6 Cara Membiayai Kuliah

By | September 29, 2015

Masa kini, kuliah sudah jadi kebutuhan. Untuk dalam negeri, kualitas kampus cukup diperhitungkan banyak orang. Beberapa masih mengesampingkan hal ini, khususnya bagi mereka yang ingin kuliah di luar negeri. Banyak yang hanya menunggu beasiswa tapi terjebak pada universitas abal-abal atau kehabisan kuota di institusi terbaik.

Donny Eryastha, lulusan Harvard University, menyarankan untuk tidak fokus mengejar beasiswanya tetapi bagaimana masuk ke perguruan tinggi berkualitas. Masih banyak cara membiayai kuliah. Dilansir dari laman Indonesia Mengglobal, berikut penuturan Donny.

Beasiswa dari Universitas Berkualitas

Coba akses website universitas terbaik yang Anda tuju kemudian cari program studi pilihan Anda. Carilah informasi tawaran beasiswa di perguruan tinggi tersebut. Anda mungkin akan menemukan peluang pada program studi incaran.

Sebelum mengakses laman universitas terbaik, Anda mungkin mencari berbagai informasi beasiswa lebih dulu. Namun, Anda bisa menyesal jika tidak mengetahui ada beasiswa dari perguruan tinggi yang lebih baik saat sudah melamar beasiswa yang lain.

Soal ini, Donny memberi contoh pada sekolah jurnalistik terbaik di dunia, Columbia University Graduate School of Journalism, Amerika Serikat. Ada ratusan program beasiswa yang ditawarkan. Di antara jumlah itu, bisa jadi ada beberapa yang sesuai dengan kriteria dan minat pelamar.

Beasiswa dari Lembaga Luar

Anda bisa mencari berbagai beasiswa yang ditawarkan lembaga lain. Berselancarlah di internet maka Anda akan menemukan berbagai tawaran. Beberapa di antaranya mungkin cocok dengan kriteria Anda. Namun, hati-hati dengan penipuan beasiswa.

Beasiswa dari Kantor

Kantor bisa jadi sponsor untuk Anda kuliah di luar negeri. Sampaikan pengajuan dan negosiasi untuk pembayaran penuh, sebagian, potongan gaji, dan lain-lain.

Kerja Part Time

Banyak jalan yang bisa Anda tempuh untuk membiayai kuliah di luar negeri seperti kerja paruh waktu. Anda bisa bekerja di dalam kampus menjadi asisten perpustakaan, asisten pengajar, peneliti, dan lain-lain.

Baca Juga :  Ketahui Alasan Memilih Negara Tujuan Kuliah ke Luar Negeri

Bekerja di luar kampus juga memungkinkan seperti menjadi penerjemah, penulis, peneliti, mentor, atau waiter/waitress, kasir, pencuci piring, penjaga toko, baby sitter, pet sitter, dan sebagainya.

Simpanan

Jika rencana kuliah di luar negeri masih jauh-jauh hari, baiknya sisihkan uang mulai dari sekarang. Anda bisa menggunakannya saat tinggal di luar negeri nanti. Anda juga bisa meminjam simpanan dari keluarga atau kerabat.

Student Loan

Istilah ini memang belum begitu populer di Indonesia, yaitu meminjam uang untuk dana pendidikan. Cara tersebut banyak digunakan para mahasiswa dari negara lain. Student loan bisa diperoleh dari berbagai lembaga bantuan dana pendidikan (bukan beasiswa) atau bank. Berbagai student loan memiliki ketentuan masing-masing. Biasanya, pinjaman akan dikembalikan dengan mencicil setelah peminjam lulus dan bekerja.

Donatur

Anda bisa melakukan pendekatan pada donatur potensial. Beberapa orang yang pernah memperoleh dana tersebut membuat laporan dan ucapan terima kasih setiap semester kepada para donatur.

 


2 thoughts on “6 Cara Membiayai Kuliah

  1. Pingback: Macam-Macam Beasiswa | IDBeasiswa

  2. Pingback: Macam-Macam Beasiswa – Colleger Radio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *