6 Hal yang Harus Diketahui Saat Menggunakan Agen Kuliah ke Eropa

By | September 29, 2015

Salah satu cara untuk memperoleh pilihan universitas yang tepat untuk kuliah di Eropa ialah dengan menggunakan agen. Cara tersebut memungkinkan kamu untuk memperoleh informasi lebih jelas tentang kampus dan program tujuan. Namun, kamu harus tahu kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa agen. Berikut 6 hal yang harus diketahui saat menggunakan agen kuliah ke Eropa.

Keuntungan Menggunakan Agen Kuliah ke Eropa

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh, seperti penuturan Nandra Galang Anissa, alumni Cardiff University, United Kingdom, melalui laman Indonesia Mengglobal.

Gambaran Lebih Jelas

Agen memungkinkan kamu untuk memperoleh infomasi yang lebih jelas terkait universitas di Eropa. Semua itu dapat kamu akses melalui konsultasi secara pribadi atau seminar yang membuat kamu serasa berinteraksi langsung dengan universitas tujuan. Dengan kedua sesi tersebut, kamu bisa bertanya detil.

Memudahkan Aplikasi

Menurut Nandra, sistem aplikasi di Inggris terbilang rumit. Pelamar kadang dibuat bingung dengan pengajuan aplikasi melalui Undergraduate Courses at University and College. Namun, hal itu tidak terjadi jika kamu menggunakan agen karena para staff-nya akan membantu proses memasukkan aplikasi. Pemohon tinggal menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Memudahkan Visa

Beberapa agen menyediakan jasa mengurus visa. Hal ini memudahkan persiapan kuliah di Inggris bagi pelamar.

Masa Orientasi

Agar tidak begitu kaget saat kuliah di Inggris, beberapa agen menyediakan program orientasi untuk mereka yang telah diterima. Program tersebut mempertemukan sesama mahasiswa yang akan berangkat ke Inggris.

Yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Agen Kuliah ke Eropa

Menggunaka jasa agen memang memudahkan namun hati-hati dengan dua poin berikut ini.

Orientasi Bisnis

Menggunakan agen memang memudahkan proses pendaftaran. Agen tersebut juga memiliki banyak koneksi dengan berbagai universitas di Eropa. Orientasi bisnis membuat jaringan agen hanya pada universitas atau program tertentu. Mungkin saja ada program lain yang lebih cocok untuk kamu namun kebetulan bukan dalam lingkup pelayanan agen tersebut.

Baca Juga :  3 Hal yang Harus Diketahui Tentang Beasiswa Perancis

Hati-Hati Jika Didesak

Jika kamu mau mendaftar pada program yang ditawarkan, agen akan memperoleh komisi dari instansi terkait. Kalau sudah begini, agen yang kejar komisi akan tampak mendesak kamu untuk mendaftar dan meminta biaya lebih. Kalau merasa kurang masuk akal, sebaiknya teliti lagi. Namun, ada juga agen yang profesional seperti yang pernah digunakan Nandra.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *