4 Hal yang Harus Dihindari dalam Menulis Personal Statement

By | November 25, 2015

Personal statement jadi syarat umum pendaftaran ke universitas di United Kingdom. Dokumen ini berupa tulisan pelamar yang berisi ‘jual diri’. Seperti esai beasiswa, personal statement harus menunjukkan mengapa pelamar adalah orang yang tepat untuk diterima universitas tujuan. Alasannya bisa dari sisi akademik dan atau nonakademik.

Ada banyak tips membuat personal statement yang baik dan benar. Namun, sebelum melangkah, tetapkan prinsip dalam diri tentang 4 hal yang harus dihindari dalam menulis personal statement. Dilansir dari tulisan Nooraini Indrana dalam Houtcourses Indonesia, berikut 4 hal terlarang itu.

1. Copy-paste

Jika ingin diterima di universitas tujuan dan mendapat beasiswa, tolong jauhi penyakit yang banyak menyerang anak negeri ini. Dalam dunia keilmuan, plagiarisme adalah dosa besar tanpa ampun. Pelajari contoh personal statement dan percayalah kamu bisa membuatnya sendiri. Lagipula, personal statement tidak boleh dan mustahil sama dengan yang lain. Pelamar juga harus menonjolkan sisi uniknya dalam tulisan tersebut.

2. Kebohongan

Memang, universitas hanya menerima orang berprestasi tapi tidak untuk kebohongan. Meski sudah jujur, ungkapkan kelebihan diri tanpa arogan.

3. Informasi yang Tidak Berhubungan

Tim seleksi menilai apakah pelamar mampu menjalani kehidupan akademik di universitas terkait. Pilah-pilah informasi mana yang berhubungan dan tidak dengan tujuan ini. Hal yang relevan ialah seputar jurusan yang dipilih, skill, prestasi, hobi, pengalaman kerja, dan cita-cita masa depan.

4. Informasi yang Diulang

Personal statement dan formulir pendaftaran sifatnya saling melengkapi. Jadi, hindari menulis ulang informasi dari formulir. Personal statement adalah kombinasi informasi relevan yang mencerminkan karakter pribadi dan motivasi menggapai impian lewat program studi di universitas pilihan.

Baca Juga :  6 Cara Memperoleh Internship

One thought on “4 Hal yang Harus Dihindari dalam Menulis Personal Statement

  1. Pingback: 5 Tahap Membuat Personal Statement | IDBeasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *