu.

Jaringan dari Berbagai Negara

Sekali lagi, jangan sia-siakan waktu kuliah kamu di luar negeri untuk menyendiri. Berinteraksilah dengan berbagai orang dan jalin pertemanan. Jaringan ini bisa melancarkan karir kamu atau sekedar berbagi wawasan internasional. Tidak menutup kemungkinan, kamu perlu mereka untuk berkonsultasi terkait aktivitas, program, atau pekerjaan yang sedang kamu jalankan.

Kamu pun perlu teman bicara atau hangout saat ditekan tuntutan studi. Kawan curhat adalah solusi saat kamu diserang culture shock.

Punya Mental Baja

Kalau kuliah di luar negeri, kamu bakal jauh dari keluarga. Apalagi kalau harus berhemat, mau tidak mau, kamu mengerjakan semua sendiri. Dari masak, mencuci, bersih-bersih, belanja, dan sebagainya kamu tangani langsung. Ada juga mahasiswa internasional yang rela bersepeda bahkan jalan kaki.

Baca Juga :  Beasiswa Pascasarjana di Inggris, University of Oxford, Deadline Januari 2017

Selain itu, kamu harus pintar-pintar mengelola uang, mengantisipasi bahaya, dan sebagainya. Semua ini akan membentuk kemandirian kamu.

Punya Toleransi Tinggi

Kuliah di luar negeri akan membawa kamu berinteraksi dengan berbagai orang dari beragam negara. Otomatis, ada beragam budaya yang harus kamu hadapi. Untuk melewati itu, diperlukan sikap bijaksana dan saling memahami. Ini sebuah pelajaran hidup.

Jalan-Jalan ke Luar Negeri

Nggak Cuma pejabat saja yang bisa jalan-jalan ke luar negeri, kamu juga bisa dengan misi studi. Di sela waktu luang, kamu bisa mengeksplor objek wisata sekitar atau sekedar tahu budaya setempat. Kalau ada kesempatan, kenapa tidak ke negara lainnya yang dekat dengan tempat studi kamu.


One thought on “6 Keuntungan Kuliah di Luar Negeri

  1. Pingback: Trik Membiayai Kuliah dengan Lebih dari Satu Beasiswa | IDBeasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *