12 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Kuliah di Luar Negeri | IDBeasiswa

12 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri terdengar menyenangkan dan bergengsi. Banyak anak muda yang bercita-cita studi ke Eropa, Australia, Jepang, Amerika, dan sebagainya. Namun, sebagian dari mereka hanya ikut-ikutan saja, tidak tahu pasti apa tujuan kuliah di luar negeri tersebut.

Menjadi mahasiswa internasional bukan perkara mudah mengingat waktu dan dana yang diperlukan cukup banyak. Tentu kita tidak ingin dua hal tersebut sia-sia. Persaingan yang ketat juga menuntut calon mahasiswa memiliki strategi yang tepat.

Banyak hal yang harus dipikirkan agar pilihan kuliah di luar negeri memang tepat, bermanfaat, dan mampu kita tempuh. Dilansir dari ebook A Student Guide to Study Abroad, Stacie Nevadomski Berdan dkk mengungkapkan 12 hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan kuliah di luar negeri.

1. Apa yang ingin dipelajari?

Tidak hanya jurusan yang dipilih tetapi pertimbangkan juga hal-hal lain seperti:

  • Belajar bahasa lokal
  • Penelitian
  • Intership (magang)
  • Aktivitas pembelajaran lainnya

2. Berapa kredit yang harus dikumpulkan?

Mengingat banyak biaya, tenaga, dan waktu yang dihabiskan, wajar kalau seorang mahasiswa ingin mendapat hasil studi memuaskan. Namun, tidak harus sempurna, yang penting berapa SKS atau nilai minimum yang harus dipenuhi.

3. Ingin kuliah di mana dan mengapa?

Banyak tips yang menyebutkan, alasan memilih negara tujuan kuliah di luar negeri harus diketahui sebelum memutuskan hal lainnya. Pilihan tempat ini tidak terbatas pada negara saja, tetapi juga wilayah spesifik seperti kota.

Alasannya bisa berupa: apa kamu ingin tinggal dan berkarir di negera tersebut setelah lulus? Apa karena ingin bekerja dalam bahasa tertentu? Apa yang membuatmu penasaran dengan negara tersebut?

Beberapa alasan akan berhubungan dengan jurusan yang kamu pilih. Misalnya, Sastra Inggris. Untuk belajar dari negaranya langsung dan lingkungan hidup yang menunjang pengetahuan tersebut maka perlu belajar di negara asalnya, yaitu Inggris.

Baca Juga :  3 Beasiswa ke Belanda

Contoh lain, kamu ingin mempelajari arsitektur jenis tertentu yang hanya ada di negara khusus atau ilmu yang lebih dalam bisa diakses di kota tujuan tersebut.

Jika bidang studi kamu dapat dipelajari di berbagai negara, temukan alasan lain seperti sejarah, budaya, lingkungan atau peluang bisnis di negara pilihan kamu.

4. Di mana dan dengan siapa kamu akan tinggal?

Apa kamu ingin tinggal dengan keluarga? Kawan sesama Indonesia? Kawan dari negara asal atau lainnya? Apartemen pribadi? Atau tempat yang ditinggali mahasiswa dari berbagai negara?

5. Berapa lama kamu akan menetap di luar negeri?

Tetapkan apakah kamu ingin menikmati studi di luar negeri dalam hitungan minggu, bulan, atau tahun. Bagi yang punya pekerjaan atau ikatan tertentu di negara asal, pikirkan berapa waktu yang bisa diperoleh untuk kuliah di luar negeri. Alokasi waktu ini mempengaruhi pilihan program yang diambil.

6. Bagaimana caranya agar mahir dalam bahasa asing?

Kuliah di luar negeri adalah keputusan untuk menjalani kelas di luar bahasa ibu. Cari informasi bahasa pengantar yang akan digunakan selama studi. Pertimbangkan sejauh mana kemampuan kamu dalam bahasa tersebut. Pikirkan apakah saat kuliah di luar negeri nanti kamu harus kursus bahasa asing juga.

7. Biaya apa saja yang diperlukan?

Uang semester, makan, dan tempat tinggal akan menempati proporsi utama. Namun, pertimbangkan juga biaya visa, transportasi, studi banding (ekskursi), pelatihan, bahkan deterjen, pulsa, sedikit jalan-jalan, dan sebagainya. Untuk ini, buat rencana keuangan kuliah di luar negeri.

8. Apa sedang menerima beasiswa atau bantuan dana lainnya?

Jika sudah, kamu bisa langsung mendaftar kuliah di luar negeri. Jika belum, kamu perlu cari berbagai alternatif untuk membiayai studi dan kehidupan di sana.

Baca Juga :  Tips Kuliah untuk Generasi Pertama di Keluarganya

9. Apa kamu memiliki pekerjaan atau kewajiban lain yang mempengaruhi?

Jika ya, cari saat yang pas untuk cuti sejenak atau pertimbangkan untuk mendaftar kuliah di luar negeri saat kewajiban tersebut sudah selesai. Beberapa perusahaan menyambut baik peningkatan kapasitas karyawannya dan akan menerima kembali setelah lulus, tapi sebagian tidak. Pastikan dulu hal ini sebelum memutuskan kuliah di luar negeri.

10. Seberapa besar kebebasan yang kamu inginkan?

Telusuri tingkat kemandirian seperti apa yang dibutuhkan saat kuliah di negara tujuan. Keputusan kuliah di luar negeri adalah pilihan untuk menghadapi formalitas, kultur, dan kondisi yang berbeda dari negara asal.

11. Pengalaman apa yang paling kamu inginkan?

Ingin mendapat pengalaman kerja, menyelami budaya baru, pengalaman mengajar, atau lainnya? Pastikan program yang kamu ambil membantumu mendapatkan pengalaman itu.

12. Apa kamu memiliki disabilitas?

Jika ya, berkonsultasilah dengan penyelenggara studi. Perlu juga minta saran dari alumni yang memiliki kondisi sama dengan kamu. Kamu tidak hanya perlu mencari peluang tetapi juga informasi tantangan apa saja yang harus dilalui. Ketahui apa saja kebutuhan kamu dan buat jaringan pendukung (support networks). Percayalah pada kemampuanmu.

Tags: #beasiswa #beasiswa luar negeri #culture shock #kuliah di luar negeri #tips beasiswa #tips kuliah

author
Author: 
Penulis lepas genre fiksi & nonfiksi.
Cara Mendapatkan Beasiswa Djarum Plus (Djarum Beasiswa Plus)
Cara Mendapatkan Beasiswa Djarum Plus (Djarum Beasiswa Plus)
Beasiswa Djarum Plus cukup terkenal, selain karena
Aplikasi Android Info Beasiswa S1 S2 dan S3 Terbaru
Aplikasi Android Info Beasiswa S1 S2 dan S3 Terbaru
Dengan adanya aplikasi android Info Beasiswa Terbaru
Beasiswa Konferensi Internasional APPAM di Belgia Deadline 28 Februari 2017
Beasiswa Konferensi Internasional APPAM di Belgia Deadline 28 Februari 2017
Rebut beasiswa konferensi internasional di Belgia yang
Alur Dan Informasi Seleksi Proposal Riset Inovatif Produktif (RISPRO) LPDP 2017
Alur Dan Informasi Seleksi Proposal Riset Inovatif Produktif (RISPRO) LPDP 2017
Seleksi Administratif Seleksi Substansi Melalui Desk Evaluasi
  1. Data Penting untuk Memilih S2 Luar Negeri | IDBeasiswa1 year ago

    […] khusus untuk memikirkan mana yang diutamakan: passion atau karir masa depan? Seseorang bisa saja memilih jurusan karena menyukai bidang studi tersebut. Ada juga yang memilih suatu program berdasarkan peluang […]

    Reply

Leave a reply "12 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Kuliah di Luar Negeri"

Must read×

Top