4 Ketakutan Diri Saat Ingin Memperoleh Beasiswa

By | September 30, 2015

Beasiswa jadi impian semua orang namun banyak juga yang menganggapnya hanya mimpi. Keraguan terhadap diri jadi penghambat untuk mencoba. Tak jarang, itu cuma pikiran negatif saja. Melalui scholarshipcanada.com, Brittany Palmer menulis 4 ketakutan diri saat ingin memperoleh beasiswa, plus tips menghadapinya.

Masih Terlalu Muda untuk Berpikir Memperoleh Beasiswa

Tidak ada istilah terlalu dini untuk merencanakan beasiswa. Semakin cepat semakin baik, persiapan semakin matang. Walaupun masih belum kelas 12 atau kelas 3 SMA, tidak salah memikirkan beasiswa.

Dari jauh-jauh hari, seorang siswa bisa menyiapkan nilai menarik dirinya untuk mengajukan beasiswa nanti. Misalnya, meningkatkan prestasi, aktif di kegiatan ekstrakurikuler, berpartisipasi dalam event dan kegiatan sosial, atau ikut pertukaran pelajar.

Tidak Memiliki Nilai yang Bagus untuk Memperoleh Beasiswa

Memang banyak program yang mensyaratkan nilai akademik, tapi banyak juga yang tidak. Masih ada berbagai macam beasiswa non-akademik yang bisa ditembus. Jangan mudah putus asa saat nilai pelajaran tidak begitu memuaskan.

Tidak Punya Waktu untuk Memperoleh Beasiswa

Kegiatan di akhir masa sekolah memang sangat padat. Siswa disibukkan dengan pelajaran, kegiatan ekstra, les, dan berbagai persiapan ujian. Namun, bukan berarti tidak ada ruang untuk mengurus beasiswa. Perjuangan memperoleh dana pendidikan adalah soal investasi waktu. Pengaturan jadwal merupakan jalan bagi persiapan aplikasi yang matang.

Sudah Terlambat untuk Menyiapkan Prestasi

Latar belakang para beswan memang membuat pesimis. Umumnya, mereka adalah orang-orang yang terlibat kegiatan internasional, mendapat nilai terbaik di sekolah, dan segudang prestasi waw lainnya.

Tapi, tahu kah? Kadang seseorang tidak sadar bahwa ia menjalani hari-hari istimewa. Ini karena kegiatan tersebut sudah jadi kebiasaan makanya dianggap biasa oleh diri sendiri. Apakah kamu sering melakukan kegiatan sosial, pemain olahraga, anggota OSIS, jurnalis sekolah, menerbitkan karya di media massa, dan lain-lain? Apa yang kamu lakukan untuk mengisi waktu luang bisa saja membuat penyeleksi beasiswa terkejut.

Baca Juga :  Beasiswa S2 Joint Degree, Bidang Tata Kota dari Erasmus Mundus

 

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *