10 Alasan Kuliah di Jerman

By | September 30, 2015

Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri, apalagi ke Eropa, tidak salahnya melirik Jerman sebagai pertimbangan. Asal tahu saja, negara tersebut merupakan tujuan studi terbesar ketiga di dunia. Lebih dari 20% pelajar di Jerman merupakan mahasiswa internasional. Masih belum yakin? Berikut 10 alasan kuliah di Jerman.

Top-Class Degree

Kamu tidak salah jika jatuh hati pada Jerman karena fasilitas pendidikan tinggi di negara ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Menyandang status lulusan Jerman merupakan sebuah kebanggaan karena gelar tersebut sangat dihormati dunia, apalagi dalam bidang science dan teknik.

Banyak Pilihan

Pemerintah Jerman nampaknya membuka banyak peluang untuk menggaet pelajar internasional. Ada sekitar 450 universitas negeri yang terakreditasi dengan 17.500 program yang bisa kamu pilih dengan berbagai jenjang. Program tersebut tidak hanya fokus pada science tetapi juga seni, film, dan musik.

Bahasa Inggris sebagai Pengantar

Bagi kamu yang belum menguasa Bahasa Jerman, tak perlu khawatir. Banyak pilihan program yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar, khususnya pada jenjang master.

Ada Mentor

Buat kamu yang pertama kali tinggal di Jerman, jangan khawatir karena pemerintah setempat sudah menyiapkan solusinya. Ikuti berbagai Mentoring Programme dengan relawan yang akan membantu kamu dalam menjalani semester awal di Jerman. Kamu juga bisa memperoleh banyak teman dari seluruh dunia yang juga bergabung dalam program ini.

Peluang Diskon

Kamu bisa saja dapat kesempatan untuk membayar biaya kuliah dengan harga yang lebih murah atau malah bebas sama sekali alias gratis. Hal ini karena mayoritas perguruan tinggi negeri di Jerman mendapat subsidi dari pemerintah setempat untuk program sarjana. Untuk program master, biaya kuliah masih lebih rendah dari negara lain.

Baca Juga :  Tips Cepat Mendapat Beasiswa S2 Luar Negeri

Harga Khusus Pelajar

Biaya hidup di Jerman memang hampir sama dengan negara-negara Eropa lainnya. Namun, ada pelayanan khusus bagi para pelajar berupa potongan harga. Kamu bisa memperoleh tarif lebih murah untuk pergi ke bioskop, museum, opera house, kolam renang, dan lain-lain. Caranya, tunjukkan saja kartu tanda pelajar kamu.

Banyak Pilihan Beasiswa

Jika kamu berprestasi dalam bidang akademik, kamu berkesempatan mendapat bantuan dana kuliah di Jerman. Banyak organisasi, salah satunya German Academic Exchange Service (DAAD), yang menyediakan berbagai beasiswa untuk mahasiswa dari seluruh dunia dan latar belakang bidang studi.

Negara Aman

Jangan khawatir tinggal di Jerman karena negara tersebut cukup aman. Kepolisian setempat siap melayani dan melindungi kapan saja. Kamu tidak perlu was-was saat beraktivitas baik siang maupun malam hari.

Akses Wisata Mudah

Jerman merupakan pilihan tepat untuk belajar sambil ‘bermain’. Negara ini menyediakan fasilitas yang mudah ke berbagai objek wisata. Kamu bahkan rugi kalau tidak memanfaatkan sarana tersebut untuk melancong ke negara sekitar. Dengan kereta atau pesawat, kamu bisa menjelajah Belanda, Austria, Belgia, Paris, Denmark, Roma, dan lain-lain.

Pintu Dunia

Bahasa Jerman termasuk yang banyak digunakan dalam pergaulan dunia. Selain untuk kehidupan sosialisasi yang mudah di Jerman, mempelajari bahasa setempat dapat membuka pintu karir internasional. Kemampuan ini jadi poin bergengsi dalam CV kamu. Salah satu cara menguasai Bahasa Jerman ialah memilih teman sekamar yang berasal dari negara tersebut.

 


3 thoughts on “10 Alasan Kuliah di Jerman

  1. Pingback: Ketahui Alasan Memilih Negara Tujuan Kuliah di Luar Negeri | IDBeasiswa

  2. Pingback: Cara Cepat Memilih Jurusan dan Universitas di Jerman | IDBeasiswa

  3. Pingback: Beasiswa Jerman S2 dan S3 dari Heinrich Böll Foundation - IDBeasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *