5 Sikap yang Salah Saat Wawancara Beasiswa

By | December 1, 2015

Wawancara beasiswa adalah tahap seleksi lanjutan setelah administrasi. Lolos ke babak ini bisa jadi kabar baik sekaligus mengkhawatirkan. Mengatur rasa gugup wajib masuk dalam agenda persiapan namun latih juga aspek etikanya.

Pada sesi sebelumnya, saya menuturkan catatan Saifuddin Bantasyam terkait kesalahan CV yang membuat lamaran beasiswa ditolak. Dari laman yang sama (Serambi Indonesia), Direktur Pusat Studi Perdamaian dan Resolusi Konflik Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh tersebut mengungkapkan 5 sikap yang salah saat wawancara beasiswa. Kesalahan ini kerap ia temui saat menyeleksi pelamar beasiswa ke Jepang.

  1. Tidak menyapa dengan cara apapun saat bertemu pewawancara (misalnya mengucap assalamu ‘alaikum atau selamat pagi, siang, dan lain-lain).
  2. Peserta tidak menjabat tangan pewawancara atau bahkan merasa tidak perlu melakukannya.
  3. Tidak mengucapkan terima kasih di penghujung wawancara atau malah tidak merasa perlu menghargai kesempatan yang telah diberikan.
  4. Pada pertanyaan tentang motivasi, jawaban peserta melenceng. Saifuddin Bantasyam mengungkapkan, hal ini sering ia temui saat mewawancarai peserta. Menurutnya, jika pelamar tahu makna motivasi, orang tersebut akan menjawab dengan baik.
  5. Tidak terlihat antusias dalam menjawab.

Kesalahan-kesalahan itu bisa terjadi karena gugup, tidak memahami motivasi pribadi, dan tidak mempersiapkan diri dengan baik. Beliau pun menyarankan agar pelamar memahami motivasinya, atau ditulis dulu sebelum wawancara beasiswa.

Saat menghadapi pewawancara, jawablah dengan jelas dan antusias. Supaya tidak gugup persiapkan diri dengan baik. Berlatihlah di rumah dan jangan lupakan etika sebelum, saat, dan sesudah wawancara beasiswa.

Beliau juga menyarankan untuk membeli buku tips sukses wawancara beasiswa. Selain itu, bertanya kepada orang yang berpengalaman akan sangat membantu.

Baca Juga :  Beasiswa S1 dan S2 di Charles University, Czech, Deadline 30 April 2017

One thought on “5 Sikap yang Salah Saat Wawancara Beasiswa

  1. Murat

    Saya ingin kerja di bagian non klniik,background sya perawat gigi D4. *msih dlam masa study.. Apabla ada info tlong sampaikan kepada saya trma kasih.[]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *