5 Tips Wawancara Beasiswa

By | September 30, 2015

Pada beberapa beasiswa, ada proses wawancara yang harus dijalani pelamar. Banyak hal yang harus disiapkan agar Anda lolos dalam tahap tersebut. Berikut 5 tips wawancara beasiswa dari Olivia D. Purba, penerima Australian Awards Scholarship, yang kami lansir dari laman Indonesia Mengglobal.

Memahami Keunggulan Universitas

Untuk menghadapi wawancara beasiswa Autralian Awards, Olivia menyarankan untuk mencari informasi terkait keunggulan universitas tujuan. Selain itu, pemohon juga harus memahami mata kuliah yang dipilih.

Mempelajari Isu Terkini

Perluas wawasan Anda dengan isu terkini baik dalam negeri maupun luar negeri (global). Topik tersebut harus berkaitan dengan program studi yang Anda pilih pada beasiswa Autralian Awards.

Kaitan dengan Karier

Pelamar perlu memastikan kaitan mata kuliah yang dipilih dengan pekerjaan atau aktivitas yang sedang dilakukan. Lebih baik lagi jika program studi itu berkaitan dengan program studi pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Benang Merah

Setelah mengetahui hal-hal di atas, tarik benang merah yang menghubungkan ketiganya dengan apa yang telah Anda isi di formulir.

Dua Hal Utama

Menurut Olivia, ada dua hal utama yang perlu pelamar tegaskan kepada pihak panelis. Pertama, bagaimana pelamar dengan beasiswa Australian Awards dapat memperkuat hubungan antara Indonesia dan Australia. Kedua, bagaimana pelamar mengaplikasikan ilmu yang akan ia peroleh dari kuliah di Australia sebagai kontribusi pada pembangunan Indonesia.

 

Baca Juga :  Cara Cepat Memilih Jurusan dan Universitas di Jerman

5 thoughts on “5 Tips Wawancara Beasiswa

  1. Pingback: Pertanyaan Umum Wawancara Beasiswa | IDBeasiswa

  2. Pingback: Pertanyaan Wawancara Beasiswa LPDP yang Tidak Terduga | IDBeasiswa

  3. Pingback: Dokumen yang Diminta Mendadak Saat Wawancara Beasiswa | IDBeasiswa

  4. Pingback: Pertanyaan Soal Budaya Pelamar Saat Wawancara Beasiswa | IDBeasiswa

  5. Pingback: Lulus Telat? Bisa Dapat Beasiswa Kok! - IDBeasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *