2017, LPDP Siap Dana Rp 3 Triliun untuk BEASISWA 12 Ribu Orang

By | October 1, 2016

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mengalokasikan dana beasiswa sebesar Rp3 triliun untuk tahun 2017. Dana itu rencananya bakal disalurkan kepada 12.119 penerima beasiswa LPDP yang berjalan (on-going).

Direktur Utama LPDP, Eko Prasetyo mengungkapkan, setiap tahunnya, alokasi dana beasiswa LPDP terus meningkat. Tahun lalu, realisasi dana beasiswa LPDP hanya sebesar Rp1,4 triliun. Tahun ini, realisasi penyaluran beasiswa diperkirakan bakal mencapai Rp2,3 triliun. Hal itu juga diikuti dengan peningkatan jumlah penerima beasiswa.

“Kami laporkan di tahun 2015 penerima beasiswa yang on-going dan sudah diberikan pendanaan adalah 4.789, di tahun 2016 angka tersebut meningkat hampir dua kali lipat menjadi 8.906 orang penerima beasiswa,” kata Eko dalam rapat panitia kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat di Gedung DPR, Kamis (22/9).

Jika dirinci, beasiswa tersebut meliputi beasiswa magister dan doktor, beasiswa tesis dan disertasi, beasiswa afirmasi, beasiswa spesialis kedokteran dan lainnya.

Selain itu, lanjut Eko, LPDP juga bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk memberikan beasiswa bagi dosen yang ingin kuliah di dalam maupun di luar negeri.
“Program beasiswa yang disediakan oleh LPDP pada tahun 2016 ini telah diberikan kepada 2.160 dosen. Itu hanya pada tahun 2016 dan itu merupakan lonjakan penerima beasiswa LPDP dibandingkan tahun yang sebelumnya,” ujarnya.

Sementara, peneriman LPDP yang berasal dari investasi dana abadi masih tak sebanding dengan dana beasiswa yang disalurkan.

Disebutkan Eko, rata-rata penerimaan LPDP pada 2015 di atas Rp1 triliun. Di 2016, penerimaan ditargetkan sebesar Rp1,3 triliun dan di tahun 2017 sebesar Rp1,5 triliun.

“Pada tahun 2016, realisasi penyalurannya melebihi dibandingkan pendapatan yang diperoleh. Kemudian pada tahun 2017 diperkirakan pendapatan yang diperoleh Rp1,5 triliun sementara belanjanya Rp3 triliun,” jelas Eko.

Baca Juga :  Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP BPI 2017-2018

Konsekuensinya, LPDP harus memanfaatkan surplus anggaran tahun sebelumnya dengan menggunakan prinsip Badan Layanan Umum (BLU).

Sebagai informasi, dana abadi LPDP berasal dari Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang disuntikkan pemerintah setiap tahunnya. Eko menyebutkan, saat ini dana abadi LPDP telah mencapai Rp15,6 triliun.

“Di tahun 2016, ada alokasi (DPPN) sebesar Rp5 triliun. Namun hingga saat ini belum dicairkan. Kemudian, di tahun 2017 kami mengusulkan Rp2,5 triliun,” ujarnya.
WOW!! KESEMPATAN beasiswa LPDP di depan mata…

Website Resmi LPDP : http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/


22 thoughts on “2017, LPDP Siap Dana Rp 3 Triliun untuk BEASISWA 12 Ribu Orang

  1. MUHAMMAD IHWAL

    Assalamu alaikum wr.wb
    mohon maaf saya ingin sekali mendaftar beasiswa ini karna keluarga saya bisa di blang standar karna biasa saya minta uang kepada orang tua saya kadang ada kadang tidak ada. Krna orang tua saya menyekolahkan saya dengan kakak saya

    Reply
      1. Nilam

        yang miskin harap usaha ya, kalo ga usaha, nggak bakal bisa kaya. saya juga miskin kok

        Reply
    1. miroimron

      beasiswaini dibuka tiap tahun dan terdapat empat gelombang silahkan baca manual dan panduanya di laman resmi di atas

      Reply
      1. sandra wahyuni

        Assalamualaikum apakah jalur beasiswa masih dibuka?saya ingin sekali dpt beasiswa krna faktor keuangan orangtua yg kurang mampu

        Reply
    2. selamet riadi

      segera daftar anda diwilayah mana tinggi check di akun lpdp. saya juga termasuk awardee LPDP

      Reply
  2. Ahmad afif

    It’s great !!! Semoga makin banyak putra/putri Indonesia yang selalu bertambah untuk mengendorse kemajuan negara melalui kapasitas SDM yang tinggi

    Reply
  3. mailen sitohang

    Syalom, saya mailen sitohang, saya ingin sekali mendapat beasiswa nya, untuk membantu pengeluaran orangtua

    Reply
  4. Abd Gani

    Ass saya mau tanya . Bagaimana cara mendaftar beasiswa tersebut . Soalnya saya termasuk keluarga yh sederhana tapi pengen sekali kuliah.

    Reply
  5. RIZQI KHOLIFAH

    kalau yang sudah berhenti 1 tahun lulus smk masih bisa tidak mendapatkan beasiswa ini?
    terimakasih

    Reply
  6. Felly Kamalera

    Sya ingin brtanya bgaimana cara mendftar dan memperoleh beasiswa tersebut? Apakah ada syarat2 khusus???

    Reply
  7. putri mulia sari

    assalamualaikum, mau tanya, bagaimanakah cara mendaftar beasiswa tersebut ? berharap banget dapet beasiswa tersebut karena orang tua sudah tidak bekerja secara penuh lagi. terimakasih

    Reply
  8. Nita dhiah

    Peluang beasiswa itu banyak tidak hanya di luar kampus/universitas. Bagi yang ingin kuliah namu berkendala dalam biaya dapat mengikuti beasiswa apa saja. Baik yang di dalam maupun yang diluar. Dan beasiswa tidak di peruntukan bagi yang kaya saja tapi semua orang yang mempunyai tekad dan kemampuan untuk terus berpendidikan dan menggapai cita-cita.

    Reply
  9. erlis nurbaiti

    Aslkm.
    Saya ingin bertanya, bagaimna cara mendaftar beasiswa tersebut ?
    Karena sya berharap bisa dapat beasiswa tersebut. Karena orang tua saya kurang mampu

    Reply
  10. Jeksoni Purba

    Saya ingin sekali mendapatkan beasiswa tersebut, karena saya dari keluarga yang tidak mampu, dan saya juga ingin bertaya. Bagaimana cara mendaftarnya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *