4 Kesalahan Umum dalam Aplikasi Beasiswa

By | October 22, 2015

Aplikasi beasiswa memang harus disiapkan dari jauh hari. Terburu-buru bisa menyebabkan kesalahan umum dalam melamar beasiswa. Namun, ada juga faktor kurang teliti. Nah, sebelum mengajukan, antisipasi dulu 4 kesalahan umum dalam aplikasi beasiswa menurut StudentScholarshipSearch berikut ini.

Kesalahan Personal Branding

Selain aplikasi beasiswa, beberapa penyelenggara akan melihat image pelamarnya via internet. Mereka mencari orang yang benar-benar pantas memperoleh dana pendidikannya. Karena itu, penting ‘jual diri’ lewat personal branding.

Bangunlah website atau blog yang khusus menggambarkan tujuan studi. Posting berbagai prestasi dan pencapaian di laman tersebut. Gambarkan bagaimana impian itu dapat mengubah dunia jadi lebih baik.

Kesalahan Esai Beasiswa

Ingat baik-baik berapa jumlah kata maksimal yang diperbolehkan dalam esai beasiswa. Tiap program memiliki ketentuan berbeda. Kesalahan ini umum terjadi dan membuat aplikasi beasiswa sia-sia. Pemenuhan kata menunjukkan seberapa jauh Anda memperhatikan syarat spesifik.

Kesalahan umum kedua dalam esai beasiswa adalah pemilihan topik. Seseorang bisa saja merasa tulisannya sudah baik tapi apakah cukup berbeda dari pelamar lainnya? Ketahui siapa tim juri dan karakter pesaing.

Tidak Mengikuti Ketentuan

Baca dan pahami baik-baik persyaratan beasiswa dan buatlah daftar. Jangan sampai waktu Anda jadi percuma hanya karena kurang jeli. Kesalahan ini juga termasuk spelling dan grammar. Cek berkali-kali isi aplikasi beasiswa Anda.

Melampuai Tenggat

Kesalahan paling sering terjadi dalam aplikasi beasiswa adalah terlambat alias lewat deadline. Agar tetap ingat, tandailah di kalender atau buat daftar tenggat beasiswa. Perhatikan juga perbedaan waktu antar-zona atau negara. Beberapa penyelenggara menentukan batas jam pada hari pengumpulan aplikasi beasiswa.

Baca Juga :  Apa Itu Initial Master dan Advanced Master?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *