5 Hal yang Harus Ditulis dalam Personal Statement

By | November 26, 2015

Personal statement adalah dokumen penting yang menentukan berhasil atau tidaknya seseorang masuk ke universitas di United Kingdom. Konon, nilai akademis yang tinggi bisa dikalahkan personal statement yang kuat. Karenanya, yang satu ini tidak bisa dibuat sembarangan dan harus disiapkan dari jauh hari. Nooraini Indrana lewat Hotcourses Indonesia mengungkapkan 5 hal yang harus ditulis dalam personal statement, sebagai berikut.

Alasan Memilih Jurusan

Tim seleksi ingin mengetahui mengapa pelamar memilih sebuah program studi. Tuliskan pembelajaran apa yang diperlukan dalam jurusan tersebut. Pada bagian ini, tekankan mengapa Anda adalah orang yang cocok.

Skill dan Prestasi

Tunjukkan keunggulan dalam bidang akademik maupun nonakademik. Namun, bukan seperti menulis daftar dalam curriculum vitae. Tuliskan hubungan prestasi dengan kebutuhan program kuliah yang dipilih.

Hobi yang Relevan

Hobi ini bisa berupa berbagai bidang yang disukai pelamar. Tulislah hubungan hobi tersebut dengan jurusan yang dipilih. Pelamar bisa menjelaskan bagaimana hobi membentuk keterampilan pendukung.

Pengalaman Kerja

Jika memiliki pengalaman kerja, ambillah keterampilan yang diperoleh dari pekerjaan tersebut dan kaitkan dengan syarat pendaftaran universitas.

Rencana Masa Depan

Tim seleksi ingin mengetahui apakah pelamar benar-benar memahami pilihan studinya. Dari sinilah motivasi pelamar bisa dilihat. Jelaskan bagaimana jurusan yang dipilih dapat mendukung rencana setelah lulus dari universitas terkait.

Tips ekstra: sebelum menulis personal statement, komitmen dulu untuk menghindari 4 hal terlarang. Agar personal statement semakin mantap, coba 5 langkah membuatnya, dengan struktur yang logis.

 

Baca Juga :  6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Esai Beasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *