10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia

By | December 28, 2017

Apa universitas impianmu? Jika kamu sedang duduk di kelas 12 dan ingin lanjut kuliah, baiknya persiapkan dari sekarang. Mulai dari pilih-pilih universitas dan jurusan yang sesuai dengan minat dan rencana karir kamu.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) sudah merilis daftar 100 peringkat perguruan tinggi non-politeknik di Indonesia tahun 2017. Daftar ini bisa jadi acuanmu untuk memilih universitas. Nah, berdasarkan daftar tersebut, ini dia 10 universitas terbaik di Indonesia versi Kemristekdikti.

  1. Universitas Gadjah Mada

Siapa sih yang tak kenal UGM alias Universitas Gadjah Mada? Universitas yang berpusat di Yogyakarta ini, ibarat kata, sejak jaman nenek moyang terkenal akan kualitasnya. Didirikan sejak 1949, UGM adalah salah satu universitas tertua di Indonesia.

Universitas tersebut juga menduduki ranking 85 di Asia versi QS Asian University Rankings 2018. Itu artinya, UGM masuk ke dalam Top 100 universitas terbaik se-Asia.

Ada banyak pilihan jurusan di UGM yang mencakup hampir seluruh bidang studi. Apa saja program studi yang tersedia? Kamu bisa cek langsung di https://ugm.ac.id/id/pendidikan.

  1. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung (ITB) juga salah satu universitas tertua di Indonesia. ITB didirikan pada tahun 1959 dan kualitasnya tak perlu diragukan.

ITB juga masuk Top 100 universitas terbaik se-Asia, versi  QS Asian Universit Rankings. Lebih tinggi dari UGM, pada skala Asia, ITB ada di peringkat 65 pada tahun 2018.

Hampir seluruh program studi sarjana di ITB akreditasinya A. Ada jurusan apa saja sih di ITB? Ada banyak hehehehe. Silakan cek langsung di website resminya: https://www.itb.ac.id/fakultas-dan-sekolah.

  1. Institut Pertanian Bogor

IPB alias Institut Pertanian Bogor merupakan salah satu universitas dambaan pelajar Indonesia. Kalau di tingkat Asia, perguruan tinggi ini masuk peringkat ke-141 versi QS 2018.

Baca Juga :  Beasiswa Unik Berdasarkan Ciri Tubuh

Jangan terpaku pada namanya saja, jurusan di IPB tidak mentok di pertanian dan sekitarnya (peternakan dan perikanan), ada juga lingkup bidang studi lainya seperti ilmu komputer, geofisika dan meteorology, bisnis, gizi, komunikasi, dan lain-lain. Selengkapnya cek langsung di: https://ipb.ac.id/page/education/undergraduate/.

  1. Universitas Indonesia

Jika di dalam negeri Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat 4 maka di Asia, UI ada di posisi 54 versi QS (uwoo sangar kan?). Hampir saja masuk Top 50 di Asia. Semakin di depan lah pokoknya.

Kampus pusat UI ada di Depok, Jawa Barat dan di daerah Salemba, Jakarta Pusat. Berbagai jurusan di UI tercakup ke dalam tiga rumpun ilmu. Ketiganya yaitu ilmu sosial dan humaniora, ilmu kesehatan, serta sains dan teknologi. Daftar jurusannya lihat di: http://www.ui.ac.id/. 

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Banyak yang mengira ITS itu Institut Teknolgi Surabaya tapi yang benar adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Kampus pusatnya memang ada di Surabaya.

Karena ini institute teknologi, jurusan di ITS mencakup bidang keteknikan dan informatika. Bidang Teknik di ITS sebenarnya tidak melulu sipil, mesin, atau arsitektur saja sih, ada juga yang lainnya seperti Kimia dan Fisika. Selengkapnya cek di: https://www.its.ac.id/kuliah-di-its/program-studi/program-sarjana/.

  1. Universitas Diponegoro

Terkenal dengan sebutan Undip, Universitas Diponegoro berpusat di Semarang, Jawa Tengah. Tahun 2018 ini, Undip masuk peringkat 240 se-Asia versi QS.

Ada macam-macam fakultas di Undip mencakup bidang ilmu sosial, ilmu alam, dan sains. Daftar jurusan di Undip lihat di:  https://www.undip.ac.id/language/id/fakultas.

  1. Universitas Airlangga

Berlokasi di manakah Universitas Airlangga atau Unair ini? Jawabnya, yaitu di Surabaya. Kalau di tingkat Asia pada tahun 2018, Unair masuk peringkat 171 versi QS.

Baca Juga :  Beasiswa Unik Berdasarkan Nama

Ada 13 fakultas di Unair, 1 fakultas vokasi, dan juga ada sekolah pascasarjana. Daftar jurusan di Unair cek di: http://unair.ac.id/site/menu/show/53/fakultas.html.

  1. Universitas Brawijaya

Belok sedikit dari Surabaya, ada Universitas Brawijaya (UB) di Malang. Berdasarkan QS Asia 2018, perguruan tinggi ini masuk jajaran peringkat 291 – 300.

Dilansir dari Detik.com, pada tahun 2017, UB menerima mahasiswa terbanyak jalur SNMPTN. Ada 4.176 mahasiswa yang diterima UB lewat jalur tersebut.

Jumlah jurusan di UB kurang lebih 70 program studi mencakup berbagai rumpun ilmu baik alam, sosial, maupun sains dan teknologi. Daftar selengkapnya lihat di: https://ub.ac.id/academic/undergraduate-academic-program/.

  1. Universitas Hasanuddin

Tidak kalah dari universitas lainnya, Unhas alias Universitas Hasanuddin yang berlokasi di Sulawesi juga masuk 10 universitas terbaik di Indonesia. Kampus Unhas ada di Makassar, Sulawesi Selatan dan berdiri sejak tahun 1956.

Kalau versi QS Asia 2018, Unhas menduduki jajaran peringkat 301 – 350. Ada banyak sekali pilihan program studi di Unhas, selengkapnya lihat di: https://unhas.ac.id/page/Fakultas.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta

Jogja memang gudangnya kampus terbaik, Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY salah satunya. Baru-baru ini UNY kedatangan CEO QS Asia cabang Singapura, Mandy Mok, untuk sosialisasi indikator ranking QS sebagai salah satu langkah internasionalisasi universitas tersebut.  Ada tujuh fakultas di UNY, daftar selengkapnya bisa kamu lihat di: https://www.uny.ac.id/.

Nah, itu tadi 10 universitas terbaik di Indonesia versi Kemristekdikti dan QS Asia. Kamu pilih yang mana?


One thought on “10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia

  1. Pingback: 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Kemristekdikti dan QS Asia – TitikDua Network

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *